Page 17 - MJ Edisi 4 2019
P. 17

LAPORAN UTAMA














                                                                                  LAYANAN

                                                                         TRANSCARES









                                            Pertama Operasi    : Oktober 2016
                                            Fokus              : Warga Disabilitas di DKI Jakarta
                                            Hari Operasional    : Senin - Jumat
                                            Waktu Operasional   : 07.00 - 16.00 WIB
                                            Armada             : 26 Unit Minibus
                                            Pusat Layanan      : Pemesanan warga dijemput dan diantarkan
                                                                                         ke lokasi tujuan


















                                                                                                      Infografis/Arief Setiadi

           bus yang sudah ramah disabilitas.     Menurut  David, jam operasi Trans-  Menurut Erawati, bagi warga yang ter-
              Setelah sampai di halte tujuan, warga   cares hanya pada jam dan hari kerja saja.   tarik untuk menggunakan Transcares bisa
           akan dijemput armada Transcares lain dan   Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00   melakukan pemesanan lebih dulu ke pusat
           mengantarkannya sampai titik yang dituju.   hingga 16.00 WIB. Di luar jadwal dan   layanan 1500-102. Maksimal sehari sebe-
           Jika jarak tempuhnya dekat, biasanya akan   tanpa pemesanan, Transcares praktis tak   lum keberangkatan.
           langsung diantarkan ke titik akhir.   bisa memberikan layanan.           Selain nomor tersebut, pemesan-
                                                 “Padahal di luar jam kantor dan akh-  an bisa dilakukan melalui pesan sing-
           Masih Terbatas                     ir pekan, warga disabilitas banyak yang   kat (SMS) dan WhatsApp di nomor
                                              membutuhkannya,” jelas dia.        08111545001.  Setelah  pemesanan,
              David  mengatakan, operasional     Kepala Divisi Pelayanan dan Manaje-  petugas akan mengatur jadwal penjem-
           Transcares sampai saat ini masih terba-  men Transjakarta, Erawati Trijatmi, men-  putan dan pengantaran.
           tas. Selain jumlah armada yang pas-pas-  gakui Transcares hadir karena tidak semua
           an, jam operasional juga terbatas. Aki-  halte busway ramah disabilitas. Kehadi-
           batnya, banyak penyandang disabilitas   ran Transcares diharapkan bisa menutupi
           tetap tidak bisa menikmati  layanan se-  kekurangan tersebut. “Karena Transjakarta
           cara bebas.                        itu setara buat semua,” jelas Erawati.                          sam



                                                                                      Media Jaya Edisi 4 2019  17
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22