Page 8 - MJ Edisi 02 2019
P. 8

LAPORAN UTAMA








           Jalan Panjang MRT Jakarta




           Melewati berbagai masa kepemimpinan hingga nyaris gagal karena badai di penghujung era 90an, proyek
           prestisius kini mengukir sejarahnya tersendiri. Indonesia menjadi negara keempat di Asia Tenggara yang suk-
           ses membangun jaringan moda transportasi massal ini. Warga Jakarta pun patut bersenang dan berbangga
           diri.




                 erita tentang MRT Jakarta hari ini   kasi Informasi dan Statistik, DKI Jakarta.   dua tahun, Pemprov bersama pemer-
                 adalah cerita panjang yang dim-  Rilis ini sekaligus memberikan gamba-  intah pusat mulai menggagas rencana
           Culai sejak berpuluh tahun silam.    ran bagi warga untuk merunut kembali   umum (master plan) pertama untuk me-
           Sebuah impian untuk menghidupkan   masa demi masa perjalanan MRT Jakar-  ningkatkan  jalur kereta  api yang sudah
           dan meningkatkan kembali jaringan per-  ta yang segera akan membelah ruang-  ada sejak 1850an ini. Master plan ini
           kreta  apian  warisan  pemerintahan  Hin-  ruang bawah tanah  ibukota.  mencakup rencana menyambungkan
           dia Belanda yang melintasi Jakarta atau   Di awal era 70an, ide besar pem-  jalur kereta lama dengan wilayah sekitar
           Batavia pada masa itu.             bangunan MRT sebenarnya sudah mu-  Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang,
              Jauh sebelum resmi dioperasikan   lai digaungkan oleh Pemerintah Provinsi   dan Bekasi (Jabodetabek).
           untuk publik pada 24 Maret 2019, de-  DKI Jakarta. Tepatnya antara kurun wak-  Panjangnya  perencanaan  pemban-
           til perjalanan panjang lahir dan berop-  tu 1971 hingga 1973. Saat itu, lebih pada   gunan MRT bukan tanpa sebab. Ber-
           erasinya MRT Jakarta dijabarkan dalam   bagaimana meningkatkan jalur kereta   bagai studi kelayakan dan kajian harus
           rilis yang dikemas oleh Dinas Komuni-  api yang diwariskan Belanda. Selama   dilakukan, bahkan melewati beberapa
                                                                                 periode Gubernur DKI Jakarta. Studi
                              KERJA  BERSAMA  WUJUDKAN                           kelayakan itu diperlukan untuk menen-
                              KERJA  BERSAMA  WUJUDKAN
                                   MRT JAKARTA
                                   MRT JAKARTA                                   tukan skema pembiayaannya dengan
                                                                                 melihat kemampuan, baik Pemerintah
                                                                                 Pusat maupun Pemerintah Daerah. Se-
                      1                                                          lain  itu,  diperlukan  proses  penetapan
                         Menteri Riset dan Teknologi  2  Gubernur Soerjadi Soedirdja  jalur, dampak lingkungan, dan pembe-
                         B.J Habibie                                             basan lahan yang sangat menentukan
                                                          1995 - Membentuk Unit Manajemen
                          1995 - Meminta Gubernur DKI Jakarta   Proyek Sistem Angkutan Umum Massal   dalam masa pembangunan, serta men-
                          untuk melakukan penyusunan desain   Jakarta (UMP Saumaja) melalui SK
                          dasar proyek MRT Blok M-Kota    Nomor 413/1995.
                          dengan konsep kerjasama pemerintah                     jadi faktor kunci kelayakan dalam pem-
                          swasta.
                                                                                 biayaannya.
                                                                                    Tahun 1971, pemerintah mulai meng-
                                                                                 gagas pembuatan master plan  atau ren-
                       3  gubernur sutiyoso                                      cana umum peningkatan jalur kereta api
                          1999 - Memulai kembali rencana   4  presiden republik indonesia
                          pembangunan MRT. Departemen                            Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Beka-
                          Perhubungan mengulas desain dasar   susilo bambang yudhoyono
                          dan mengusulkan agar proyek tersebut                   si (Jabodetabek) ini digagas pemerin-
                          menjadi proyek pemerintah. Namun   2005 - Menegaskan bahwa proyek
                          usulan tersebut terkendala pendanaan.  MRT Jakarta adalah proyek nasional.  tah bersama Lembaga Kerja Sama Tek-
                          2006 - Persetujuan pembiayaan
                          (loan agreement) proyek MRT                            nis Jerman Gesellschaft für Technische
                          koridor Selatan Utara fase I
                          ditandatangani Gubernur JIBC                           Zusammenarbeit (GTZ). Rencana umum
                          Kyosuke Shinozawa dan Dubes
                                                                                 ini ditindaklanjuti oleh Japan Interna-
                          RI untuk Jepang Yusuf Anwar.
                                                                                 tional  Cooperation  Agency  (JICA)  den-
                          5  gubernur fauzi bowo                                 gan menyusun Urban/Suburban Railway
                              2007 - Mendorong revisi terhadap Undang-Undang   2010 - Memulai pengerjaan desain
                              Nomor 13 Tahun 1992 tentang Perkeretaapian   dasar MRT.   Transportation in Jabotabek Area Mas-
                              menjadi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007.
                                                       2011 - Melaksanakan tender/lelang
                              2008 - 1) PT MRT Jakarta akhirnya dapat resmi   konstruksi MRT fase I.  ter Plan yang kemudian dikenal sebagai
                              berdiri pada 17 Juni 2008; 2) menandatangani
                              Aide Memoar studi perpanjangan koridor MRT   2012 - Melaksanakan pencanangan   Master Plan KA Jabotabek 2002.
                              Selatan-Utara fase Dukuh Atas-Kota-Kampung   pertama MRT fase I koridor
                              Bandan.                  Selatan-Utara, Lebak Bulus-Bundaran HI
                                                       sepanjang 15,7 kilometer.    Dalam rencana umum terkonsolidasi
                              2009 - Menandatangani naskah
                              perjanjian penerusan hibah proyek                  yang disepakati Bappenas, Kementerian
                              MRT.
           8    Media Jaya Edisi 2 2019
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13