Page 46 - media_jaya_02_2013
P. 46



pendidikan









Pergantian Kurikulum



Tuntutan Perkembangan







Sejak merdeka hingga Kurikulum yang pernah dipakai dapat menggambarkan kualitas yang 

di Indonesia antara lain; Kurikulum seimbang antara pencapain hard skills 
sekarang ini, Indonesia telah 
1968 (subject matter atau mata dan soft skills. Kompetensi sangat 
berganti-ganti kurikulum. 
pelajaran), Kurikulum 1975 Terminal diperlukan sebagai instrumen untuk 

Pergantian kurikulum adalah 
objectives atau yang lebih dikenal TIU, mengarahkan peserta didik menjadi 
hal biasa dalam rangka 
TIK0, Kurikulun 1984 (ketrampilan manusia berkualitas yang mampu dan 

merespon perkembangan proses atau CBSA), Kurikulum
proaktif menjawab tantangan zaman 

masyarakat yang begitu cepat. 1994 (pembagian antara kurikulum yang selalu berubah. Selain itu, juga 

nasional dan kurikulum muatan lokal), menjadi manusia terdidik yang beriman 
Pendidikan harus mampu 
Kurikulum 2004 ( KBK), Kurikulum dan bertakwa kepada Tuhan Yang 
menyesuaikan dinamika yang 
2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013.
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, 

berkembang, karena kurikulum Kurikulum 2013 dirancang agar berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan 

siswa mampu meraih kompetensi warga negara yang demokratis dan 
merupakan unsur utama 
utama, yakni; sikap, pengetahuan bertanggung jawab.
dalam pencapaian tujuan 
dan ketrampilan (afektif, kognitif dan Kurikulum 2013 jenjang SD/ 

pendidikan.
psikomotor). Kompetensi tersebut
MI lebih menekankan aspek kognitif,






































46
Media Jaya l Nomor 02 Tahun 2013



   44   45   46   47   48