Page 58 - MJ Edisi 02 2019
P. 58
RAGAM BETAWI
ukan saja atraktif dengan me- Palang Pintu. “Sebab itu sudah jadi
madukan seni beladiri pencak tradisi turun temurun, Palang Pintu itu
Bsilat, musik rebana dan pantun. menurut saya mewakili adat dan prinsip
Kerap kali Palang Pintu juga disusupi nu- orang Betawi. Orang tua jaman dahulu
ansa komedi dalam pertujukannya. Se- itu menegaskan kepada anak-anaknya
cara terminologi, palang artinya adalah agar mampu mengaji untuk keperluan
kayu balok yang dipasang melintang akhirat sama menunjukan kemampuan
pada pintu atau jalan. Sedangkan Pintu permainan pukulan (silat) kita ,” kata Ah-
adalah lubang, papan yang digunakan mad.
sebagai jalan keluar atau masuk. Dalam proses palang pintu terdi-
Namun, palang pintu juga diartikan ri atas dua jawara atau lebih yang akan
sebagai tradisi untuk membuka peng- berhadapan. Satu dari pi-
halang yang diwakili seseorang sebagai hak laki-laki dan satu dari pi-
suatu syarat, sebelum dilangsungkan hak mempelai wanita. Sebel-
pacara pernikahan. umnya kedua belah pihak akan
Bagi masyarakat Betawi, tradisi berbalas pantun. Dalam adu pan-
palang pintu bertujuan untuk mengu- tun unsur pantun Betawi yang di na-
ji keberanian pihak mempelai pria. Pi- makan rancang . Hal itu adalah sebuah
hak pria harus mampu menunjukkan ke- keharusan. Pantun atau rancang cender-
mampuannya. Bila sang mempelai pria ung dinamis dan terkadang terlontar se-
atau perwakilannya tidak mampu men- cara spontan tanpa direncanakan.
galahkan lawan dari perwakilan mempe- Setelah itu dilanjutkan kepada sesi
lai wanita maka mempelai pria tidak bisa adu kekuatan jawara masing-masing.
dinikahkan. Tingkah pola jawara dalam pertarun-
Perlengkapan yang digunakan umum- gan yang disebut ‘beklai’ ini tidak jarang
nya berhubungan dengan pendekar atau menunjukan aksi komedinya. Baik den-
yang biasa dikenal sebagai jawara atau gan cara verbal maupun dengan ges-
centeng. Berpakaian pangsi yaitu baju tur badan para jawara itu sendiri.
tradisional pria Betawi, peci, dan per- Proses ketika itu adalah pemba-
lengkapan lainnya seperti golok. Musik caan shalawat dustur dan pemb-
pengiring dari rebana kecimpring. acaan Sikke atau Shalawat Nabi
Palang pintu dilakukan sebelum Muhammad dengan nada Sik-
mempelai pria memasuki kediaman kah.
pengantin wanita. Sebelum memasuki Hingga saat ini literatur atau
proses ijab qabul dan resepsi, mempelai informasi mengenai kapan palang
pria diwajibkan menunjukkan kepiawai- pintu dilakukan oleh masyarakat
annya silatnya. Atau yang biasa disebut suku Betawi memang tidak pasti.
dengan ‘maen pukul’-nya. Namun, menurut Ahmad, palang
Namun di era masa kini pesilat yang pintu memang masih terus dipertah- eka bukan han-
bertarung adalah para seniman yang ankan agar tidak sampai terlihat ya kaum-kaum tua.
dikhususkan atau menjadi perwakilan atau terdengar asing di kalangan Remaja dan anak-
mempelai pria. Filosofinya adalah, sang generasi milenial. anak juga kerap dilibat-
mempelai pria harus pandai bersilat, Keberadaan palang pintu hing- kan sebagai upaya men-
agar bisa melindungi keluarganya. ga saat ini masih terus dipertahank- jaga warisan nenek moyang
Umumnya aliran silat yang digunak- an. Terbukti dari masih banyaknya ma- ini.
an tidak ada batasan khusus, namun syarakat yang menggunakan palang Penggiat Budaya Betawi
yang biasa ditampilkan ialah silat Cing- pintu untuk prosesi upacara perni- dan Penggiat Maen Pukul Si-
krik yang memiliki gaya bertarung yang kahan. Bukan hanya di Jakarta, ma- lat Beksi, Hasbullah, Atiem Ka-
cepat. Namun aliran lain seperti Sabe- syarakat Suku Betawi yang menetap sim mengatakan, Palang Pintu
ni Tenabang, dan Beksi juga kerap digu- didaerah pinggiran dan luar kota Jakar- bagianya adalah sarana memper-
nakan dalamPalang Pintu. ta juga masih sering menggunakan seni- tahankan jati diri orang Betawi. Sebagai
Menurut Penggiat Pencak Silat Cing- man Palang Pintu ini. pesilat dan jawara ia juga merasa kebu-
krik Biru Ahmad Muharrom, upacara Komunitas atau sanggar-sanggar si- dayaan yang satu ini berpotensi hilang
pernikahan adat Betawi memang pada lat di Jakarta juga masih banyak yang bila tidak ada unsur dari kalangan muda.
umumnya kurang meriah bila tanpa ada bertahan. Bahkan keberadaan mer- Dalam Beksi sendiri ada satu kekha-
58 Media Jaya Edisi 2 2019