Page 26 - Media Jaya Edisi 7 2019
P. 26
PEMERINTAHAN
Telor Dadar 112
Raih Top 99
Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019
Rasa aman dan nyaman menjadi ke- an ini bisa digunakan untuk memantau Selain itu, call center tanggap daru-
butuhan dasar warga DKI Jakarta. dan membantu masyarakat,”kata Ke- rat sendiri banyak yang menggunakan
Oleh sebabnya Pemerintah Provinsi pala UPT Pusat Data dan Informasi (Pus- nomor 112. Hanya saja, yang membe-
datin) Badan Penanggulangan Bencana dakan Telor Dadar 112 adalah berba-
DKI Jakarta membuat sebuah layanan
Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Muhammad sis aplikasi. Ada dua cara menggunakan
bantuan kebencanaan, Telepon Orang Ridwan. layanan ini yaitu dengan menggunakan
Dalam Keadaan Darurat (Telor Da- telepon dengan bebas pulsa dan meng-
dar) 112.
Pangkas Jalur Birokrasi gunakan aplikasi Jakarta Aman yang
bisa diunduh di Play Store.
Inovasi ini menurut Ridwan adalah “Jadi misalnya ada yang mau mela-
menitikberatkan response time, dan me- hirkan bisa menghubungi Telor Dadar
mangkas birokrasi yang lambat dalam 112 atau menggunakan aplikasi Jakar-
penanganan di lapangan. Hal ini men- ta Aman. Sambil menunggu datang-
elor Dadar 112 adalah inovasi la- jadi solusi pelayanan yang prima kepada nya ambulan, petugas medis bisa mem-
yanan darurat bebas pulsa yang warga Jakarta dalam penanganan berb- berikan pelayanan melalui telpon untuk
Tmengintegrasikan semua kebu- agai macam pengaduan dan keluhan. memberikan arahan pertolongan perta-
tuhan terkait keadaan darurat seperti, Layanan Telor Dadar 112 ini meng- ma kepada keluarga untuk membantu si
darurat medis, kebakaran, keamanan, gunakan pusat data BPBD Provinsi DKI ibu,” katanya.
kecelakaan dan bencana. Jakarta. Penamaan Telor Dadar sendiri Ridwan bercerita bahwa, beberapa
“Namun tidak hanya saat darurat menurut Ridwan agar masyarakat mu- waktu lalu ada laporan masyarakat soal
saja, masyarakat juga bisa menggunak- dah untuk mengingatnya. Kecender- percobaan bunuh diri. Ini menjadi per-
an layanan ini untuk permasalahan lain- ungan masyarakat sendiri lebih mudah soalan yang pelik di masyarakat. Kerap
nya, seperti pohon tumbang. Layan- mengingat hal semacam ini. kali warga bingung harus melaporkan
kemana mengenai masalah seperti itu.
TELOR DADAR 112 “Ada sekitar dua atau tiga kasus
yang pernah kami tangani. Alhamdulil-
lah setelah kami kirim tim ke lokasi kami
Mengintegrasikan semua bisa menyelamatkan korban,”ujarnya.
kebutuhan terkait keadaan Masuk Awarding Top 99 Inovasi Telor Dadar 112 terkoneksi dengan
darurat seperti, darurat medis, Pelayanan Publik Tahun 2019 berbagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat
kebakaran, keamanan, Kementerian PANRB.
kecelakaan dan bencana. Daerah), yang secara real time segera
merespon segala macam bentuk pel-
Beberapa SKPD yang terkoneksi: aporan. SKPD yang dimaksud adalah
Digunakan dengan dua cara : Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Ke-
• Telpon Call Center 112 Kebakaran, Satuan Polisi Pamong bakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Di-
Praja, Dinas Perhubungan, Dinas
• Aplikasi Jakarta Aman Kehutanan dan DPPAPP (Dinas nas Perhubungan, Dinas Kehutanan dan
(download di Play Store) Pemberdayaan Perempuan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak
dan Pengendalian Penduduk), dan dan Pengendalian Penduduk. Selain itu,
Polda Metro Jaya Telor Dadar 112 juga terkoneksi dengan
Polda Metro Jaya.
26 Media Jaya Edisi 7 2019