Page 13 - MJ Edisi 02 2019
P. 13

LAPORAN UTAMA
                                                                                              LAPORAN UTAMA



           Balaraja sepanjang 87 km.

           Ada 7 Stasiun

              Ada tujuh stasiun yang akan di ban-
           gun di sepanjang rute Bundaran HI
           –  Kampung  Bandan,  yakni  Sarinah-Mo-
           nas-Harmoni-Sawah  Besar-Mangga  Besar-
           Glodok-Kota. Pembangunannya akan di-
           lakukan di bawah tanah. Sementara total
           anggaran yang sudah disiapkan untuk
           MRT fase II ini  mencapai Rp 25 trilliun.
              Dana tersebut  merupakan pinjaman
           dari Japan International Cooperation
           Agency (JICA). Pinjaman tahap pertama
           sebesar Rp 9,4 triliun selama empat pu-
           luh tahun, termasuk grace periode atau
           tenggang waktu dua belas tahun sejak
           penandatanganan perjanjian pinjaman.       Salahsatu halte MRT dengan ornamen kereta MRT.
              Masih terkait dengan pendanaan,
           MRT Fase II,  DPRD DKI Jakarta juga                            Fase II MRT
           telah menyetujui perubahan peraturan                                                         Dari Bundaran HI ke
                                                                                                        Kampung Bandan
           daerah No. 7 tahun 2013 tentang pe-
           rubahan atas peraturan daerah nomor                                                          Jarak Tempuh 8,3 km
           3 tahun 2008 tentang pembentukan
           BUMD PT MRT Jakarta. Perubahan Per-                                                          Ada 7 stasiun :
           da itu perlu dilakukan guna menunjang                                                        - Stasiun Sarinah
                                                                                                        - Stasiun Monas
           pendanaan MRT yang lebih baik. Sebab,                                                        - Stasiun Harmoni
           dalam Perda No 7 tahun 2013, PT MRT                                                          - Stasiun Sawah Besar
                                                                                                        - Stasiun Mangga Besar
           Jakarta hanya berhak memperoleh mod-                  mrt jakarta                            - Stasiun Glodok
           al sebesar Rp 14,659 triliun sesuai nilai                                     mrt jakarta    - Stasiun Kota
           pinjaman proyek fase pertama. Setelah
           ada perubahan Perda, PT MRT Jakarta                                                          Nilai Proyek MRT Fase II
           berhak  memperoleh  modal  hingga  Rp                                                        mencapai Rp 25 triliun
           40, 757 triliun.                                                                             Dapat Pinjaman tahap
              Tak hanya  kepastian dana yang su-                                                        pertama dari JICA sebesar
                                                                                                        70,21 yen / Rp 9,4 triliun
           dah dikantongi, William mengaku siap
           melakukan pembangunan tahap kedua
           ini sebab telah melakukan kontrak den-
           gan kontraktor untuk  groundbreaking.   Trocon Indah Perkasa.         hanya  terkendala  izin  kawasan  Monas,
           Proses  tersebut  rencananya  akan  ber-                              pembangunan MRT Fase II juga ma-
           barengan dengan peresmian oprasional   Masih Terkendala Izin          sih terhambat dengan penetapan depo
           MRT fase 1 pada akhir Maret.                                          yang tak kunjung menemui titik terang.
              “Ada enam paket kontrak di fase 2   Salah satu yang menjadi kendala   Ada dua lokasi yang menjadi alternatif
           yaitu CP 201 untuk Stasiun Sarinah dan   pembangunan MRT fase II adalah soal   pembangunan depo MRT fase II, yakni
           Monas; CP 202 untuk Stasiun Harmo-  perijinan lahan di kawasan Monumen   Taman Bersih Manusiawi Wibawa (BMW)
           ni, Sawah Besar, dan Mangga Besar;   Nasional (Monas). Pasalnya MRT fase II   di kawasan  Tanjung Priok atau di  ka-
           CP 203 untuk Stasiun Glodok dan Sta-  ini akan melintasi bawah tanah sepan-  wasan Ancol.
           siun Kota; CP 204 untuk Stasiun dan   jang jalan Medan Merdeka Barat, terma-
           Depo Kampung Bandan; CP 205 un-    suk Monas. Lahan ini diperlukan untuk
           tuk sistem perkeretaapian; serta CP 206   membangun gardu distribusi listrik atau
           untuk kereta,” kata William. Adapun,   Receiving Substation (RSS). Sementa-
           pemenang tender pelaksana  ground-  ra penggunaan lahan ini membutuhkan
           breaking  sendiri akan dilakukan oleh PT   rekomendasi langsung dari istanaTidak                   ros



                                                                                      Media Jaya Edisi 2 2019  13
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18