Page 26 - Media Jaya Edisi 7 2019
P. 26

PEMERINTAHAN








                      Telor Dadar 112
                      Raih Top 99






                               Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019





       Rasa aman dan nyaman menjadi ke-       an ini bisa digunakan untuk memantau   Selain itu, call center tanggap daru-
       butuhan dasar  warga  DKI  Jakarta.    dan membantu masyarakat,”kata Ke-  rat sendiri banyak yang menggunakan
       Oleh sebabnya Pemerintah Provinsi      pala UPT Pusat Data dan Informasi (Pus-  nomor  112. Hanya saja, yang  membe-
                                              datin) Badan Penanggulangan Bencana   dakan Telor Dadar 112 adalah berba-
       DKI Jakarta membuat sebuah layanan
                                              Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Muhammad   sis aplikasi. Ada dua cara menggunakan
       bantuan kebencanaan, Telepon Orang     Ridwan.                            layanan ini yaitu dengan menggunakan
       Dalam Keadaan Darurat (Telor Da-                                          telepon dengan bebas pulsa dan meng-
       dar) 112.
                                              Pangkas Jalur Birokrasi            gunakan aplikasi  Jakarta Aman yang
                                                                                 bisa diunduh di  Play Store.
                                                 Inovasi ini menurut Ridwan adalah   “Jadi misalnya ada yang mau mela-
                                              menitikberatkan response time, dan me-  hirkan bisa menghubungi Telor Dadar
                                              mangkas birokrasi yang lambat dalam   112 atau menggunakan aplikasi Jakar-
                                              penanganan di lapangan. Hal ini men-  ta Aman. Sambil menunggu datang-
                elor Dadar 112 adalah inovasi la-  jadi solusi pelayanan yang prima kepada   nya ambulan, petugas medis bisa mem-
                yanan darurat bebas pulsa yang   warga Jakarta dalam penanganan berb-  berikan pelayanan melalui telpon untuk
           Tmengintegrasikan  semua  kebu-    agai macam pengaduan dan keluhan.  memberikan arahan pertolongan  perta-
           tuhan  terkait  keadaan  darurat  seperti,   Layanan Telor Dadar 112 ini meng-  ma kepada keluarga untuk membantu si
           darurat medis, kebakaran, keamanan,   gunakan pusat data BPBD Provinsi DKI   ibu,” katanya.
           kecelakaan dan bencana.            Jakarta. Penamaan Telor Dadar sendiri   Ridwan bercerita bahwa, beberapa
              “Namun tidak hanya saat darurat   menurut Ridwan agar masyarakat mu-  waktu lalu ada laporan masyarakat soal
           saja, masyarakat juga bisa menggunak-  dah  untuk mengingatnya. Kecender-  percobaan bunuh diri. Ini menjadi per-
           an layanan ini untuk permasalahan lain-  ungan  masyarakat  sendiri  lebih  mudah   soalan yang pelik di masyarakat. Kerap
           nya, seperti pohon tumbang. Layan-  mengingat hal semacam ini.        kali warga bingung harus melaporkan
                                                                                 kemana mengenai masalah seperti itu.
                               TELOR DADAR 112                                      “Ada sekitar dua atau tiga kasus
                                                                                 yang pernah kami tangani.  Alhamdulil-
                                                                                 lah setelah kami kirim tim ke lokasi kami
                 Mengintegrasikan semua                                          bisa menyelamatkan  korban,”ujarnya.
                kebutuhan terkait keadaan       Masuk Awarding Top 99 Inovasi       Telor Dadar 112 terkoneksi dengan
               darurat seperti, darurat medis,   Pelayanan Publik Tahun 2019     berbagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat
                  kebakaran, keamanan,              Kementerian PANRB.
                 kecelakaan dan bencana.                                         Daerah), yang secara  real time  segera
                                                                                 merespon segala macam bentuk pel-
                                                    Beberapa SKPD yang terkoneksi:  aporan.  SKPD  yang  dimaksud  adalah
           Digunakan dengan dua cara :             Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam   Dinas  Kesehatan,  Dinas  Pemadam  Ke-
          •  Telpon Call Center 112                 Kebakaran, Satuan Polisi Pamong   bakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Di-
                                                    Praja, Dinas Perhubungan, Dinas
          • Aplikasi Jakarta Aman                    Kehutanan dan DPPAPP (Dinas   nas Perhubungan, Dinas Kehutanan dan
            (download di Play Store)                Pemberdayaan Perempuan Anak   Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak
                                                   dan Pengendalian Penduduk), dan   dan Pengendalian Penduduk. Selain itu,
                                                               Polda Metro Jaya  Telor Dadar 112 juga terkoneksi dengan
                                                                                 Polda Metro Jaya.



           26 Media Jaya Edisi 7 2019
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31