Page 43 - MJ Edisi 02 2019
P. 43

PROFIL USAHA





           pertama saya melalui  made by order,   kendala permodalan untuk mengem-
           dari mulut ke mulut,”kata dia.     bangkan usahanya. Sementara Arie be-
              Range harga untuk barang yang   lum mampu membuka galeri berbayar,
           dibuatnya sangat terjangkau, mulai dari   atau ikut pameran berbayar karena tidak   Media Jaya/Safran. H
           Rp 15.000 hingga Rp 400.000. Pernik-  cukup modal.
           pernik kecil pun dikerjakannya, seperti   “Sekalinya ada pinjaman ya berbun-
           gantungan kunci, tempelan kulkas, juga   ga, dari bank dan itu saya tidak tertarik,
           bros terbuat dari kayu.            khawatirnya  gak mampu bayar, karena
              Hingga  kemudian  Arie  bisa  mengi-  masih pasang surut, kecuali sudah ada
           kutkan  brandnya pameran di Living   pasar yang stabil,” kata dia.
           World Alam Sutra, dalam acara ber-    Sayangnya apresiasi dunia seni ma-
           temakan kebudayaan dan kerajinan   sih sangat kecil. Seperti undangan oleh
           Tangerang  Selatan.  Dari  situlah  pen-  Kementerian Koperasi dan UMKM,atau
           jualan produknya mulai meningkat dan   ikut dalam pameran Inacraft tidak ada
           banyak pesanan yang dikerjakannya.   sertifikat atau piagam yang bisa dibang-
              “Tiap kali HUT Kota Tangerang   gakan. Baru setelah pameran Jackcraft
           Selatan  saya   selalu  diundang   oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,
           pameran,”katanya.                  dapat sertifikat piagam penghargaan.
              Pada 2015 Arie mulai menjajakan
           produknya di Dewan Kerajinan Nasion-
           al Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, dari
           mengikuti pameran, sampai festival ke-
           budayaan. Sejak saat itulah Artrock De-
           sign mulai bergabung menjadi di binaan   Lantaran sulitnya mengembangkan
           Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)   usaha, tidak jarang Arie hanya mampu
           Dinas Perindustrian dan Energi DKI Ja-  makan dengan mie rebus saja. Namun
           karta, Kementerian Perindustrian dan   dia tetap optimistis untuk terus maju
           Pertamina.“Pendapatan kini tiap pam-  dan berkembang hingga sukses di masa
           eran bisa sampai Rp 15 juta,”kata dia.   mendatang.   ros
              Selain pameran, Arie juga menja-                                                             Infografis/Fandy Adam
           jakan produknya di sosial media, dan
           memiliki pelanggan tetap sebagai  re-
           sellernya.  Bahkan
           produknya banyak di-
           beli  oleh  komunitas,
           pecinta musik, hingga
           wisatawan mancaneg-
           ara. Produknya sudah
           dikenal di Malaysia,
           Singapura, Jepang dan
           Amerika Serikat.


           Tantangan
              Tentu tidak mudah
           menjalankan usaha send-
           iri secara mandiri. Mod-
           al  usahanya  bahkan  0
           rupiah, Mengandalkan
           barang-barang bekas
           dan tidak terpakai.
              Bahkan  hingga
           kini, Arie masih ter-



                                                                                      Media Jaya Edisi 2 2019  43
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48