Page 4 - MJ Edisi 5 2019
P. 4
Catatan Redaksi
Edisi 05
Media Jaya/2019
PELINDUNG
Gubernur Provinsi
DKI Jakarta
PEMBINA
Sekretaris Daerah Provinsi Pendidikan Tuntas Berkualitas
DKI Jakarta.
Asisten Pemerintahan
Sekda Provinsi DKI Jakarta
ubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginisiasi dan mendorong program “Sekolah Berkuali-
PENGARAH tas dan Tuntas 100 Persen” agar seluruh anak di Provinsi DKI Jakarta memperoleh pendidikan
Kepala Dinas Komunikasi Gberkualitas hingga tuntas.
Informatika dan Statistik Untuk menunjang keberhasilan program tersebut, tentu saja harus diimbangi dengan gizi cukup.
Provinsi DKI Jakarta Karenanya sejalan dengan hal itu Pemprov DKI Jakarta juga membuat program Penyediaan Makanan
Tambahan Anak Sekolah (PMTAS). Prinsip yang ingin dibangun pada program PMT-AS adalah bagaima-
PENANGGUNG JAWAB na anak-anak sekolah dasar bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup dengan citarasa yang lezat.
Kepala Bidang Komunikasi Kebijakan Gubernur Anies tersebut perlu didukung mengingat saat ini kurang lebih ada 30 persen
Publik anak di Jakarta tidak menamatkan pendidikan sampai dengan jenjang pendidikan menengah atas.
Jelas ini tidak boleh terjadi. Setiap anak di Jakarta harus mengalami pendidikan tuntas dan berkualitas.
PEMIMPIN REDAKSI Apalagi Pemprov DKI Jakarta sudah sejak beberapa tahun lalu mencanangkan wajib belajar 12
Kepala Seksi Pengelolaan tahun. Itu berarti semua anak yang lahir di Jakarta harus mendapatkan pendidikan mulai dari usia dini
Media Komunikasi Publik sampai dengan pedidikan menangah. SMA atau SMK. Semua harus mendapatkan kesempatan.
Karena itu, pemerintah harus melakukan intervensi, khususnya pada anak-anak dari kalangan yang
kurang mampu secara ekonomi dan akademik supaya mereka tumbuh menjadi anak yang mampu dan
WAKIL PEMIMPIN REDAKSI pintar.
Evi Yulianti Gubernur Anies menyadari betul hasil dari pendidikanlah yang akan memajukan perekonomian
masyarakat dan bangsa. Seiring dengan kebijakan tersebut, daya tampungnya harus dipastikan ada.
REDAKTUR PELAKSANA Selain itu, mereka juga dimudahkan transportasinya sehingga semua anak memperoleh pendidikan
Mulya MH berkualitas hingga tuntas.
Tidaklah berlebihan jika Gubernur DKI itu mengharapkan muncul inovasi perubahan dalam pen-
REDAKTUR didikan. Anies menggambarkan kndisi saat ini di mana siswa merupakan “produk” abad 21, guru abad
Nanik I 20, sementara sarana pendidikan masih abad 19. Bila tidak ada perubahan, pembelajaran akan selalu
Irawan P ketinggalan zaman.
Karena itu, Anies menekankan dalam pembelajaran pengembangan aspek 4C (kreatif, kritis, ko-
REPORTER munikatif, dan kolaboratif) yang tidak semata bertumpu pada akademik. 4C itu. Disamping itu, masih
Ari Muslim sangat dibutuhkan kemampuan literasi dan pembangunan karakter pada setiap anak.
Hans AS Gubernur juga mendorong Disdik Jakarta membuat roadmap pendidikan Jakarta secara bersama
Fenny B dengan para kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lain. Ukuran keberhasilan kantor Dinas Pendi-
T. Aifan dikan bukan dari seberapa nyaman bekerja di tempat ini. Namun seberapa nyaman siswa belajar di
seluruh sekolah di Jakarta dan kualitas pendidikan semua anak di Jakarta.*
Dr. Rosma
Fenti
Devina Ivo
FOTOGRAFER
Safran Hasibuan
Widhiyanto W
TIM KREATIF
Tommy Kusuma R
Fandy Adam
Anggia Anggun
Arief Setiadi
Chaidar Izet
SEKRETARIAT
Jose Rizal
Andik F