Page 23 - media_jaya_02_2013
P. 23
yang membuat orang rela mengunjungi
pasar tradisional. Hal-hal sederhana,
seperti keinginan mendapatkan barang
dagangan yang segar, dan kemungkinan
tawar-menawar bisa menjadi daya tarik
bagi konsumen,” ujar Munichy.
Munichy juga mengingatkan,
dalam membangun sebuah gedung,
termasuk pasar, ada tujuh langkah yang
harus diikuti. “Yang pertama fungsi,
yang kedua estetika, yang ketiga teknik,
menyusun
termasuk konstruksi dan struktur,
sejumlah yang keempat, safety. Bangunan harus
strategi bisa menyelamatkan penghuninya
dimiliki pasar tradisional tersebut, PD
untuk ketika terjadi sesuatu (bencana).
melakukan
perbaikan sejumlah
Pasar Jaya berkomitmen untuk terus
Yang kelima, comfort, yang keenam
pasar yang dinilai krusial. Hal tersebut melakukan revitalisasi pasar secara
konteks. Keberadaan bangunan tersebut
dilakukan guna menambah daya saing bertahap. Havidz optimis dengan
konstekstual atau tidak. Yang ketujuh,
eisiensi,” imbuhnya.
pasar tradisional di mata para pembeli. renovasi dan pengelolaan optimal, pasar
Selain itu, menurut Munichy, tak “Kalau diperhatikan lagi, pasar tradisional tetap akan mendapat tempat
di hati para pembeli. Dalam jangka
kalah penting adalah perhatian pada tradisional sesungguhnya mempunyai
ciri-ciri unik yang tidak dimiliki pasar panjang, lanjut Havidz, PD Pasar Jaya
penataan zonasinya yang memudahkan
yang katanya modern itu, misalnya: sedang mengkaji dan merintis cita-
konsumen mendapatkan barang yang
dibutuhkan. Juga penataan koridor barang dagangan (sayur-sayuran dan cita untuk mengembangkan fungsi
dan sirkulasi pengunjung yang tersebar daging, red) cenderung lebih segar, pasar sebagai pusat barang konsumsi
merata antarzonasi atau wilayah
memungkinkan terjadinya proses serta agroindustri Jakarta. “Dengan
kerjasama dari berbagai pihak dan
dalam bangunan gedung sehingga tawar-menawar, serta mempererat
silaturahmi pihak-pihak yang terlibat dukungan Pemprov DKI Jakarta, kami
memungkinkan terjadinya pemerataan
di dalamnya, baik pedagang-pembeli, optimis hal tersebut dapat terwujud,”
omzet para pedagang.
Menanggapi hal tersebut, Havidz maupun antarpembeli,” paparnya. ujarnya yakin. MJ
mengemukakan, Pasar Jaya tengah
Melihat berbagai potensi yang
23
Media Jaya l Nomor 02 Tahun 2013