Page 19 - MJ Edisi 4 2019
P. 19
INFRASTRUKTUR
kota/angkot) dan angkutan umum lain- terintegrasi dengan MRT, LRT dan Com- Rawamangun dengan Stasiun LRT Velo-
nya. muterline. Agung mengatakan, salah satu drome,” jelas Agung.
“Dimaksudkan agar mobilitas ma- integrasi antar moda yang menjadi per- Integrasi halte BRT Transjakarta dan
syarakat dapat terjangkau melalui inte- hatiannya saat ini adalah moda angku- Stasiun MRT di Simpang CSW-Kebayor-
grasi moda transportasi massal,” kata tan umum massal berbasis rel. Sebelum- an Baru, katanya, memiliki pagu anggaran
Anies. nya, Transjakarta telah melakukan integrasi Rp30 miliar. Dia juga mengatakan, Transja-
Direktur Utama Transjakarta Agung dengan operator angkutan perkotaan (bus karta menambah rute baru yang ada kai-
Wicaksono menyampaikan, pelanggan kecil) tahun lalu. “Termasuk integrasi moda tannya dengan integrasi MRT. Rute ini akan
Transjakarta maupun MRT Jakarta yang berbasis rel yang akan dihubungkan den- mengantarkan penumpang ke MRT. Di an-
bergaya hidup aktif bisa menggunak- gan moda berbasis jalan dan kita telah ber- taranya, Pondok Cabe, Cinere, Bintaro, BSD,
an tangga untuk konektivitas antarmoda sinergi dengan MRT, Commuter Line, LRT,” dan Jatijajar.
transportasi. katanya. Direktur Teknik dan Fasilitas PT Transja-
Sedangkan bagi penyandang disabil- Dikatakan Agung, ada empat halte karta Wijanarko mengatakan, pelaksanaan
itas ataupun berkebutuhan khusus, kata Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT. revitalisasi halte itu menelan biaya yang
Agung, bisa memanfaatkan fasilitas lift ke- Yakni Halte Bundaran HI dengan Stasiun beragam. Namun, pihaknya enggan mem-
mudian menggunakan pelican crossing MRT Bundaran HI, Halte Tosari dengan Sta- beberkan besaran biaya itu, karena beber-
untuk integrasi Transjakarta dengan MRT siun MRT Dukuh Atas, Halte CSW Kor 13 apa halte bukan dibiayai oleh Transjakar-
Jakarta. dengan Stasiun MRT Sisingamangaraja dan ta. Seperti halte Cakung itu yang dibangun
Halte Lebak Bulus Kor 8 dengan Stasiun oleh PT Kereta Api Indonesia.
Konsep Terbuka MRT Lebak Bulus. Halte-halte akan didesain dengan “ke-
Untuk Commuter Line, pihaknya akan kinian” seperti JPO yang berada di Gelora
Agung menambahkan, halte Bundar- melakukan integrasi untuk tiga halte Bung Karno (GBK), Halte Polda Metro Jaya
an HI ini menerapkan konsep terbuka den- yakni Halte Tosari Kor 1 dengan Stasiun (PMJ) dan Bundaran Senayan. Kami akan
gan pintu rendah yang cocok dengan iklim Sudirman, Halte Stasiun Klender koridor menyesuaikan tema halte dengan daerah
tropis. Sehingga diharapkan desain ini me- 11 dengan Stasiun Klender, Halte Stasiun tersebut.
nambah kenyamanan dan memberikan Cakung Non MRT dengan Stasiun Cakung. “Yang jelas, harus sesuai standar
pengalaman yang lebih mengesankan bagi Untuk Halte Tosari akan terintegrasi yakni akses terbuka dan lebih mudah.
pelanggan TJ. “Halte Bundaran HI dibangun dengan Stasiun Sudirman yang merupakan Kita upayakan lebih kekinian karena
dengan desain ornamen etnis,” ujarnya. stasiun kereta api bandara Soekarno-Hatta. bagaimana halte yang sudah berumur
Saat ini, akunya, Transjakarta akan “Kami juga membangun integrasi untuk 14 tahun di make over,” ucapnya.
melakukan revitalisasi delapan halte yang stasiun LRT Jakarta yakni Halte Pemuda has
Media Jaya Edisi 4 2019 19