Page 19 - MJ Edisi 5 2019
P. 19
INFRASTRUKTUR
larang melintasi terowongan Kendal. warga Ibu Kota, termasuk Terowongan moda transportasi. Kata kunci yang har-
Jalur ini hanya bisa dilewati pejalan kaki. Kendal. us selalu kita pegang adalah bagaimana
Dalam hal ini, Dinas Perhubungan DKI Dia meresmikan terowongan itu seb- transportasi umum yang tersedia di Ja-
Jakarta telah memberlakukan sistem agai bagian kawasan TOD Dukuh Atas. karta terintegrasi satu sama lain seper-
satu arah blok Tanjung karang (kuadran Kawasan terintegrasi Dukuh Atas ini ti jaringan saluran darah di dalam tubuh
utara-barat), blok Jalan Blora (kuadran telah menjadi titik penghubung berb- kita,” kata Anies.
utara-timur), dan blok Landmark-BNI. agai moda transportasi umum massal, Dia berharap, kawasan ini akan
Sebelumya, terowongan ini banyak antara lain Moda Raya Terpadu (MRT) menggambarkan visi yang sama bagi
dilintasi pengguna kendaraan bermotor Jakarta, Kereta Commuter Line, Kereta semua pihak yang terlibat. Yaitu terinte-
dari arah Blora-Tanjung Karang atau se- Bandara Rail Link, dan Bus Rapid Transit grasi, nyaman, dan memudahkan bagi
baliknya. Namun, jalur yang persis bera- (BRT) Transjakarta. masyarakat. Untuk itu, Pemprov DKI Ja-
da di bawah Jalan Sudirman itu banyak Menjadi titik mobilitas warga yang karta berusaha menyediakan fasilitas
menuai masalah. Mulai dari semrawut- cukup tinggi, Pemerintah Provinsi DKI nyaman bagi pejalan kaki.
nya pedagang kaki lima hingga pen- Jakarta pun menyiapkan spot air siap Kawasan Dukuh Atas diperkirakan
gendara ojek online yang mangkal di minum di beberapa titik. Terlebih, ke akan menjadi titik lalu lalang pejalan kaki
sepanjang terowongan tersebut. depan akan ada moda transportasi terpadat di Jakarta. Pasalnya, penump-
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswe- baru melintasi Dukuh Atas, yakni kereta ang MRT sendiri diperkirakan mencapai
dan mengatakan alat transportasi yang ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Ja- 82.615 orang setiap hari. Lalu, penump-
dimiliki setiap orang adalah kaki. Untuk karta dan LRT Jabodetabek. ang kereta Commuterline yang naik-tu-
itu, pihaknya akan memperbanyak pe- “Alhamdulillah, kita memasuki fase run di stasiun Sudirman bisa mencapai
nyediaan pedestrian yang nyaman bagi baru untuk mendorong integrasi antar sebanyak 193.000 penumpang. gro
Foto-foto Media Jaya/Safran. H
Pejalan kaki yang melintas di terowongan jalan Kendal sedang mengabadikan desain yang artistik dengan pencahayaan dinding yang dapat berganti warna setiap menit secara otomatis.
Terowongan Kendal di Jl. Fasilitas: Transportasi Yang Terintegrasi:
Tanjung Karang-Jl. Jenderal 1. Track Pejalan Kaki Luas 1.MRT Jakarta 5. LRT Jakarta (rencana)
Sudirman, Jakarta Pusat. 2. Track Disabilitas 2.Kereta Commuter Line 6. LRT Jabodetabek
3. Lampu Sorot Artistik 3.Kereta Bandara Rail Link (rencana)
Panjang: 6,5 Meter 4. Spot air siap minum 4.BRT Transjakarta.
Lebar: 8 meter
Infografis/Tommy Kusuma
Media Jaya Edisi 5 2019 19