Page 46 - media_jaya_02_2013
P. 46
pendidikan
Pergantian Kurikulum
Tuntutan Perkembangan
Sejak merdeka hingga Kurikulum yang pernah dipakai dapat menggambarkan kualitas yang
di Indonesia antara lain; Kurikulum seimbang antara pencapain hard skills
sekarang ini, Indonesia telah
1968 (subject matter atau mata dan soft skills. Kompetensi sangat
berganti-ganti kurikulum.
pelajaran), Kurikulum 1975 Terminal diperlukan sebagai instrumen untuk
Pergantian kurikulum adalah
objectives atau yang lebih dikenal TIU, mengarahkan peserta didik menjadi
hal biasa dalam rangka
TIK0, Kurikulun 1984 (ketrampilan manusia berkualitas yang mampu dan
merespon perkembangan proses atau CBSA), Kurikulum
proaktif menjawab tantangan zaman
masyarakat yang begitu cepat. 1994 (pembagian antara kurikulum yang selalu berubah. Selain itu, juga
nasional dan kurikulum muatan lokal), menjadi manusia terdidik yang beriman
Pendidikan harus mampu
Kurikulum 2004 ( KBK), Kurikulum dan bertakwa kepada Tuhan Yang
menyesuaikan dinamika yang
2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013.
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berkembang, karena kurikulum Kurikulum 2013 dirancang agar berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan
siswa mampu meraih kompetensi warga negara yang demokratis dan
merupakan unsur utama
utama, yakni; sikap, pengetahuan bertanggung jawab.
dalam pencapaian tujuan
dan ketrampilan (afektif, kognitif dan Kurikulum 2013 jenjang SD/
pendidikan.
psikomotor). Kompetensi tersebut
MI lebih menekankan aspek kognitif,
46
Media Jaya l Nomor 02 Tahun 2013