Page 68 - media_jaya_01_2013
P. 68



wisata & budaya






Histori Musik Betawi dalam




Jakarta Baru






Riza Manfaluthi



T
ahun ini, Kota Jakarta berusia 486 pantun berkait dengan iringan musik 

tahun. Sudah tidak muda, hampir gambang. Pergelaran gambang rancag terdiri 
mencapai 5 abad. Kota Jakarta dari tiga bagian, yaitu bagian pembukaan, 

berdiri 22 Juni 1527. Perjalanan panjang lagu hiburan, dan rancag. Setiap pemain 
sudah ditempuh, yang tentunya sudah tidak hanya harus pintar menyanyi tetapi 

tertempa oleh lamanya waktu dan kelok juga harus pintar berpantun serta hafal jalan 
liku pengalaman yang sudah teruji sejarah. cerita yang dibawakan.

Kini Jakarta tegak berdiri sebagai kota 
paling gagah, modern, dan mungkin paling 3. Gamelan Ajeng

dewasa. Sehingga, kita sebagai warga Jakarta Merupakan musik folklor Betawi 
bisa berkata lantang bahwa kita paling yang mendapat pengaruh dari musik gambang kromong

terbuka, dan siap menerima perbedaan. Sunda. Alat musik gamelan ajeng terdiri sebagai identitas budaya dan kesenian yang 
Perwujudan semua itu, Jakarta menjadi kota dari kromong sepuluh pencin, terompet, lain lagi dengan bahasa Melayu dan Portugis 

yang heterogen, multietnis, multikultur, gendang, dua saron, bende, cemes, kecrek, sebagai komunikasi antar penduduk. Ini 
multibahasa, multikepercayaan, dan lain- kadang juga dilengkapi dua gong laki dan menjadikan Jakarta sebagai melting pot 

lain.
gong perempuan. Biasanya digunakan kebudayaan dan kesenian dari berbagai 
Sesuai letaknya di bandar yang untuk memeriahkan hajatan khitanan dan 
penjuru dunia dan nusantara. Pendatang 
strategis antara pelbagai pulau di Nusantara, perkawinan.
atau penghuni baru ini kemudian saling 
dan dalam hubungan dengan negara
memengaruhi, melebur dan menjadi 
lain, memungkinkan Kota Jakarta cepat 4. Gamelan Topeng
identitas baru masyarakat Betawi atau orang 
berkembang. Jakarta menjadi muara dari Gamelan topeng digunakan untuk 
Betawi. Pengaruh atau hasil leburan tradisi 
mengalirnya pendatang baru dari pelbagai mengiringi topeng Betawi, merupakan dan kultur itu bisa muncul dalam bentuk 
kota di Nusantara dan dunia.
penyederhanaan dari gamelan lengkap 
seni musik. Juga dalam seni lainnya yang tak 
Etnik Betawi diduga sebagai terdiri dari: rebab, sepasang gendang besar mungkin terhendarkan, baik dari budaya 
dan kecil, ancang kenong berpencong tiga, 
penduduk yang paling awal mendiami Eropa, Cina, Arab, Melayu, Sunda dan 
kawasan Jakarta sejak abad ke-2. Dalam kecrek, kempul yang digantung, dan sebuah lain-lain.

buku Penelusuran Sejarah Jawa Barat (Dinas gong tahang atau gong angkong. Gamelan Beberap pengaruh pada msusik etnis 
Kebudayaan Jawa Barat, 1984) disebutkan topeng bisa dibawa berkeliling terutama ini antara lain

sebuah kerajaan bernama Salakanagara yang pada saat perayaan tahun baru masehi atau 1. Gambang Kromong
didirikan oleh Aki Tirem berdiri di tepi imlek.
Nama gambang kromong diambil

Sungai Warakas, Jakarta Utara. Aki Tirem dari alat musik gambang dan kromong. 
mengangkat menantunya Dewawarman 5. Keroncong Tugu
Merupakan perpaduan unsur pribumi dan 

menjadi raja.
Keroncong tugu dahulu disebut Cina. Unsur pribumi seperti gong, kempul, 
Seorang pelawat Tiongkok bernama Cafrinho Tugu. Orang keturunan Portugis gendang, gong enam, kecrek, dan ningnong. 

Fa Shien pada abad ke-5 mencatat kegiatan (Mestizo) telah memainkan musik ini
Unsur Cina seperti tehyan, kongahyan, dan 
komunitas masyarakat yang mendiami dari tahun 1661. Pengaruh Portugis dapat sukong. Pada awalnya memang merupakan 

daerah aliran sungai Ciliwung. Merekalah diketahui dari jenis irama lagunya seperti musik Cina peranakan, namun pada awal 
yang kemudian dikenal sebagai manusia Moresko, Frounga, Kafrinyo, dan Nina abad ke-20 mulai diciptakan lagu dalam 

Proto Melayu Betawi.
Bobo. Keroncong Tugu berirama lebih cepat bahasa Betawi.
Jakarta kemudian dihuni oleh orang daripada keroncong pada umumnya. Irama 

Sunda, Jawa, Bali, Maluku, Melayu, dan yang lebih cepat disebabkan alat musik 2. Gambang Rancag
dari daerah lain seperti Cina, Belanda, ukulele sementara keroncong Solo dan Gambang rancag disebut sebagai 

Arab, dan Portugis. Mereka membawa adat Yogya berirama lebih lambat. Keroncong pertunjukan musik sekaligus teater bahkan 
istiadat serta tradisi budaya yang melebur
tugu dimainkan oleh 3 sampai 4 orang pada
sastra. Cerita yang dibawakan berupa


Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2013



   66   67   68   69   70