Page 53 - MJ Edisi 02 2019
P. 53
SALAM DEWAN
jadi penting bagi masyarakat. Sebanyak
16 rangkaian kereta sudah datang ke Ja-
karta sejak April 2018 lalu.
Sudah siapkah Warga DKI menggu-
nakan MRT? Hal itu juga menjadi hara-
pan para anggota Dewan Perwakilan
Rakyat Daerah. Sebab transportasi yang
akan menjadi ikon Jakarta dan menjadi
wajah baru Jakarta ini siap melayani akti-
vitas dan mobilitas warganya. gro
Beberapa petugas MRT sedang memberikan penjelasan pada warga di kawasan Dukuh Atas
Syarifuddin, Anggota Komisi B Fraksi Gembong W Anggota Komisi A Fraksi Usman Helmy Anggota Komisi A
Hanura DPRD DKI Jakarta. PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta. Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta.
Memang moda transportasi harus selalu Saat ini saya melihat soal tarifnya sih, apa- PPP memang prinsipnya gini, MRT itu ada
ditingkatkan. Volume kendaraan pribadi di lagi yang mau beralih transportasi pribadi ke untuk mengatasi banyak masalah transportasi.
Jakarta sudah tidak tertolong lagi jumlahnya. transportasi massal. Jika mau dorong kesana, Kita sudah bangun infrastruktur mahal. Tentu,
Artinya MRT harus dipercepat. Sebab ini kebu- ya tarif harus sesuai dulu untuk warga. Saya harus agar operasional MRT itu diwujudkan
tuhan mendesak, saya pikir begitu. Sinergi an- pikir kita harus bahas bersama Pemprov DKI, dengan baik. Kita minta Pemrov DKI melaku-
tar moda perlu diperbanyak. Kita gunakan saja DPRD dan pihak MRT. Soal tarif enggak bo- kan beragam persiapan di bulan ini, masalah
shutle-shutle yang ada dari TransJakarta dan leh membebani warga DKI. Selain itu MRT itu tiket juga harus segera dibahas. Kami tidak
LRT. Tidak usah terlalu banyak bangun yang perlu operasional, butuh dana besar. Sehingga mau MRT menjadi moda transportasi yang ke-
penting terintegrasi moda lainnya perlu juga dibahas agar tidak menjadi beban sannya ekslusif. Ketika sosialisasinya kurang,
PT MRT sendiri. Kalau subsidi perlu ya, itu kan cenderung saya melihat masyarakat ragu
bisa ada pembahasan. Kalau sekarang banyak untuk menggunakan MRT. Sebab ada kesan
moda lainnya, seperti Transjakarta. Pelayanan ekslusivitas. Mungkin saja dibenak masyarakat
mereka sudah oke. Tinggal satu hal, harus per- ini bayar mahal apa enggak dan lain sebagain-
banyak lagi transportasi pengumpan. Untuk ya. Saya pikir, untuk mengatasi itu harus den-
bisa menuju stasiun MRT. diperbanyak saja gan cara melibatkan masyarakat.
pengumpannya.
Media Jaya Edisi 2 2019 53