Page 11 - JAKKITA EDISI 7 2021
P. 11

LAPORAN UTAMA          11 11




          Shafira Sahara,  6616 Creative House:
          “ City Branding Design Tak

          Hanya Mempercantik Kota”





             khir-akhir ini, ikon +Jakarta, berupa tulisan “Jakarta” atau   Inspirasi  logo +Jakarta dari mana?
          Ahuruf “J” dengan tanda (+) di depannya, rasanya ada di mana
          saja. Tapi, apa sebenarnya makna ikon baru ini ? Seperti apa cerita   Dari begitu banyak cerita, harapan, keresahan, mimpi, sampai
          dibaliknya ? Jakita mewawancarai Shafira Sahara, dari 6616 Creative   pengalaman dari orang-orang Jakarta. Kami banyak  ngobrol
          House, agensi yang merancang logo ini. Berikut petikannya:   dengan berbagai kalangan dan latar belakang berbeda. Ini sangat
                                                             membantu untuk membangun personalisasi kotanya.
          Bagaimana awal keterlibatan 6616 Creative
          House dalam pembuatan logo ini ?                   Butuh  berapa lama proses kreatif yang diperlukan?

          Awalnya, tim TGUPP mengadakan sesi  research dengan  ngobrol   Untuk logo utama sekitar tiga minggu, dan sampai ke  delivery
          ke beberapa Branding House termasuk kami, untuk melihat, kira-  brand book-nya sekitar 4 bulan.
          kira bagaimana design yang dapat membantu arahan kota Jakarta
          ke City 4.0. Saat itu kita bersemangat banget, karena  plan dan   Bisa diceritakan hal menarik selama proses pembuatan
          direction dari Pemprov sangat baik.                logo ?

          Apa yang terlintas pertama kali saat brief         Awal  brainstorming logo ini terjadi pas tim 6616 sedang ada di
          tentang logo ini?                                  bulan cuti. Lebih dari setengah tim +Jakarta semua lagi on a trip
                                                             abroad untuk cuti.
          Tim kami tumbuh, tinggal,  dan kerja setiap hari di Jakarta, jadi
          kami merasa untuk kota yang bergerak secepat ini, hanya logo   Lantas bagaimana?
          cantik saja akan mudah terlewati. Kami kemudian mulai berpikir
          bahwa  city branding design itu fungsinya bukan hanya untuk   Kita tetap diskusi. Di perjalanannya, kita buat qualitative brainstorming,
          mempercantik kota, tapi juga harus bisa bergerak bersama kotanya.  mengumpulkan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk
                                                             diskusi tentang Jakarta. Kita juga sempat keliling Jakarta naik
          Setiap logo pasti memiliki makna. Bagaimana dengan  busway dan MRT untuk melihat langsung bentuk aplikasi seperti
          logo +Jakarta?                                     apa yang bisa dekat dengan masyarakatnya.

          Logo ini terdiri dari empat elemen utama. Nama +Jakarta sebagai   Apakah ini menjadi kesempatan pertama untuk membuat
          ajakan untuk siapapun yang memiliki kepentingan di kota ini untuk   logo untuk keperluan  city branding sebuah kota ?
          dapat meletakkan nama mereka di depan tanda “+”, Open call for
          the people to work side by side with the city.  Tanda (+),  ini terbagi   Iya, ini pertama kali dan kenangannya betul-betul manis.
          dari elemen persegi dan segitiga, mewakili Kota Administrasi
          yang ada di Jakarta. Posisi dan bentuk elemen segitiga mewakili   Apa yang dirasakan ketika logo +Jakarta kini menghias
          Kepulauan Seribu. Tipografi Plus Jakarta Sans yang membentuk   di seluruh penjuru Jakarta ?
          logo  ini  adalah  tipografi  khas  milik  Jakarta.  Setiap  hurufnya
          memiliki opsi berbeda, misalnya huruf A ada yang lancip, ada yang   Kami selalu happy ketika lihat logo +Jakarta mempercantik kota,
          bulat, dan ada yang sudut siku. Ini terinspirasi dari kotanya sendiri   dan terus membentuk kolaborasi untuk Jakarta yang lebih baik.
          yang sangat beragam, dan keindahan kotanya dapat dilihat ketika
          keragaman ini saling menyatu. Dan “Kota Kolaborasi’ sebagai
          tagline, ini memberikan deskripsi singkat fungsi logo untuk mimpi
          kota bersama manusia-manusianya.                                                                sam





                                                                                                       EDISI 7 TAHUN 2021
                                                                                       Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16