Page 13 - MJ Edisi 5 2019
P. 13
LAPORAN UTAMA
LAPORAN UTAMA
kurikulum pendidikan yang dinamis. Ter- ta sudah melakukan sejumlah langkah
masuk penguasaan teknologi internet seperti pemetaan kompetensi guru dan
yang menjadi tuntutan pendidikan di kebutuhan guru termasuk peningkatan
era saat ini. kompetensi dan keahlian guru. Teruta-
Jakarta juga menghadapi persoalan ma bagi guru SMK, baik untuk SMK neg-
rasio guru terhadap siswa yang belum eri maupun swasta.
ideal. Jakarta menjadi salah satu dari Peningkatan kompetensi guru se- “Kami akan mendorong
lima provinsi di Indonesia dengan ra- lama ini dilakukan melalui pelatihan di peningkatan mutu guru di
sio guru kurang dari rata-rata nasional. P2KPTK2 dan juga kegiatan magang di sekolah karena efeknya
Kondisi ini terjadi dihampir setiap jen- industri. Harapannya, agar kemampuan nanti pada siswa”
jang pendidikan. Sebagai contoh misal- para guru dapat terus ter-update den-
nya, rasio guru dengan siswa di tingkat gan kemajuan teknologi dan ilmu pen- Anies Baswedan
SD yang lebih rendah dari rata-rata na- getahuan yang terus berkembang. Ti- Gubernur DKI Jakarta
sional. Rasio guru dengan siswa pada dak hanya fokus pada pelatihan untuk
tingkat SD secara nasional adalah 1: 17. meningkatan kompetensi, Disdik juga
Sementara pada SD di Jakarta rasio per- terus menyusun standar kompetensi un-
bandingnya 1: 29. tuk mempersiapkan tenaga pendidik
berkualitas.
Kompetensi Guru “Kami juga meningkatkan kese-
jahteraan guru dengan membebaskan learning and character center. Pusat
Di temui di kantornya, Kepala Dinas mereka dari PBB. Ini berlaku bagi guru pelatihan ini untuk mempersiapkan
Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Ratiyono negeri maupun guru swasta,” tambah tenaga pengajar yang menguasai pem-
mengatakan, jajaran yang dipimpinnya Ratiyono. belajaran yang disebut ‘cyber pedago-
sudah menyiapkan sejumlah langkah gy’, pendidikan cyber.
untuk penguatan guru demi mewujud- Dukungan dari PGRI “Ini pelatihan yang didesain khusus
kan pendidikan yang berkualitas. Ter- untuk membantu guru-guru memahami
masuk berkolaborasi dengan semua Sementara itu, Persatuan Guru Re- pendidikan lewat cyber mengingat du-
pelaku pendidikan dan juga dengan pi- publik Indonesia (PGRI) mengapresia- nia pendidikan saat ini tak lepas dari ke-
hak swasta, seperti industri misalnya. si DKI Jakarta yang dinilai memiliki ke- majuan teknologi. Sekarang kan cang-
“Jadi tidak hanya siswa, tetapi juga sadaran tinggi akan pendidikan yang gih, maka guru harus paham juga akan
guru, kepala sekolah termasuk orang berkualitas. Ketua PB PGRI Unifah Rosy- edukasi yang akan disampaikan kepada
tua, industri. Semua untuk mewujudkan idi mengatakan upaya Pemprov DKI Ja- anak didiknya,” papar Unifah.
ekosistem pendidikan yang ideal. Prin- karta dengan menggelar pelatihan-pela- Soal sertifikasi guru, kata Unifah,
sipnya kami tidak membeda-bedakan, tihan guru untuk mengupayakan guru menjadi bagian lain dari proses pemenu-
baik guru PNS maupun non PNS mereka yang berkualitas sebagai tenaga pendi- han pendidikan berkualitas. “Sertifika-
memiliki hak yang sama dan kewajiban dik dan mampu menghasilkan anak di- si itu memang sudah dilakukan saat ini,
yang sama. Memberikan pendidikan dik yang berkualitas sudah tepat. dan bisa dibilang itu salah satu kesiapan
yang berkualitas yang bermakna pada PGRI sendiri, lanjut dia, selama ini tenaga pendidik memberikan pendidi-
seluruh anak-anak Jakarta,” Ratiyono. berupaya memperkuat kapasitas dan kan yang berkualitas kepada anak di-
Sejauh ini, kata dia, Disdik DKI Jakar- kompetensi dengan membentuk smart diknya.” sya
Guru Tersertifikasi di Jakarta
33,4% 49,3% 59,4% 56,7% 41.4% 58,9%
Jumlah Guru di Jakarta
92.435 orang PAUD SD SMP SMA SMK SLB
66,6% 50,7% 40,6% 43,3% 58,6% 41,1%
Belum Tersertifikasi Sudah Tersertifikasi
Guru Berdasarkan kualifikasi pendidikan
23,5% 6,5% 5,4% 2,4% 5,3% 10,7%
PNS Non PNS PAUD SD SMP SMA SMK SLB
32.602 orang 59.833 orang
76.5% 93,5% 94,6% 97,64% 94,7% 89,3%
Di atas D4/S1 atau minimal D4/S1 Di bawah D4/S1 Infografis/Fandy Adam
Media Jaya Edisi 5 2019 13