Page 8 - MJ Edisi 5 2019
P. 8
LAPORAN UTAMA
Kawal Tuntas, Tingkatkan Kualitas
Berangkat dari kondisi, tantangan dan idealisme penyelenggaraan pendidikan, Pemer-
intah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta mencanangkan pro-
gram pendidikan tuntas dan berkualitas untuk anak-anak sekolah di Jakarta.
ejak mengemban tugas sebagai Gu-
bernur Daerah Khusus Ibukota (DKI)
SJakarta, Anies Baswedan sudah meny- LANGKAH MENUJU
oroti urusan pendidikan di wilayahnya. Apa- PENDIDIKAN TUNTAS BERKUALITAS
lagi, selaku mantan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan (2014-2016), Anies paham betul
bahwa pendidikan menjadi salah satu faktor
penting dalam mengangkat derajat dan kuali-
tas kehidupan seseorang.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan
Kebudayaan (PDSPK) per November 2018
lalu mencatat ada 5.647 anak putus sekolah,
yang terdiri dari 940 Sekolah Dasar (SD), 1.287 1. Pendidikan Tuntas
Sekolah Menengah Pertama (SMP), 594 Seko- • Peningkatan Kapasitas
lah Menengah Atas (SMA) dan 2.826 Sekolah • Penyetaraan Kualitas Sekolah Swasta
Menengah Kejuruan (SMK). • Perluasan Akses
Masih dari data yang sama, tercatat di Ja- • KJP Plus
• KJMU
karta sendiri terdapat ribuan anak yang ha-
rus mengulang, jumlahnya mencapai 6.460
orang. Persisnya, 4.343 anak SD, 1.336 siswa-
siswi SMP, 255 di bangku SMA dan 526 yang
mengenyam pendidikan di SMK.
Kendati demikian, Kepala Dinas Pendidi-
kan DKI Jakarta, Ratiyono membantah dugaan
terhadap sulitnya akses pendidikan. Menu- 2. Pendidikan Berkualitas
rut dia, dunia pendidikan di ibukota terbuka • Peningkatan Tata Kelola
luas untuk seluruh warganya. “Sehingga, tidak • Peningkatan Sarana Dan Prasarana
menjadi masalah,” tegas Ratiyono sewaktu di • Penguatan Kurikulum Dan Bahan Ajar
kantornya, Jakarta Pusat. • Penguatan Pendidikan Karakter
• Penguatan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Hanya saja, Ratiyono mengakui soal kuan- • Pengembangan Ekosistem Pendidikan
titas dan kualitas guru yang masih kurang. • Penguatan Pendidikan Keluarga
Untuk itu pihaknya akan membenahi dengan • Penguatan Pendidikan Anak Usia Dini
melakukan penambahan dan pemenuhan • Pengembangan Pendidikan Inklusi
• Pengembangan Pendidikan Vokasi
tenaga pendidik, termasuk merekrut calon
pegawai negeri sipil yang baru dan menga-
8 Media Jaya Edisi 5 2019