Page 11 - JAKKITA EDISI 7 2021
P. 11
LAPORAN UTAMA 11 11
Shafira Sahara, 6616 Creative House:
“ City Branding Design Tak
Hanya Mempercantik Kota”
khir-akhir ini, ikon +Jakarta, berupa tulisan “Jakarta” atau Inspirasi logo +Jakarta dari mana?
Ahuruf “J” dengan tanda (+) di depannya, rasanya ada di mana
saja. Tapi, apa sebenarnya makna ikon baru ini ? Seperti apa cerita Dari begitu banyak cerita, harapan, keresahan, mimpi, sampai
dibaliknya ? Jakita mewawancarai Shafira Sahara, dari 6616 Creative pengalaman dari orang-orang Jakarta. Kami banyak ngobrol
House, agensi yang merancang logo ini. Berikut petikannya: dengan berbagai kalangan dan latar belakang berbeda. Ini sangat
membantu untuk membangun personalisasi kotanya.
Bagaimana awal keterlibatan 6616 Creative
House dalam pembuatan logo ini ? Butuh berapa lama proses kreatif yang diperlukan?
Awalnya, tim TGUPP mengadakan sesi research dengan ngobrol Untuk logo utama sekitar tiga minggu, dan sampai ke delivery
ke beberapa Branding House termasuk kami, untuk melihat, kira- brand book-nya sekitar 4 bulan.
kira bagaimana design yang dapat membantu arahan kota Jakarta
ke City 4.0. Saat itu kita bersemangat banget, karena plan dan Bisa diceritakan hal menarik selama proses pembuatan
direction dari Pemprov sangat baik. logo ?
Apa yang terlintas pertama kali saat brief Awal brainstorming logo ini terjadi pas tim 6616 sedang ada di
tentang logo ini? bulan cuti. Lebih dari setengah tim +Jakarta semua lagi on a trip
abroad untuk cuti.
Tim kami tumbuh, tinggal, dan kerja setiap hari di Jakarta, jadi
kami merasa untuk kota yang bergerak secepat ini, hanya logo Lantas bagaimana?
cantik saja akan mudah terlewati. Kami kemudian mulai berpikir
bahwa city branding design itu fungsinya bukan hanya untuk Kita tetap diskusi. Di perjalanannya, kita buat qualitative brainstorming,
mempercantik kota, tapi juga harus bisa bergerak bersama kotanya. mengumpulkan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk
diskusi tentang Jakarta. Kita juga sempat keliling Jakarta naik
Setiap logo pasti memiliki makna. Bagaimana dengan busway dan MRT untuk melihat langsung bentuk aplikasi seperti
logo +Jakarta? apa yang bisa dekat dengan masyarakatnya.
Logo ini terdiri dari empat elemen utama. Nama +Jakarta sebagai Apakah ini menjadi kesempatan pertama untuk membuat
ajakan untuk siapapun yang memiliki kepentingan di kota ini untuk logo untuk keperluan city branding sebuah kota ?
dapat meletakkan nama mereka di depan tanda “+”, Open call for
the people to work side by side with the city. Tanda (+), ini terbagi Iya, ini pertama kali dan kenangannya betul-betul manis.
dari elemen persegi dan segitiga, mewakili Kota Administrasi
yang ada di Jakarta. Posisi dan bentuk elemen segitiga mewakili Apa yang dirasakan ketika logo +Jakarta kini menghias
Kepulauan Seribu. Tipografi Plus Jakarta Sans yang membentuk di seluruh penjuru Jakarta ?
logo ini adalah tipografi khas milik Jakarta. Setiap hurufnya
memiliki opsi berbeda, misalnya huruf A ada yang lancip, ada yang Kami selalu happy ketika lihat logo +Jakarta mempercantik kota,
bulat, dan ada yang sudut siku. Ini terinspirasi dari kotanya sendiri dan terus membentuk kolaborasi untuk Jakarta yang lebih baik.
yang sangat beragam, dan keindahan kotanya dapat dilihat ketika
keragaman ini saling menyatu. Dan “Kota Kolaborasi’ sebagai
tagline, ini memberikan deskripsi singkat fungsi logo untuk mimpi
kota bersama manusia-manusianya. sam
EDISI 7 TAHUN 2021
Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta