Page 31 - MJ Edisi 02 2019
P. 31

BUMD


                erlebih, MRT Jakarta dengan   tasi yang terintegrasi (integrasi rute,   gub). Dalam waktu dekat, Pergub ini di-
                rute Lebak Bulus-Bundaran Ho-  manajemen, dan pembayaran), menja-  targetkan bisa rampung dan kartu digu-
           Ttel Indonesia (HI) telah beroperasi   dikan layanan transportasi publik di Ja-  nakan di akhir tahun.
           pada Maret 2019. Bahkan kereta ringan   karta semakin luas.   Integrasi ini tidak   Direktur Utama PT Transjakarta,
           atau light rapid transit (LRT) Jakarta yang   hanya melibatkan antara bus besar, bus   Agung Wicaksono mengungkapkan, di
           melayani Kelapa Gading-Rawamangun   medium, dan bus kecil di TransJakarta.   Jakarta ada 11 operator angkutan bus
           juga akan beroperasi secara komersial.   Tetapi juga akan melibatkan transporta-  kecil yang melayani warga Jakarta. Na-
           Kedua moda transportasi baru ini pun   si berbasis rel yang dimiliki oleh Pemer-  mun, saat ini baru ada 9 operator angku-
           sama-sama harus saling terintegrasi satu   intah Provinsi DKI Jakarta seperti; MRT,   tan umum yang sudah terintegrasi den-
           sama lain.                         LRT, dan sebagainya.               gan Jak lingko yang telah melayani lebih
              Berpengalaman melayani warga se-   Saat ini, PT TransJakarta, MRT, dan   dari 73 ribu penumpang per hari.
           lama 15 tahun, Transjakarta optimis bisa   Jakarta Propertindo sedang membuat   “Sampai saat ini, sudah 661 armada
           melakukan integrasi antar moda itu. Ter-  konsorsium untuk membuat perusahaan   yang terintegrasi. Rutenya telah men-
           lebih Gubernur DKI Jakarta  Anies Bas-  bagi Jak lingko. Nantinya semua moda   capai 33 rute. Operator dari 11, ada
           wedan pada 2018 menghadirkan pro-  transportasi hanya perlu menggunak-  9 yang sudah terintegrasi dan secara
           gram unggulan di bidang transportasi   an satu kartu, sebagai alat pembayaran   kontrak sudah beres. Jumlah penump-
           publik yakni One Karcis One Trip (OK-  yang sah dan non tunai. Kini perusa-  ang per hari mencapai 73 ribu, khusus
           OTrip) atau Jak Lingko.            haan patungan itu masih dalam proses   yang angkot saja. Tahun 2019 ini, jum-
              Jak Lingko adalah sistem transpor-  pengesahan Peraturan Gubernur (Per-  lah armada yang terintegrasi ditargetkan
                                                                                 mencapai 1400 armada akumulatif den-
                                                                                 gan layanan 60 rute,” ujar Agung.
                                                                                    Hingga Januari 2019, penjualan kar-
                                                                                 tu Jak Lingko telah mencapai 178.003.
                                                                                 Angka  naik  cukup  besar  dibandingkan
                                                                                 angka pada akhir Desember 2018 yang
                                                                                 tercatat 145.790 kartu. Dia menambah-
                                                                                 kan, masyarakat Jakarta masih digratis-
                                                                                 kan naik bus kecil dengan memiliki kartu
                                                                                 Jak Lingko. Kartu Jak Lingko bisa dibeli
                                                                                 di halte-halte TransJakarta dengan har-
                                                                                 ga Rp10 ribu.
                                                                                    Di sisi lain, pihaknya telah menjalin
                                                                                 komunikasi intensif dengan MRT Jakar-
                                                                                 ta pada aspek integrasi rute dan pem-
                                                                                 bayaran. Kajiannya menyatakan akan
                                                                                 memfasilitasi masyarakat dengan bus
                                                                                 Transjakarta, untuk mengakses stasiun
                                                                                 MRT  dengan optimalisasi koridor  1.
                                                                                    “Saya optimistis, Transjakarta tetap
                                                                                 menjadi tulang punggung transporta-
                                                                                 si di IbuKota meski MRT maupun LRT
                                                                                 segera beroperasi,” ucapnya.

                                                                                 Konektivitas Fisik

                                                                                    Integrasi  fisik  yang  akan  dibuat-
                                                                                 nya adalah menghubungkan halte bus
                                                                                 Bundaran HI dengan stasiun MRT.  Ke-
                                                                                 mudian halte Tosari dengan Stasiun Du-
                                                                                 kuh  Atas,  juga  halte  Centrale Stichting
                                                                                 Wederopbouw  (CSW) dengan Stasiun
                                                                                 Sisingamangaraja MRT. Sedangkan di
                                                                                 halte    Lebak Bulus, akan ada rute-rute
                                                                                 shuttle atau pengumpan dari Pondok
                                                                                 Indah, Ciputat, dan Bintaro ke stasiun



                                                                                      Media Jaya Edisi 2 2019  31
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36