Page 19 - Media Jaya Edisi 12 2019
P. 19
INFRASTRUKTUR
Kami sedang
kembangkan TOD di
kawasan Dukuh Atas,
Senayan, Fatmawati,
Lebak Bulus, dan Blok
M. Diharapkan dapat
mengurai kemacetan di
Jakarta”
Afan Adriansyah Idris,
Kepala Biro Penataan
Kota dan Lingkungan
Hidup DKI Jakarta.
tinggi terhadap angkutan umum massal. sendirinya akan teratasi. “Singkatnya Transit Oriented Development
Strukrur ruang kawasan TOD Dukuh ruangnya di tata angkutan umumnya (TOD)
atas sendiri membentang dari Grand laku,”kata Edi Nursalam.
Hyatt sampai Dukuh Atas yang akan Edi juga memberikan saran bahwa
melintasi wilayah Tanah Abang menuju kawasan Dukuh Atas dijadikan TOD per-
Waduk Melati. Sesuai keinginan Guber- contohan. Sebab, BPTJ yakin dari seki-
nur DKI Jakarta Anies Baswedan pena- an banyak pemerintah provinsi (Pem-
taan ini akan berkeadilan. Konsep hu- prov) , Pemprov DKI Jakarta memiliki
nian menengah ke bawah juga akan di peluang besar karena DKI sudah memi-
laksanakan Pemerintag Provinsi DKI Ja- liki simpul angkutan massal, sudah ada
karta. Moda Raya Terpadu( MRT) , Commuter-
Di kawasan TOD Dukuh Atas sendiri line, Transjakarta, dan yang akan segera
ada sebanyak 200 unit hunian yang akan melintas di TOD adalah Lintas Rel Ter- Manfaat:
tersedia. Sedangkan potensi hunian ter- padu (LRT).
jangkau itu diperkirakan akan tumbuh. Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi 1. Mengurangi Kemacetan.
Total dikisaran 50.000 hunian tersedia di DKI Jakarta, Joko Adianto mengung- 2. Integrasi Antar Moda.
seluruh kawasan TOD Jakarta. kapkan untuk mengurai kemacetan di 3. Integrasi Hunian.
Jakarta ini banyak cara yang harus di-
Jadi Percontohan lakukan. TOD salah satu cara. Persoalan 4. Peningkatan Jumlah Pengguna
Transportasi.
efektif tidaknya, tergantung bagaimana
Badan Pengelola Transportasi Ja- volumenya, apakah bisa dikurangi atau 5. Mengurangi Penggunaan
bodetabek (BPTJ) telah mengeluar- tidak. Karena itu pengembangan TOD Kendaraan Pribadi
kan rekomendasi teknis mengenai as- ini terkait dengan banyak sektor. Un- Intergrasi Tranportasi:
pek transportasi dalam TOD, yaitu TOD tuk itu diperlukan koordinasi lintas pe-
Dukuh Atas Jakarta, TOD Gunung Putri mangku kepentingan. 1. MRT
Bogor, TOD Rawabuntu Tangerang dan Justru yang perlu diingat kata Joko,
TOD Jatimulya Bekasi. masyarakat juga dapat lebih mudah un- 2. Kereta Commuterline Indonesia
Direktur Prasarana Badan Penge- tuk menjangkau lokasi yang diinginkan (KCI)
lola Transportasi Jabodetabek, Edi karena transportasi sudah saling terinte- 3. Kereta Bandara
Nursalam, mengungkapkan TOD ini grasi dan pada akhirnya efisiensi struk-
menggabungkan ruang yang terta- tur ruang dan pengembangan kota yang 4. LRT
ta. Bila ruangnya ditata permasalahan berkelanjutan dapat terwujud dengan 5. Transjakarta.
transportasi seperti kemacetan dengan baik. gro
Infografis/Fandy Adam
Media Jaya Edisi 12 2019 19