Page 13 - MJ Edisi 5 2019
P. 13

LAPORAN UTAMA
                                                                                              LAPORAN UTAMA

           kurikulum pendidikan yang dinamis. Ter-  ta sudah melakukan sejumlah langkah
           masuk penguasaan teknologi internet   seperti pemetaan kompetensi guru dan
           yang  menjadi  tuntutan  pendidikan  di   kebutuhan guru termasuk peningkatan
           era saat ini.                      kompetensi  dan  keahlian  guru.  Teruta-
              Jakarta juga menghadapi persoalan   ma bagi guru SMK, baik untuk SMK neg-
           rasio guru terhadap siswa yang belum   eri maupun  swasta.
           ideal. Jakarta menjadi salah satu dari   Peningkatan kompetensi guru se-    “Kami akan mendorong
           lima provinsi  di Indonesia dengan ra-  lama ini dilakukan melalui pelatihan di   peningkatan mutu guru di
           sio guru kurang dari rata-rata nasional.   P2KPTK2 dan juga kegiatan magang di   sekolah karena efeknya
           Kondisi ini terjadi dihampir setiap jen-  industri. Harapannya, agar kemampuan   nanti pada siswa”
           jang pendidikan. Sebagai contoh misal-  para guru dapat terus ter-update den-
           nya, rasio guru dengan siswa di tingkat   gan kemajuan teknologi dan ilmu pen-  Anies Baswedan
           SD yang lebih rendah dari rata-rata na-  getahuan yang terus berkembang. Ti-  Gubernur DKI Jakarta
           sional. Rasio  guru dengan siswa pada   dak hanya fokus pada pelatihan untuk
           tingkat SD secara nasional adalah 1: 17.   meningkatan kompetensi, Disdik juga
           Sementara pada SD di Jakarta rasio per-  terus menyusun standar kompetensi un-
           bandingnya 1: 29.                  tuk mempersiapkan tenaga pendidik
                                              berkualitas.
           Kompetensi Guru                       “Kami juga meningkatkan kese-
                                              jahteraan guru dengan membebaskan   learning and character center. Pusat
              Di temui di kantornya, Kepala Dinas   mereka dari PBB. Ini berlaku bagi guru   pelatihan ini untuk mempersiapkan
           Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Ratiyono   negeri  maupun  guru  swasta,”  tambah   tenaga pengajar yang menguasai pem-
           mengatakan, jajaran yang dipimpinnya   Ratiyono.                      belajaran yang disebut ‘cyber pedago-
           sudah menyiapkan sejumlah langkah                                     gy’, pendidikan cyber.
           untuk  penguatan  guru  demi  mewujud-  Dukungan dari PGRI               “Ini pelatihan yang didesain khusus
           kan pendidikan yang  berkualitas. Ter-                                untuk membantu guru-guru memahami
           masuk berkolaborasi dengan  semua     Sementara itu, Persatuan Guru Re-  pendidikan lewat cyber mengingat du-
           pelaku pendidikan dan juga dengan pi-  publik Indonesia (PGRI) mengapresia-  nia pendidikan saat ini tak lepas dari ke-
           hak swasta, seperti industri misalnya.  si  DKI Jakarta  yang dinilai memiliki ke-  majuan teknologi. Sekarang kan cang-
              “Jadi tidak hanya siswa, tetapi juga   sadaran  tinggi  akan  pendidikan  yang   gih, maka guru harus paham juga akan
           guru, kepala sekolah termasuk orang   berkualitas. Ketua PB PGRI Unifah Rosy-  edukasi yang akan disampaikan kepada
           tua, industri. Semua untuk mewujudkan   idi mengatakan  upaya Pemprov DKI Ja-  anak didiknya,” papar Unifah.
           ekosistem pendidikan yang ideal. Prin-  karta dengan menggelar pelatihan-pela-  Soal  sertifikasi  guru,  kata  Unifah,
           sipnya kami tidak membeda-bedakan,   tihan  guru  untuk  mengupayakan  guru   menjadi bagian lain dari proses pemenu-
           baik guru PNS maupun non PNS mereka   yang berkualitas sebagai tenaga pendi-  han  pendidikan  berkualitas.  “Sertifika-
           memiliki hak yang sama dan kewajiban   dik dan mampu menghasilkan anak di-  si itu memang sudah dilakukan saat ini,
           yang sama. Memberikan pendidikan   dik yang berkualitas sudah tepat.  dan bisa dibilang itu salah satu kesiapan
           yang  berkualitas  yang  bermakna  pada   PGRI sendiri, lanjut dia, selama ini   tenaga pendidik memberikan pendidi-
           seluruh anak-anak Jakarta,” Ratiyono.   berupaya    memperkuat  kapasitas  dan   kan yang berkualitas kepada anak di-
              Sejauh ini, kata dia, Disdik DKI Jakar-  kompetensi dengan membentuk  smart   diknya.”    sya

                                             Guru Tersertifikasi di Jakarta
                                             33,4%       49,3%     59,4%      56,7%      41.4%      58,9%
                       Jumlah Guru di Jakarta
                          92.435 orang             PAUD        SD        SMP        SMA        SMK        SLB
                                                        66,6%      50,7%      40,6%      43,3%      58,6%      41,1%
                                                   Belum Tersertifikasi         Sudah Tersertifikasi
                                             Guru Berdasarkan kualifikasi pendidikan
                                               23,5%      6,5%       5,4%      2,4%       5,3%       10,7%
                       PNS        Non PNS          PAUD        SD        SMP        SMA        SMK        SLB
                    32.602 orang  59.833 orang
                                                         76.5%     93,5%      94,6%      97,64%     94,7%      89,3%
                                                   Di atas D4/S1 atau minimal D4/S1         Di bawah D4/S1  Infografis/Fandy Adam


                                                                                      Media Jaya Edisi 5 2019  13
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18