Page 29 - Media Jaya Edisi 12 2019
P. 29

SEKITAR BALAIKOTA





             Dinas Perhubungan                                                   Gandeng 8 Start Up
             Kembangkan Komunikasi
             Publik
                                                                                   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggan-
                                                                                deng delapan perusahaan aplikasi atau start
                emprov DKI menggelar  Pengem-                                   upa untuk memberikan pelayanan kepada warga
             Pbangan Pengelolaan dan Kemitraan                                  Jakarta. Kerjasama ini dilakukan untuk memper-
             dan Kerja Sama Kehumasan.   Kali ini                               mudah kebutuhan masyarakat mulai pendidikan
             menghadirkan nara sumber  pakar ko-                                hingga kesehatan.
             munikasi  dan branding,  Emilia Bassar .                              Startup yang digandeng Pemprov DKI itu
                Emilia  mengatakan,  para pekerja                               yakni Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Grab, Go-
             humas harus memiliki kemampuan ko-                                 jek,  DuitHape,  Nodeflux,  dan  Botika.  Menurut
             munikasi yang baik untuk masyarakat.                               Gubernur DKI Jakarta, Anies  Baswedan, kerja
             Sebagai garda terdepan, humas Dishub                               sama akan dilakukan di beberapa aspek. Di an-
             merepresentasikan lembaga Pemer-                                   taranya aspek perizinan, pendidikan, hingga ke-
             intaha tersebut. “Jangan asal posting.                             sehatan.
             Karena kalian juga merupakan repre-                                   Anies mencontohkan kerja sama dalam men-
             sentasi Dishub. Sebagai Dishub, repu-                              deteksi pelat nomor kendaraan dan mengetahui
             tasi yang bagus perlu Anda jaga den-                               apakah pengendara tersebut  telah  membayar
             gan cara yang baik,”kata Emilia                                    pajak. Contoh lain, yaitu terkait masyarakat Ja-
                Menurut  hasil riset, tambahnya,                                karta yang memerlukan fasilitas rumah sakit.
             jika terjadi kesalahan dalam berkomu-
             nikasi, maka humas harus mengeluar-
             kan enam kali biaya untuk mengemba-
             likan kepercayaan kepada masyarakat.
             “Berarti harus beriklan, kerja sama
             dengan media. Lalu, harus lebih sering
             ke masyarakat. Ini gara-gara satu atau   Mila Brigade Jawara
             dua kasus keasalahan berkomunikasi,”   Betawi
             ungkapnya.
                Dia menjelaskan agar  komunikasi
             efektif ada empat tujuan yakni men-
             dukung kebijakan program lembaga,
             mempromosikan,  respon  postifi  dan   Milad Brigade Jawara Betawi
             menggunakan komunikasi yang tepat   menggelar acara talkshow dan bazzar
             gua terhadap  kebutuhan masyarakat.   pada 18- 20 November 2019 di Ruang
             “Jadi,  Anda  harus memiliki empat tu-  Pertemuan, Blok G, Balai Kota DKI Ja-
             juan itu,” ujarnya kepada  puluhan Di-  karta. Acara ini digelar dalam rangka
             shub yang hadir.                   perayaan ulang tahun  ke-3  Keluarga
                                                Besar Brigade Jawara Betawi 411.
                                                   Selain menampilkan pencak silat
                                                khas Betawi, mereka juga menampilkan
                                                beberapa pakaian, aksesoris, makanan
                                                dan  minuman    seperti  bir  pletok  dan
                                                pangsi. Ada pula beberapa produk
                                                lainya seperti makanan ringan, baju,
                                                serta  aksesoris khas Betawi  lainnya
                                                hasil produksi Usaha Mikro, Kecil dan
                                                Menengah (UMKM) di Jakarta.
                                                   Panglima Brigade Jawara Betawi
                                                411, Hasran Basri mengatakan Brigade
                                                Jawara Betawi 411 didirikan oleh para
                                                Jawara Betawi, Ulama, dan Habib di Ja-
                                                karta.
                                                   Acara ini diharapkan dapat menin-
                                                gkatkan peran Brigade Jawara Betawi
                                                411  dalam melestarikan seni budaya
                                                Betawi, khususnya seni bela diri. Sebe-
                                                lumnya, perayaan milad ke-3 telah dis-
                                                elenggarakan pada 9 November 2019
                                                di Lapangan Belalang Pancoran Jakarta
                                                Selatan.    has







                                                                                    Media Jaya Edisi 12 2019   29
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34