Page 9 - MJ Edisi 5 2019
P. 9

LAPORAN UTAMA








         jak kontrak kerja individu sebagai guru   kelas baru, unit sekolah baru, agar bisa   bagi masyarakat marjinal.
         kontrak.                           menampung lebih banyak peserta didik,   Ketiga, membangun efektivitas bi-
           Dari sisi peningkatan kualitas, guru-  termasuk para pemegang Kartu Jakarta   rokrasi dan tata kelola publik. Melibat-
         guru yang kurang kompetensinya akan   Pintar (KJP) plus dan Kartu Jakarta Ma-  kan publik dalam pengelolaan kebijakan
         dikirim ke Pusat Pengembangan Kom-  hasiwa Unggul (KJMU). Pendidikan tun-  berbasis data, bukti lapangan dan tata
         petensi Pendidik, Tenaga Kependidikan   tas juga terkait bagaimana penyetaraan   kelola birokrasi pendidikan. Temasuk
         dan  Kejuruan  (P2KPTK2).  Tidak  lupa,   kualitas sekolah swasta.    mewujudkan birokrasi yang bersih, efek-
         Dinas Pendidikan juga akan menggan-   Sedangkan pendidikan berkuali-  tif dan efisien.
         deng dunia usaha dan dunia industri.  tas  ditambahkan Ratiyono yakni ke-
                                            mampuan meningkatkan tata kelola,   Banyak Tantangan
         Tuntas  Berkualitas                sarana prasarana, kurikulum, penelitian
                                            tindakan kelas, pendidikan karakter,   Pengamat pendidikan, Asep Sapa’at
           Pendidikan tuntas dan berkualitas   ekosistem pendidikan, pendidikan kelu-  menilai program pendidikan tuntas dan
         menjadi target penyelenggaraan pendi-  arga, pendidikan  anak usia dini, inklusi   berkualitas yang dicanangkan Pemprov
         dikan di Jakarta. Ratiyono menjelaskan   dan vokasi.                  DKI Jakarta sudah tepat. Hanya saja DKI
         pendidikan tuntas berarti pendidikan   Itu sebabnya, program pendidikan   Jakarta memiliki sejumlah pekerjaan
         yang mampu menjamin seluruh warga   tuntas dan berkualitas tidak ada titik be-  rumah yang harus diselesaikan. Salah
         Jakarta mulai dari nol tahun mendapat-  ratnya. “Semua bidang menjadi konsen-  satunya yakni ketimpangan akses pendi-
         kan pendidikan sepanjang hayat. “Arti-  trasi penyelesaian dalam menuntaskan,”   dikan berkualitas, termasuk memastikan
         nya Pemprov DKI Jakarta harus memas-  jelas Ratiyono.                 sistem pendidikan informal dan non-for-
         tikan ketersediaan “kursi”  bagi setiap   Untuk itu, strategi pun sudah disiap-  mal bisa memberikan layanan berkuali-
         warganya. Setiap bayi yang lahir, itu su-  kan. Pertama, penguatan pelaku pendi-  tas bagi masyarakat.
         dah harus kami pastikan bangku seko-  dikan baik itu orangtua, guru, peserta   “Paradigma semua anak harus bisa
         lahnya,” kata Ratiyono.            didik, kepala sekolah, kebijakan perilaku   masuk sekolah,  harus sejalan dengan
           Pendidikan tuntas juga terkait den-  dan pengembangan karakter. Kedua,   kemampuan sekolah untuk merancang
         gan upaya untuk memperluas akses me-  peningkatan mutu dan akses wajib be-  konsep pembelajaran yang kontekstual
         lalui penambahan sarana dan prasarana   lajar  12  tahun,  ketersediaan  jangkauan   dan sesuai kebutuhan anak,” kata Asep.
         pendidikan, seperti pemenuhan ruang   dan pelayanan pendidikan yang tuntas                                  yen

































                                                                                                      Peserta didik
                                                                                                      sedang melaksakan
                                                                                                      ujian sekolah dengan
                                                                                                      menggunakan sistem
                                                                                      Media Jaya Edisi 5 2019   9
                                                                                                      online.
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14