Page 17 - MJ Edisi 4 2019
P. 17
LAPORAN UTAMA
LAYANAN
TRANSCARES
Pertama Operasi : Oktober 2016
Fokus : Warga Disabilitas di DKI Jakarta
Hari Operasional : Senin - Jumat
Waktu Operasional : 07.00 - 16.00 WIB
Armada : 26 Unit Minibus
Pusat Layanan : Pemesanan warga dijemput dan diantarkan
ke lokasi tujuan
Infografis/Arief Setiadi
bus yang sudah ramah disabilitas. Menurut David, jam operasi Trans- Menurut Erawati, bagi warga yang ter-
Setelah sampai di halte tujuan, warga cares hanya pada jam dan hari kerja saja. tarik untuk menggunakan Transcares bisa
akan dijemput armada Transcares lain dan Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00 melakukan pemesanan lebih dulu ke pusat
mengantarkannya sampai titik yang dituju. hingga 16.00 WIB. Di luar jadwal dan layanan 1500-102. Maksimal sehari sebe-
Jika jarak tempuhnya dekat, biasanya akan tanpa pemesanan, Transcares praktis tak lum keberangkatan.
langsung diantarkan ke titik akhir. bisa memberikan layanan. Selain nomor tersebut, pemesan-
“Padahal di luar jam kantor dan akh- an bisa dilakukan melalui pesan sing-
Masih Terbatas ir pekan, warga disabilitas banyak yang kat (SMS) dan WhatsApp di nomor
membutuhkannya,” jelas dia. 08111545001. Setelah pemesanan,
David mengatakan, operasional Kepala Divisi Pelayanan dan Manaje- petugas akan mengatur jadwal penjem-
Transcares sampai saat ini masih terba- men Transjakarta, Erawati Trijatmi, men- putan dan pengantaran.
tas. Selain jumlah armada yang pas-pas- gakui Transcares hadir karena tidak semua
an, jam operasional juga terbatas. Aki- halte busway ramah disabilitas. Kehadi-
batnya, banyak penyandang disabilitas ran Transcares diharapkan bisa menutupi
tetap tidak bisa menikmati layanan se- kekurangan tersebut. “Karena Transjakarta
cara bebas. itu setara buat semua,” jelas Erawati. sam
Media Jaya Edisi 4 2019 17