Page 18 - MJ Edisi 10 2018
P. 18

INFRASTRUKTUR





                           MRT Resmi Beroperasi Maret 2019




            Tak lama lagi, warga ibukota bakal merasakan nikmatnya moda transportasi baru di Jakarta,   Mass Rapid
             Transit (MRT). Moda transportasi berbasis rel ini digadang-gadang bakal mendorong perubahan budaya
             bertransportasi masyarakat metropolitan. Dari semula menggunakan kendaraan pribadi secara perlahan
                                                beralih ke transportasi publik.




                asalnya, setiap pekerja MRT sela-  yang menciptakan kesatuan masyarakat.  pembelian tiket dengan menggunak-
                lu menerapkan kedisiplinan tinggi   Pada setiap stasiun MRT, dipasang   an  Ticket Vending Machine (TVM) se-
           Pyang bakal ditularkan kepada se-  beragam fasilitas mulai dari eskalator, el-  cara mandiri. Ada juga loket manual
           tiap pelanggannya. MRT bakal menjadi   evator,  dan tangga sebagai pilihan ke-  dengan staf yang siap melayani pembe-
           sarana interaksi antarwarga Jakarta yang   mudahan bagi penumpang. Selain itu,   lian. Sistem pengecekan tiket menggu-
           selalu mendorong budaya antre, tertib   ada concourse area atau gerai komersial   naan tap in dan tap out.
           waktu, dan kebiasaan bersih.       yang menyediakan beragam layanan ke-  Disiapkan pula  Added Value Ma-
              Kereta dengan 7 stasiun layang dan   butuhan penumpang dalam menun-  chine  (AVM) untuk mengecek sisa sal-
           6 stasiun bawah tanah ini akan diopera-  jang mobilitasnya. Lantai juga dileng-  do kartu kereta. Di masing-masing sta-
           sikan secara komersial pada Maret 2019   kapi dengan tac tile untuk memudahkan   siun ini, disiapkan gerbang penumpang
           nanti akan mengantarkan 173.400 pen-  mobilitas penyandang tuna netra. Be-  dua jenis.  Masing-masing  lebar 60 cm
           umpang. Di tempat inilah menjadi melt-  berapa stasiun MRT dijadikan kawasan   dan 90 cm khusus untuk pengguna kursi
           ing pot berbagai lapisan masyarakat.   terintegrasi atau transit oriented devel-  roda atau pesepeda lipat. Setiap stasiun
           Mulai dari pekerjaan posisi top manajer   opment (TOD).               bawah tanah dilengkapi penyejuk ruan-
           di perusahaan hingga posisi pendukung   Pelanggan MRT bisa melakukan   gan, sedangkan stasiun layang mengop-


          Foto-foto Media Jaya/Safran. H


































           Tak hanya sebagai alternatif moda transportasi, beroperasinya MRT juga diharpakan mampu menjadi fasilitas interaksi masyarakat DKI Jakarta.



           18 Media Jaya Edisi 10 2018
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23