Page 22 - Media Jaya Edisi 5 2020
P. 22
LAPORAN UTAMA khusus untuk orang tua. Kami men- gas sekolah di rumah. rus memberikan laporan kepada gu-
runya mengenai kegiatan belajar di
Radit masih duduk dibangku kelas
gundang pendongeng. Waktu itu, me-
tiga SDN 09 Pagi, Petukangan Utara,
rumah. Bahkan, sang guru membuat
mang sudah mulai dibatasi pesertan-
ya,” terangnya.
Jakarta Selatan. Sudah dua bulan ia
grup WhatsApp khusus untuk orang
belajar di rumah. “Sudah belajar on-
Tak hanya itu, kegiatan seni per-
tua murid agar komunikasi dapat ber-
tunjukan untuk murid-murid yang di-
line di rumah karena sekolah ditutup
jalan dengan baik.
lakukan setiap enam bulan sekali pun
“Ada peran orang tua juga seperti
memantau anak belajar, terkadang is-
harus dihentikan. Padahal, mereka
lau sang anak sedang mengerjakan
tri saya ikut bantu mengajar anak,”
telah mempersiapkan acara tersebut sejak Maret lalu. Saya jadi lebih sering kita harus kasih laporan ke guru ka-
seperti jadwal hingga lokasi acara. katanya. PR. Bisa melalui foto atau video. Lalu,
“Kami juga menyelenggarakan seni Kegiatan belajar sang anak mulai kami juga harus berperan aktif seb-
pertunjukan untuk para murid-murid. dilaksanakan pada pukul 08.00 - 12.00 agai orang tua untuk mengajar. Bi-
Tetapi, harus tertunda karena wabah WIB. Sang guru telah mempersiapkan asanya, istri saya yang bantu kalau
Corona ini,” ungkapnya. beberapa tugas untuk dikerjakan anak saya sedang bekerja,” terang Triyono.
yang dibantu oleh orang tua di rumah. Pria yang sehari-hari bekerja se-
Peran Aktif Orang Tua Mereka menggunakan dua sistem bagai wartawan di salah satu media
pembelajaran jarak jauh melalui sal- Ibu Kota ini sadar betul bahwa sang
Tidak hanya guru yang perlu ber- uran televisi dan daring. “Jadi anak anak belum siap menghadapi digital-
adaptasi dengan pembelajaran jarak saya belajar melalui program acara isasi pendidikan. Maklum, Radit ma-
jauh ini. Orang tua juga dituntut untuk pendidikan di TVRI dan online seper- sih duduk dibangku sekolah dasar.
terlibat dalam pembelajaran home ti menggunakan YouTube atau What- Baginya, anak yang masih berusia di
learning ini. Itu pula yang dialami Edi sApp,” jelas Triyono. bawah sepuluh tahun masih memer-
Triyono. Sebelum bekerja, ia meny- Ada beberapa pelajaran seperti lukan interaksi lansung dengan gu-
empatkan untuk memantau anaknya menggambar, olahraga hingga mem- runya. “Menurut saya kurang gereget
Radit yang sedang mengerjakan tu- buat prakarya. Sang orang tua pun ha- belajarnya. Kayak ada yang kurang,”
jelasnya.
22 Lain lagi yang dialami Muham-
mad. Pelajar kelas 12 SMA Barunawa-
ti 1 Jakarta mengaku tidak mengalami
kesulitan dalam kegiatan belajar jarak
jauh. Hanya saja, jaringan internet
saja yang sering terputus membuat
proses belajar menjadi terganggu.
“Terkadang suara hilang atau
gambar tersendat jadi kendala juga,
tetapi tidak sering. Saya biasa komu-
nikasi lewat WhatsApp atau Zoom,”
katanya.
Hal yang sama turut diutarakan
Fahdhilah. Mahasiswa Arsitektur,
Fakultas Teknik Universitas Indone-
sia ini sudah dua bulan melaksanakan
kegiatan belajar jarak jauh di rumah.
Ia mengaku tidak memiliki kenda-
la dalam menggunakan teknologi. Ia
sudah terbiasa menggunakan inter-
net untuk kegiatan belajar. “Saya bi-
asa menggunakan Zoom sejak wabah
Corona ini. Komunikasi lainnya juga
masih pakai WhatsApp. Tugas biasa
dikirim lewat email. Nggak ada ken-
dala sih. Saya cuman kerjakan tugas
dari dosen,” katanya.
has