Page 25 - MJ Edisi 4 2019
P. 25

JAKARTA SEJAHTERA














                                                                                 ini pasukan damkar,” kata Nirwono sewaktu
                                                                                 dihubungi MJ.
                                                                                    Nirwono menambahkan, penangan-
                                                                                 an kebakaran tetap menjadi tugas uta-
                                                                                 ma. Namun kejadian kebakaran tidak
           tasan dengan Bekasi, masih banyak warga   Amerika Serikat dan China, petugas dam-  setiap hari dan jangan sampai terjadi.
           Bekasi yang telepon Damkar Jakarta Timur   kar memang merangkap sebagai petugas   Waktu-waktu luang yang tersedia itu lah
           tetap kami layani. Tapi kami tentu selalu   pelayanan masyarakat seperti yang dilaku-  yang kemudian dapat digunakan untuk
           koordinasi dengan Damkar Bekasi.”      kan Damkar DKI Jakarta.        melayani masyarakat seperti memban-
              Secara terpisah, menurut pengamat   “Karena itu kejadian yang justru terjadi   tu menangkap ular, menurunkan kucing
           tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono   sehari-hari dialami masyarakat dan mem-  dari atas pohon dan mengeluarkan anak
           Joga,  kalau di luar negeri seperti Australia,   butuhkan bantuan profesional dalam hal   yang terperosok ke selokan.   yen








           Menangkal Panggilan Nakal



             Muchtar Zakaria, Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Penanggulangan Kebakaran
             dan Penyelamatan DKI Jakarta


               ayanan publik yang menyediakan nomor   dari  penyampaian  informasi  pelapor.    “Jadi   Timur awal April 2019 lalu.
               telepon darurat tidak luput dari oknum   harus teliti & detail. Kita punya response   Kendati demikian, lanjut dia, masih ada saja
           Lmasyarakat yang iseng minta bantuan.   time 15 menit sampai di TKP, sehingga harus   panggilan palsu yang berhasil mengelabui petu-
           Termasuk call center Pemadam Kebakaran (Dam-  cepat,” sergah Fadjar.  gas damkar. “Pernah ada permintaan untuk me-
           kar) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.  Untuk meminimalisir panggilan fiktif, petu-  madamkan api dari warga. Pada waktu itu san-
              Menurut Kepala Bidang Penyelamatan Dinas   gas SCC punya kiat khusus untuk menangkal-  gat menyakinkan. Ketika petugas meluncur ke
           Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan   nya yakni selalu cross check dengan pemoho-  TKP, ternyata tidak ada kebakaran. Di hari yang
           DKI Jakarta, Muchtar Zakaria, sejauh ini telepon   nnya. “Jadi kalau terima panggilan, kita ngga   berbeda, benar, di sana itu terjadi kebakaran,”
           iseng sudah jauh berkurang. Namun memang   langsung meluncurkan unit. Tapi telepon balik   terang Muchtar.
           sesekali masih ada saja panggilan palsu yang   ke pemohonnya. Kecuali, banyak panggilan tele-  Muchtar pun menghimbau masyarakat un-
           menyasar nomor telepon siaga Damkar.  pon yang masuk, bisa dipastikan positif,” kata   tuk tidak lagi bermain-main dengan call center
              Salah satu petugas Sub Command Center   Fadjar.                    damkar. Apalagi, bercanda dengan musibah.
           (SCC) Damkar Jakarta Timur, Fadjar Eri Setiadji   Menurut Muchtar, petugas SCC pun sudah   “Jangan sampai kejadian itu terulang. Becanda
           membenarkan pernyataan Muchtar. “Dulu-dulu   terlatih  menggunakan instingnya. “Naluri petu-  terkait musibah khawatir ada yang mengamink-
           memang banyak yang iseng. Ngga siang, ngga   gas penerima telepon sudah terasah. Petugas   an,” kata Muchtar yang juga Pelaksana Tugas Ke-
           malam. Pelakunya, kebanyakan ABG (Anak Baru   sudah terlatih membedakan mana yang asli atau   pala Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta
           Gede) dan anak kecil,” ujar Fadjar sewaktu di-  palsu. Contohnya, yang asli, bicaranya cender-  Timur ini.
           hubungi MJ.                        ung gelagapan, gugup, panik  dan terbata-bata.
              Dijelaskannya, meski pun petugas  SCC   Sebaliknya, yang palsu terlalu tenang untuk
           tidak  terlibat langsung di tempat kejadian   berbicara  musibah,” papar Muchtar sewaktu
           perkara (TKP) tapi merupakan  bagian vital   ditemui MJ di kantor Sub Dinas Damkar, Jakarta




                                                                                      Media Jaya Edisi 4 2019  25
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30