Page 19 - MJ Edisi 5 2019
P. 19

INFRASTRUKTUR




           larang melintasi terowongan Kendal.   warga Ibu Kota, termasuk Terowongan   moda transportasi. Kata kunci yang har-
           Jalur ini hanya bisa dilewati pejalan kaki.   Kendal.                 us selalu kita pegang adalah bagaimana
           Dalam  hal ini, Dinas Perhubungan DKI   Dia meresmikan terowongan itu seb-  transportasi umum yang tersedia di Ja-
           Jakarta telah memberlakukan sistem   agai bagian kawasan TOD Dukuh Atas.   karta terintegrasi satu sama lain seper-
           satu arah blok Tanjung karang (kuadran   Kawasan terintegrasi Dukuh Atas ini   ti jaringan saluran darah di dalam tubuh
           utara-barat), blok Jalan Blora (kuadran   telah  menjadi  titik  penghubung  berb-  kita,” kata Anies.
           utara-timur), dan blok Landmark-BNI.  agai  moda  transportasi  umum  massal,   Dia berharap, kawasan ini akan
              Sebelumya, terowongan ini banyak   antara lain Moda Raya Terpadu (MRT)   menggambarkan visi yang sama bagi
           dilintasi pengguna kendaraan bermotor   Jakarta, Kereta Commuter Line, Kereta   semua pihak yang terlibat. Yaitu terinte-
           dari arah Blora-Tanjung Karang atau se-  Bandara Rail Link, dan Bus Rapid Transit   grasi,  nyaman,  dan  memudahkan  bagi
           baliknya. Namun, jalur yang persis bera-  (BRT) Transjakarta.         masyarakat. Untuk itu, Pemprov DKI Ja-
           da di bawah Jalan Sudirman itu banyak   Menjadi titik mobilitas warga yang   karta berusaha menyediakan fasilitas
           menuai masalah. Mulai dari semrawut-  cukup tinggi, Pemerintah Provinsi DKI   nyaman bagi pejalan kaki.
           nya pedagang kaki lima hingga pen-  Jakarta  pun menyiapkan spot  air siap   Kawasan Dukuh Atas diperkirakan
           gendara ojek online yang mangkal di   minum di beberapa titik. Terlebih, ke   akan menjadi titik lalu lalang pejalan kaki
           sepanjang terowongan tersebut.     depan akan ada moda transportasi   terpadat di Jakarta. Pasalnya,  penump-
              Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswe-  baru melintasi Dukuh Atas, yakni kereta   ang MRT sendiri diperkirakan mencapai
           dan mengatakan alat transportasi yang   ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Ja-  82.615 orang setiap hari. Lalu, penump-
           dimiliki setiap orang adalah kaki. Untuk   karta dan LRT Jabodetabek.  ang kereta Commuterline yang naik-tu-
           itu, pihaknya akan memperbanyak pe-   “Alhamdulillah, kita memasuki fase   run di stasiun Sudirman bisa mencapai
           nyediaan pedestrian yang nyaman bagi   baru untuk mendorong integrasi antar   sebanyak 193.000 penumpang.   gro

          Foto-foto Media Jaya/Safran. H






















           Pejalan kaki yang melintas di terowongan jalan Kendal sedang mengabadikan desain yang artistik dengan pencahayaan dinding yang dapat berganti  warna setiap menit secara otomatis.

                         Terowongan Kendal di Jl.   Fasilitas:              Transportasi Yang Terintegrasi:
                         Tanjung Karang-Jl. Jenderal   1. Track Pejalan Kaki Luas  1.MRT Jakarta  5. LRT Jakarta (rencana)
                         Sudirman, Jakarta Pusat.   2. Track Disabilitas   2.Kereta Commuter Line  6. LRT Jabodetabek
                                                    3. Lampu Sorot Artistik  3.Kereta Bandara Rail Link  (rencana)
                         Panjang: 6,5 Meter         4. Spot air siap minum  4.BRT Transjakarta.
                         Lebar: 8 meter













                                                                                                    Infografis/Tommy Kusuma
                                                                                      Media Jaya Edisi 5 2019  19
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24