Page 49 - MJ Edisi 5 2019
P. 49
SMART CORNER
gunan fase I, sejumlah infografik, dan kereta yang terlambat atau toilet yang ti-
teknologi yang digunakan untuk mem- dak bersih. Jadi, pengguna tak perlu re-
bangun serta mengoperasikan fase I. pot untuk melapor. “Semua sudah ada
Sebagai bentuk partisipasi masyarakat di aplikasi. Semua informasi, pelayanan
untuk perbaikan pelayanan MRT Jakar- hingga memberikan komplain dari ma-
ta, aplikasi yang telah diunduh lebih dari syarakat juga ada disitu,” ungkapnya.
50.000 pengguna android ini juga me- Menurutnya, ada tiga fungsi utama
nyediakan fitur pengaduan publik dan dalam aplikasi tersebut yakni kesiapan
call center serta pelaporan barang hi- informasi cara penggunaan MRT, mem-
lang. bangun kesiapan untuk fitur-fitur serta
Dalam aplikasi MRT-J juga terdapat media interaktif yang dapat memberi- Ratusan PNS Dilantik Jadi Pejabat
peta integrasi antar moda yang memu- kan saran dan komentar. Fungsional
dahkan pengguna MRT untuk melan- Tak hanya melalui aplikasi MRT-J,
jutkan perjalanan dengan Transjakarta mereka juga telah bekerja sama den- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi
atau moda transport lainnya. Pengguna gan aplikasi lain seperti Trafi, Waze DKI Jakarta, Saefullah melantik seka-
ligus mengambil sumpah janji ratusan
dapat melihat rute dan peta rute yang dan Google Map untuk mempermu- Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai pe-
terdapat di kanal Feeder. “Ada Tran- dah pengguna dalam mengakses jadwal jabat fungsional dan pejabat pengawas
sjakarta, Railink, LRT Jakarta dan Bus rute MRT secara real time. “Kita bisa li- di Balai Kota.
Mereka yang dilantik antara lain
Umum yang dapat dilihat rutenya di ap- hat jalur berangkatnya jam berapa sam- meliputi bidang pendidikan, kesehatan
likasi ini,” ujarnya. pai jam berapa semua sudah ada disitu. dan catatan sipil. Total ada 385 orang.
Di sisi lain, lanjut Kamaluddin, peng- Memang, Google Maps usernya paling Mereka ditempatkan di 17 jenis jabatan
guna MRT juga dapat memberikan sa- banyak dan kami selalu update secara fungsional di delapan Satuan Kerja Per-
ran dan kritik melalui aplikasi ini. Seperti rutin,” ucap Kamaluddin. has angkat Daerah (SKPD). Sementara 41
PNS lainnya dilantik menjadi pejabat
pengawas di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Ja-
karta. (beritajakarta.id)
Fitur Aplikasi
MRT-J
Fitur Utama MRT Jakarta
Fitur ini terdiri dari, saldo dan
poin sebagai dompet digital, info terkini,
komik MRTJ, cara menggunakan MRT,
sosial media, infografis, galeri foto, call Mercusuar Pulau Sebira, Alternatif
center dan pengaduan publik serta galeri
video. Wisata Liburan
Proyek dan Perkembangan Tiket Isi Ulang Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Ha-
Fitur ini menampilkan mengenai proyek, Pengguna dapat menggunakan tiket isi rapan, Kepulauan Seribu Utara bisa
cakupan proyek, pendanaan proyek, ulang. Namun, fitur ini masih dalam menjadi destinasi alternatif bagi wisa-
perkembangan konstruksi, kesiapan tahap percobaan. tawan saat liburan. Selain transporta-
operasi dan teknologi di MRT. sinya mudah, di pulau ini wisatawan
juga mudah menemui spot wisata manc-
Informasi FAQs ing dan lokasi swafoto menarik.
Ini merupakan informasi terkait tiket dan Fitur ini berisikan pertanyaan umum Salah satunya Mercusuar Jaga
stasiun di MRT. tentang MRT. Utara (noord wachter) yang dibangun
Belanda tahun 1869, penjaga Pulau Se-
Edukasi Kode QR bira yang bersejarah yang sayang untuk
Fitur ini berisikan berita, infografik, galeri Pengguna dapat menggunakan kode QR. dilewatkan. (beritajakarta.id)
foto, galeri video dan kawasan
berorientasi transit (TOD).
Infografis/Anggia
Media Jaya Edisi 5 2019 49