Page 27 - JAKKITA EDISI 7 2021
P. 27
ASN BERPRESTASI 27
Menurutnya, tantangan pelayanan di Kelapa Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dari
Gading, Jakarta Utara ini lebih besar. Layanan yang Kementerian PANRB Republik Indonesia.
diberikan di kecamatan juga ini lebih luas. “ Ini
menjadi tantangan tersendiri buat saya untuk selalu “Saya punya prinsip, pelayanan prima itu bisa
memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” terwujud jika orang yang kita layani itu merasa
katanya. puas. Kalau dia merasa puas, layanan kita berhasil,”
tegasnya.
Ade menilai ada banyak faktor yang membuat
selama ini pelayanan publik belum berjalan secara Di tengah kesibukannya, Ade tetap berusaha
maksimal di Kecamatan Kelapa Gading. Selain menyempatkan diri untuk menjaga kesehatannya.
karena masyarakatnya yang sibuk dengan rutinitas, Pecinta sepeda ini juga tak pernah absen untuk
ia juga menilai, banyak penyedia jasa pelayanan berolahraga agar kondisinya tetap prima seperti
yang membantu masyarakat. “ Penyedia jasa tetap layanan yang diberikan kepada masyarakat Jakarta.
dilayani sesuai prosedur,” katanya. “Saya hobi naik sepeda sehingga setiap akhir pekan
saya mencari hiburan sehat dengan bersepeda,”
“Selama persyaratannya dilengkapi, tetap kita layani. katanya.
Karena tidak semua warga Jakarta bisa mengurus
sendiri, karena sibuk kerja dan butuh penyedia jasa ini. Ia juga selalu berusaha untuk membagi waktu antara
Tapi, kami di sini tidak membedakan pelayanannya,” kepentingan keluarga dan urusan kantor. Ia berusaha
tuturnya. untuk tidak mencapuradukan kedua urusan tersebut.
“Masalah di rumah, ya di rumah, masalah di kantor
Terlebih, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan ya di kantor. Insya Allah semuanya aman,” katanya.
Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah menerapkan
inovasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Sehingga, Berkat kinerja aparaturnya itulah, Pemerintah
setiap masyarakat bisa mengurus perizinan dan non Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih nilai tertinggi
perizinan secara daring melalui AJIB. “Layanan AJIB ini (A) pada keseluruhan aspek penilaian. Mulai dari
diberikan secara cuma-cuma alias gratis,”katanya. indikator kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM,
sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan
Baginya, adanya layanan AJIB, membuat masyarakat publik, hingga konsultasi dan pengaduan serta
tidak perlu repot lagi datang ke kantor kecamatan. inovasi pelayanan publik.
Mereka cukup telepon atau via online, nanti AJIB yang per
bekerja menjemput berkas dan mengantarkannya
kembali. “ Itu memudahkan saya dalam memuaskan
masyarakat,” tegasnya.
“Saya punya prinsip, pelayanan prima itu
Setahun di Kecamatan Kelapa Gading, Ade pun bisa terwujud jika orang yang kita layani
harus rotasi kembali ke Jakarta Selatan di unit
itu merasa puas. Kalau dia merasa puas,
Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan
layanan kita berhasil,”
Terpadu Satu Pintu. Meski harus berpindah tugas,
tidak menyurutkan tekad Ade untuk memberikan
pelayanan prima bagi warga Jakarta. Ade Reviyanti Siregar
Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola
Alhasil, Jakarta Selatan selalu mendapatkan DPMPTSP Jakarta Selatan
penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sejak
sejak 2017 hingga 2020. Unit Pelaksana (UP) PTSP
Kota Administrasi Jakarta Selatan berhasil meraih
penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara
EDISI 7 TAHUN 2021
Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta