Page 69 - media_jaya_01_2013
P. 69






















gamelan ajeng
kroncong tugu




awalnya dengan hanya tiga buah gitar, tapi d. Rebana Maulid
berkembang dengan penambahan suling, e. Rebana Hadroh

biola, rebana, mandolin, cello, kempul dan f. Rebana Dor
triangle.
g. Rebana Kasidah

h. Rebana Maukhid
6. Tanjidor
i. Rebana Burdah

Musik tanjidor diduga berasal dari 
bangsa Portugis yang datang ke Betawi pada 9. Orkes Gambus
tanjidor
abad ke-14 sampai 16. Ahli musik dari Dahulu dikenal dengan irama padang 
Belanda bernama Ernst Heinz mengatakan pasir, pada tahun 1940-an. Tanpa gambus 

tanjidor asalnya dari musik yang dimainkan pada pesta perkawinan atau khitanan terasa 
oleh para budak pada masa kolonial. Alat kurang meriah. Peralatan musik gambus 

musik yang digunakan: klarinet, piston, bervariasi tetapi yang baku terdiri dari 
trombon, tenor, bas, terompet, bas, drum, gambus, biola, dumbuk, suling, organ,

tambur, simbal, dan lain-lain.
atau akordion, dan marawis. Awalnya 
oerkes gambus dibawakan dengan lagu

7. Orkes Samrah
syair berbahasa Arab, untuk mengiringi 
Samrah telah berkembang di Jakarta tarian Japin biasanya ditarikan oleh laki-laki 

sejak abad ke-17 asal dari Melayu. Kata berpasangan.
samrah berasal dari kata samarokh ayang 
Orkes Samrah
yang artinya berkumpul atau pesta.
10. Sampyong
Dalam kesenian Betawi, samrah menjadi Sebagai orkes tanpa laras, sampyong 

orkes samrah dan tonil samrah, serta tari merupakan musik rakyat Betawi pinggiran 
samrah. Orkes samrah adalah ansabel yang sederhana daripada musik Betawi 

musik Betawi. Instrumen musiknya antara lainnya. Diambil dari nama salah satu alat 
lain harmonium, biola, gitar, string bas, musik, yaitu sampyong semacam kordofan 

tambourin, marakas, banyo, dan bas betot.
bambu berdawai dua utas.


8. Rebana
11. Marawis
Rebana merupakan kesenian yang Marawis adalah salah satu jenis ‘band 

cukup populer di Jakarta yang berasal
tepok’ dengan perkusi sebagai alat musik 
dari bahasa Arab Robbana (Tuhan kami), utama. Ada tiga jenis pertama perkusi Orkes gambus

sebutan ini muncul karena musik ini sering rebana, kadang tertutup dan papan tepok.
muncul mengiringi lagu bernafaskan Islam. Pelbagai seni Betawi tersebut hingga 

Berdasarkan jenis alat, sumber syairnya, kini masih ada, meski diantara seni-seni 
wilayah penyebarannya dan latar belakang itu perkembangannya tidak seperti yang 

sosial pendukungnya, Rebana Betawi terdiri diharapkan. Ibarat pepatah, hidup segan 
beberapa nama dengan bentuk ukuran
mati tak hendak. Namun para pemerhati, 

dan fungsi masing-masing yang digunakan pecinta, utamanya tokoh Betawi tentu 

dalam suatu kegiatan seni/tradisi maupun terus berupaya melestarikannya, dan 
keagamaan, antara lain meliputi:
mengembangkannya dalam nafas Jakarta 

a. Rebana Biang
Baru yang ingin menguatkan identitas 
b. Rebana Ketimpring Betawi di Buminya sendiri.
marawis
c. Rebana Ngarak
Dirgahayu Kota Jakarta. ***


Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2013
69



   67   68   69   70   71