Page 31 - MJ Edisi 02 2019
P. 31
BUMD
erlebih, MRT Jakarta dengan tasi yang terintegrasi (integrasi rute, gub). Dalam waktu dekat, Pergub ini di-
rute Lebak Bulus-Bundaran Ho- manajemen, dan pembayaran), menja- targetkan bisa rampung dan kartu digu-
Ttel Indonesia (HI) telah beroperasi dikan layanan transportasi publik di Ja- nakan di akhir tahun.
pada Maret 2019. Bahkan kereta ringan karta semakin luas. Integrasi ini tidak Direktur Utama PT Transjakarta,
atau light rapid transit (LRT) Jakarta yang hanya melibatkan antara bus besar, bus Agung Wicaksono mengungkapkan, di
melayani Kelapa Gading-Rawamangun medium, dan bus kecil di TransJakarta. Jakarta ada 11 operator angkutan bus
juga akan beroperasi secara komersial. Tetapi juga akan melibatkan transporta- kecil yang melayani warga Jakarta. Na-
Kedua moda transportasi baru ini pun si berbasis rel yang dimiliki oleh Pemer- mun, saat ini baru ada 9 operator angku-
sama-sama harus saling terintegrasi satu intah Provinsi DKI Jakarta seperti; MRT, tan umum yang sudah terintegrasi den-
sama lain. LRT, dan sebagainya. gan Jak lingko yang telah melayani lebih
Berpengalaman melayani warga se- Saat ini, PT TransJakarta, MRT, dan dari 73 ribu penumpang per hari.
lama 15 tahun, Transjakarta optimis bisa Jakarta Propertindo sedang membuat “Sampai saat ini, sudah 661 armada
melakukan integrasi antar moda itu. Ter- konsorsium untuk membuat perusahaan yang terintegrasi. Rutenya telah men-
lebih Gubernur DKI Jakarta Anies Bas- bagi Jak lingko. Nantinya semua moda capai 33 rute. Operator dari 11, ada
wedan pada 2018 menghadirkan pro- transportasi hanya perlu menggunak- 9 yang sudah terintegrasi dan secara
gram unggulan di bidang transportasi an satu kartu, sebagai alat pembayaran kontrak sudah beres. Jumlah penump-
publik yakni One Karcis One Trip (OK- yang sah dan non tunai. Kini perusa- ang per hari mencapai 73 ribu, khusus
OTrip) atau Jak Lingko. haan patungan itu masih dalam proses yang angkot saja. Tahun 2019 ini, jum-
Jak Lingko adalah sistem transpor- pengesahan Peraturan Gubernur (Per- lah armada yang terintegrasi ditargetkan
mencapai 1400 armada akumulatif den-
gan layanan 60 rute,” ujar Agung.
Hingga Januari 2019, penjualan kar-
tu Jak Lingko telah mencapai 178.003.
Angka naik cukup besar dibandingkan
angka pada akhir Desember 2018 yang
tercatat 145.790 kartu. Dia menambah-
kan, masyarakat Jakarta masih digratis-
kan naik bus kecil dengan memiliki kartu
Jak Lingko. Kartu Jak Lingko bisa dibeli
di halte-halte TransJakarta dengan har-
ga Rp10 ribu.
Di sisi lain, pihaknya telah menjalin
komunikasi intensif dengan MRT Jakar-
ta pada aspek integrasi rute dan pem-
bayaran. Kajiannya menyatakan akan
memfasilitasi masyarakat dengan bus
Transjakarta, untuk mengakses stasiun
MRT dengan optimalisasi koridor 1.
“Saya optimistis, Transjakarta tetap
menjadi tulang punggung transporta-
si di IbuKota meski MRT maupun LRT
segera beroperasi,” ucapnya.
Konektivitas Fisik
Integrasi fisik yang akan dibuat-
nya adalah menghubungkan halte bus
Bundaran HI dengan stasiun MRT. Ke-
mudian halte Tosari dengan Stasiun Du-
kuh Atas, juga halte Centrale Stichting
Wederopbouw (CSW) dengan Stasiun
Sisingamangaraja MRT. Sedangkan di
halte Lebak Bulus, akan ada rute-rute
shuttle atau pengumpan dari Pondok
Indah, Ciputat, dan Bintaro ke stasiun
Media Jaya Edisi 2 2019 31