Page 27 - JAKKITA EDISI 7 2021
P. 27

ASN BERPRESTASI        27





          Menurutnya,  tantangan   pelayanan   di  Kelapa    Pelayanan   Publik  Kategori  Sangat  Baik  dari
          Gading, Jakarta Utara ini lebih besar. Layanan yang   Kementerian PANRB Republik Indonesia.
          diberikan  di  kecamatan  juga  ini  lebih  luas.  “  Ini
          menjadi tantangan tersendiri buat saya untuk selalu   “Saya punya prinsip, pelayanan prima itu bisa
          memberikan  layanan   terbaik  bagi masyarakat,”   terwujud jika orang yang kita layani itu merasa
          katanya.                                           puas. Kalau dia merasa puas, layanan kita berhasil,”
                                                             tegasnya.
          Ade menilai ada banyak faktor yang  membuat
          selama ini pelayanan publik belum berjalan secara   Di  tengah  kesibukannya,    Ade  tetap  berusaha
          maksimal di Kecamatan Kelapa Gading. Selain        menyempatkan diri untuk  menjaga kesehatannya.
          karena masyarakatnya yang sibuk dengan rutinitas,    Pecinta sepeda ini juga tak pernah absen  untuk
          ia juga menilai, banyak penyedia jasa pelayanan    berolahraga agar kondisinya tetap prima seperti
          yang membantu masyarakat.  “ Penyedia jasa tetap   layanan yang diberikan kepada masyarakat Jakarta.
          dilayani sesuai prosedur,” katanya.                “Saya hobi naik sepeda sehingga setiap akhir pekan
                                                             saya mencari hiburan sehat dengan bersepeda,”
          “Selama persyaratannya dilengkapi, tetap kita layani.   katanya.
          Karena  tidak  semua  warga  Jakarta  bisa  mengurus
          sendiri, karena sibuk kerja dan butuh penyedia jasa ini.   Ia juga selalu berusaha untuk membagi waktu antara
          Tapi, kami di sini tidak membedakan pelayanannya,”   kepentingan keluarga dan urusan kantor. Ia berusaha
          tuturnya.                                          untuk tidak mencapuradukan kedua urusan tersebut.
                                                             “Masalah di rumah,  ya di rumah, masalah di kantor
          Terlebih, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan      ya di kantor.  Insya Allah semuanya aman,” katanya.
          Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah menerapkan
          inovasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Sehingga,   Berkat kinerja aparaturnya itulah, Pemerintah
          setiap masyarakat bisa mengurus perizinan dan non   Provinsi (Pemprov)  DKI Jakarta meraih nilai tertinggi
          perizinan secara daring melalui AJIB. “Layanan AJIB ini   (A) pada keseluruhan aspek penilaian. Mulai dari
          diberikan secara cuma-cuma alias gratis,”katanya.   indikator kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM,
                                                             sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan
          Baginya, adanya layanan AJIB, membuat masyarakat   publik, hingga  konsultasi dan pengaduan serta
          tidak  perlu repot lagi datang  ke kantor kecamatan.   inovasi pelayanan publik.
          Mereka cukup telepon atau via online, nanti AJIB yang                                           per
          bekerja menjemput berkas dan mengantarkannya
          kembali.  “ Itu memudahkan saya dalam memuaskan
          masyarakat,” tegasnya.
                                                             “Saya punya prinsip, pelayanan prima itu
          Setahun di Kecamatan Kelapa Gading,  Ade pun       bisa terwujud jika orang yang kita layani
          harus  rotasi  kembali  ke Jakarta  Selatan  di unit
                                                             itu merasa puas. Kalau dia merasa puas,
          Pengelola  Penanaman    Modal   dan   Pelayanan
                                                             layanan kita berhasil,”
          Terpadu Satu Pintu. Meski harus berpindah tugas,
          tidak menyurutkan  tekad Ade untuk memberikan
          pelayanan prima bagi warga Jakarta.                Ade Reviyanti Siregar
                                                             Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola
          Alhasil,  Jakarta  Selatan  selalu  mendapatkan    DPMPTSP  Jakarta Selatan
          penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan
          Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sejak
          sejak 2017 hingga 2020.  Unit Pelaksana (UP) PTSP
          Kota  Administrasi  Jakarta  Selatan    berhasil  meraih
          penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara





                                                                                                       EDISI 7 TAHUN 2021
                                                                                       Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32