Page 10 - MJ Edisi 3 2019
P. 10
LAPORAN UTAMA
Foto-foto Media Jaya/Safran. H
Tak Perlu Takut nomor 081317617626.
Pengaduan pun bisa dilakukan den-
Melapor gan menghubungi layanan Jakarta Sia-
ga 112 milik Badan Penanggulangan
Bencana Daerah (BPBD) 112. Layanan
itu akan menghubungkan konsumen ke
UPT P2TP2A.
“Begitu telepon masuk, enggak
sampai satu menit langsung dialihkan
Segera laporkan jika melihat ke P2TP2A dan kepolisian untuk segera
atau mengalami tindak kekerasan. ditangani,” ujar Kepala UPT P2TP2A Sil-
Pelaporan dapat dilakukan ke hotline via.
pengaduan di nomor telepon 081317617626 Cara lain, masyarakat bisa datang
atau layanan Jakarta Siaga 112. langsung ke kantor layanan seperti yang
disebutkan di atas atau melalui rujukan
kepolisian. Masyarakat yang melakukan
pengaduan baik secara langsung atau
melalui hotline terlebih dulu dimintai
keterangan terhadap masalah yang di-
hadapi.
ak perlu bingung jika ingin melapor- “Yang paling penting adalah apa
kan kasus kekerasan di sekitar Anda. yang menjadi kebutuhan pelapor. UPT
TBagi warga Jakarta, Anda bisa lang- P2TP2A kan mendampingi hingga sele-
sung ke Dinas Pemberdayaan, Perlindun- sai,” kata Silvia.
gan Anak, dan Pengendalian Penduduk Menurut dia, tidak sedikit pelapor
(PPAPP) DKI Jakarta. Lokasinya di Jalan atau korban yang datang hanya untuk
Raya Bekasi Timur Km 18 Pulo Gadung, Ja- mengadu masalah yang sedang dihada-
karta Timur. pi, baik berupa konseling atau mediasi.
Melalui DPPAPP, Pemprov DKI telah Namun, ada pula tindak pidana yang di-
membentuk unit khusus, yaitu unit lakukan korban, sehingga membutuh-
pelaksana teknis (UPT) Pusat Pelayanan kan penanganan serius secara psikologi,
Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan maupun medis.
Anak (P2TP2A).
UPT tersebut melayani seluruh pen- Banyak Ahli
gaduan masyarakat mengenai kekerasan
terhadap perempuan dan anak. Keluar- Silvia mengatakan, jumlah korban
ga, kerabat, bahkan korban kekerasan kekerasan terhadap perempuan dan
bisa melaporkan kasusnya. anak di DKI Jakarta cukup tinggi. Dalam
Dalam melayani pengaduan, P2T- catatan UPT P2TP2A, angkanya menca-
P2A membuka fasilitas layanan 24 jam pai 1.769 kasus sepanjang 2018.
setiap hari. Masyarakat bisa menggu- Untuk itu, pihaknya mengerahkan 94
nakan tiga cara untuk mengadukan tin- tenaga ahli hak asasi manusia, psikolo-
dak kekerasan yang dilihat atau diala- gis klinis, advokat, tim legal, konselor,
minya melalui hotline pengaduan ke manajer kasus, tim data, dan pendamp-
10 Media Jaya Edisi 3 2019