Page 43 - MJ Edisi 5 2019
P. 43
PROFIL USAHA
Kendari, Lampung, Pangandaran hing-
ga Tanjung pinang. Produk yang dijual-
nya juga dibandrol sangat terjangkau,
mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 7,5 juta.
“Saya juga mengajar teknik men-
golah kerang menjadi barang bernilai
tinggi di 30 provinsi dan 30 negara,”
ucapnya.
Rencana Ekspor
Tidak hanya menjadi jagoan di-
dalam negeri, Citra Handicraft pun akan
menyasar dunia internasional dengan
ekspor produk ke Pulau Maldives. Pulau
yang terkenal dengan keindangan laut
dan biotanya ini, membutuhkan suplai
souvenir unik dan menarik bagi wisa-
tawan.
Sekarang ini, dia sedang menunggu
“Ini saya iseng saja buat frame foto han Mandiri Kelautan Perikanan katego- desain produk baru yang akan dibuat
dari kerang dan pasir, ternyata banyak ri inovatif tahun 2012. oleh Citra Handicraft. Tidak sedikit
yang pesan. Apalagi kalau saya tekuni,” “Sejak saat itu, saya terus mengama- pelanggannya di Maldives, mengingink-
benaknya saat itu. ti tren anak muda dan berinovasi. Setiap an custom design produk buah tangan
Keisengan itu pun benar-benar di- saya buat produk, alhamdulillah selalu yang diekspor langsung dari Indonesia.
tekuninya. Tahun 2001 saat souvenir ludes,” katanya. Produk yang dipesan seperti mangkuk
pernikahan mulai banyak digandrungi Produksinya pun terus bertumbuh. kecil, piringan, pajangan, hingga tem-
oleh pasangan muda, Sri mulai masuk ke Kini brand Citra Handicraft yang dibuat pelan kulkas.
pasar Mayestik, Jakarta Selatan. Frame Sri, bisa memproduksi 500 produk per “Kalau desain sudah masuk, kita siap
foto buatannya pun menjadi bulan-bu- hari dengan pendapatan bersih menca- memproduksinya dan langsung ekspor.
lanan pemborong souvenir pernikahan. pai Rp 50 juta-100 juta per bulan. Diharapkan setelah lebaran
Empat tahun Sri menguasai pasar Citra Handicraft seka- kita sudah bisa ekspor
Mayestik, menjadi pemasok souvenir rang banyak meneri- kesana,” imbuh
pernikahan dari kerang hingga mampu ma custom design dia.
produksi 10 ribu pcs per bulan. Diusia souvenir terbuat Tidak han-
muda, Sri mampu meraup omzet juta- dari kerang dan ya Maldives,
an rupiah dan membiayai kuliah dari sisik ikan. Sep- lima tahun
pendapatannya sendiri. erti gantun- lalu Citra
Tidak ada usaha yang terus berjalan gan kunci, H a nd y -
mulus. Di tahun kelima, usahanya mulai bros, bun- craft su-
turun berkat gempuran produk-produk ga, tempat d a h
China dengan harga jauh lebih murah. tisu, pajan- melaku -
Pelanggannya pun mulai beralih, dan gan, piring, k a n
usaha Sri gulung tikar. lampu hias, ekspor
Namun nasib berkata lain. Pada ta- kaca hias, dan ke Rupub-
hun 2010, saat Presiden Susilo Bambang sofa. Tiap hari lik Kepualau-
Yudhoyono memajukan ekonomi kreatif, Sri menghabis- an Fiji, sebuah
ibu dua anak ini merintis kembali usah- kan lebih dari 1 ton negara kepulau-
anya dengan penuh semangat. kerang. Bahan bakunya an di Benua Osea-
Setiap perlombaan diikutinya, bah- dipasok dari restoran, rumah nia. Namun belakangan
kan terus menjadi juara mewakili Kepu- makan kaki lima di Jakarta dan Banten. ekspor kesana menurun, akibat
lauan Seribu seperti juara 1 Sidhakaraya Produk-produk buatannya kini sudah dampak ekonomi global dan bisnis yang
Provinsi DKI Jakarta tahun 2012, juara dikenal diseluruh penjuru Indonesia. Sri menurun.
2 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluar- bahkan menjadi pemasok utama souve-
ga tahun 2011, dan juara 3 Pusat Pelati- nir kerang ke Papua, Ambon, Maluku, ros
Media Jaya Edisi 5 2019 43