Page 58 - MJ Edisi 02 2019
P. 58

RAGAM BETAWI


                ukan  saja  atraktif  dengan me-  Palang Pintu. “Sebab itu sudah jadi
                madukan seni beladiri pencak   tradisi  turun temurun, Palang  Pintu itu
           Bsilat, musik rebana dan pantun.   menurut saya mewakili adat dan prinsip
           Kerap kali Palang Pintu juga disusupi nu-  orang Betawi. Orang tua jaman dahulu
           ansa komedi dalam pertujukannya. Se-  itu menegaskan kepada anak-anaknya
           cara terminologi, palang artinya adalah   agar mampu mengaji untuk keperluan
           kayu balok yang dipasang melintang   akhirat sama menunjukan kemampuan
           pada pintu atau jalan. Sedangkan Pintu   permainan pukulan (silat) kita ,” kata Ah-
           adalah lubang, papan yang digunakan   mad.
           sebagai jalan keluar atau masuk.      Dalam proses palang pintu terdi-
              Namun, palang pintu juga diartikan   ri atas dua jawara atau lebih yang akan
           sebagai tradisi untuk membuka peng-  berhadapan.  Satu dari  pi-
           halang yang diwakili seseorang sebagai   hak laki-laki dan satu dari pi-
           suatu syarat, sebelum dilangsungkan   hak mempelai wanita. Sebel-
           pacara pernikahan.                 umnya kedua belah pihak akan
              Bagi masyarakat Betawi, tradisi   berbalas pantun. Dalam adu pan-
           palang pintu bertujuan untuk mengu-  tun unsur pantun Betawi yang di na-
           ji keberanian pihak mempelai pria. Pi-  makan rancang . Hal itu adalah sebuah
           hak pria harus mampu menunjukkan ke-  keharusan. Pantun atau rancang cender-
           mampuannya. Bila sang mempelai pria   ung dinamis dan terkadang terlontar se-
           atau perwakilannya tidak mampu men-  cara spontan tanpa direncanakan.
           galahkan lawan dari perwakilan mempe-  Setelah itu dilanjutkan kepada sesi
           lai wanita maka mempelai pria tidak bisa   adu kekuatan jawara masing-masing.
           dinikahkan.                        Tingkah pola jawara dalam pertarun-
              Perlengkapan yang digunakan umum-  gan yang disebut ‘beklai’ ini tidak jarang
           nya berhubungan dengan pendekar atau   menunjukan aksi komedinya. Baik den-
           yang biasa dikenal sebagai jawara atau   gan cara verbal maupun dengan ges-
           centeng. Berpakaian pangsi yaitu baju   tur badan para jawara itu sendiri.
           tradisional  pria  Betawi,  peci,    dan  per-  Proses ketika itu adalah pemba-
           lengkapan lainnya seperti golok. Musik   caan shalawat dustur dan pemb-
           pengiring dari rebana kecimpring.  acaan Sikke atau Shalawat Nabi
              Palang pintu dilakukan sebelum   Muhammad dengan nada  Sik-
           mempelai pria memasuki kediaman    kah.
           pengantin wanita. Sebelum memasuki    Hingga saat ini literatur atau
           proses ijab qabul dan resepsi, mempelai   informasi mengenai kapan palang
           pria diwajibkan menunjukkan kepiawai-  pintu dilakukan oleh masyarakat
           annya silatnya. Atau yang biasa disebut   suku Betawi memang tidak pasti.
           dengan ‘maen pukul’-nya.           Namun, menurut Ahmad, palang
              Namun di era masa kini pesilat yang   pintu memang masih terus dipertah-   eka bukan han-
           bertarung adalah para seniman yang   ankan agar tidak sampai terlihat         ya kaum-kaum tua.
           dikhususkan atau menjadi perwakilan   atau terdengar  asing di kalangan       Remaja dan anak-
           mempelai pria. Filosofinya adalah, sang   generasi milenial.                  anak juga kerap dilibat-
           mempelai pria harus pandai bersilat,   Keberadaan  palang  pintu  hing-      kan sebagai upaya men-
           agar bisa melindungi keluarganya.   ga saat ini masih terus dipertahank-     jaga warisan nenek moyang
              Umumnya aliran silat yang digunak-  an. Terbukti dari masih banyaknya ma-  ini.
           an tidak ada batasan khusus,  namun   syarakat yang menggunakan  palang        Penggiat Budaya Betawi
           yang biasa ditampilkan ialah silat Cing-  pintu untuk prosesi upacara perni-  dan Penggiat Maen Pukul Si-
           krik yang memiliki gaya bertarung yang   kahan. Bukan hanya di Jakarta, ma-  lat Beksi, Hasbullah, Atiem Ka-
           cepat. Namun aliran lain seperti Sabe-  syarakat Suku Betawi yang menetap    sim mengatakan, Palang Pintu
           ni Tenabang, dan Beksi juga kerap digu-  didaerah pinggiran dan luar kota Jakar-  bagianya adalah sarana memper-
           nakan dalamPalang Pintu.           ta juga masih sering menggunakan seni-  tahankan jati diri orang Betawi. Sebagai
              Menurut Penggiat Pencak Silat Cing-  man Palang Pintu ini.         pesilat dan jawara ia juga merasa kebu-
           krik  Biru  Ahmad  Muharrom,  upacara   Komunitas atau sanggar-sanggar si-  dayaan yang satu ini berpotensi hilang
           pernikahan adat Betawi memang pada   lat di Jakarta juga masih banyak yang   bila tidak ada unsur dari kalangan muda.
           umumnya kurang meriah bila tanpa ada   bertahan. Bahkan keberadaan mer-  Dalam Beksi sendiri ada satu kekha-



           58 Media Jaya Edisi 2 2019
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63