Page 27 - Media Jaya Edisi 7 2019
P. 27

PEMERINTAHAN




                               Grafik Persentase Penggunaan Aplikasi Telor Dadar 112
                                                             80,81 %
        •  Ambulance: 8,82 %
        •  Hewan Buas: 0,34%   •  Pelayanan AGD: 2,87%
                               •
        •  Informasi: 80,81%    Pelayanan Dinas Sosial:
                                0,15%
        •  Kebencanaan: 1,37%  •
        •  Kabel PLN/ Telkom: 0,83%  Penyelamatan Manusia :
        •  Kecelakaan: 0,77%   •  0,16%                8,82 %
        •  Kegawatdaruratan: 0,13%  •  PJU: 1,03%
        •  Kekerasan Anak Perempuan   Pohon Tumbang Baliho       1,37 %                  2,87 %
                                Roboh: 0, 35%
 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019  •  dan KDRT: 0,20%  •  Kriminal: 1,25%  0,34 %  0,83 %  0,77 %  0,13 % 0,20 %  0,37 % 0,23 %  0,15 % 0,16 % 1,03 % 0,35 %  1,25 %  0,32 %
          Kemacetan: 0,37%
                               •
                                Kategori Lainnya: 0,32%
        •
          Panic Button: 0,23%
                                                                                                            Infografis/Anggia
              Aplikasi ini sebenarnya sudah dir-  ing Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Ta-  vasi ini supaya makin baik ke depannya.
           esmikan pada bulan Maret 2019 lalu.   hun 2019.                       Penghargaan ini merangsang serta mo-
           Untuk sosialisasinya, BPBD DKI Jakarta   “Pemerintah Provinsi DKI Jakarta   tivasi kami untuk terus berinovasi dan
           telah melakukannya di 267 Kelurahan   masuk dalam jajaran Top 99 Kompeti-  kreatif jangan sampai menurun pelay-
           di Jakarta. Selain itu Media Sosial juga   si Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.   anannya,” ujarnya, beberapa saat lalu.
           sudah banyak menginformasikan Telor   Dari sekitar 3.156 peserta, kami masuk   Dikatakan Subejo, Telor Dadar 112
           Dadar 112. Pihaknya berharap dengan   jajaran top 99,” tutur Ridwan.  merupakan bukti kehadiran pemerintah
           adanya  aplikasi  ini,  masyarakat  lebih   Sementara itu, Kepala BPBD Provin-  dalam memberikan pelayanan kepada
           interaktif melaporkan kejadian di seki-  si DKI Jakarta, Subejo mengatakan, ino-  warganya. Inovasi ini memberi kemuda-
           tarnya.                            vasi ini menjadi solusi bagi masyarakat   han masyarakat untuk memperoleh per-
              Berkat hal itu,  Telor Dadar 112   untuk mendapatkan pelayanan prima.   tolongan. Dirinya mengatakan Telor Da-
           mendapatkan penghargaan dari Ke-   Terutama dalam hal pengaduan dan ke-  dar 112 juga akan terus dikembangkan
           menterian  Pemberdayaan  Aparatur  luhan terkait kegawatdaruratan selama   untuk melayani masyarakat secara luas.
           Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen   24 jam.                          Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan
           PANRB). Penghargaan itu adalah Award-  “Kami harus terus kembangkan ino-  Publik Tahun 2019 sendiri digelar oleh
                                                                                 Kementerian Pendayagunaan Aparatur
          Dok: Pribadi                                                           Negara dan Reformasi Birokrasi di Gu-
                                                                                 maya Tower Hotel Semarang, Kamis  18
                                                                                 Juli lalu. Acara ini dibuka oleh Gubernur
                                                                                 Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Men-
                                                                                 teri PANRB Syafruddin.
                                                                                    Selain Telor Dadar 112 inovasi lain-
                                                                                 nya berasal dari Dinas kependudukan
                                                                                 dan catatan sipil Provinsi DKI Jakarta
                                                                                 yaitu SI MAS GESIT  (Sistem Manajemen
                                                                                 Administrasi Kependudukan  Berbasis
                                                                                 Informasi Elektronik) juga mendapatkan
                                                                                 penghargaan Awarding Top 99 Inovasi
                                                                                 Pelayanan Publik Tahun 2019. Inovasi ini
                                                                                 dibuat untuk kemudahan pelayanan do-
                                                                                 kumen kependudukan.
                                                                                    Dalam sambutannya, Menteri PAN-
                                                                                 RB Syafruddin menekankan bahwa ori-
                                                                                 entasi pelayanan publik bukan hanya
                                                                                 sekadar menjembatani kehadiran pro-
                                                                                 gram pemerintah tetapi juga mengako-
                                                                                 modir kebutuhan masyarakat.

                                                                                                              gro
           Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah bersama Kepala BPBD DKI Jakarta, Subejo menerima penghargaan dari
           Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Gumaya Tower Hotel Semarang, Kamis (18/07) lalu.

                                                                                      Media Jaya Edisi 7 2019  27
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32