Page 11 - Media Jaya Edisi 1 2020
P. 11

MEDIA JAYA EDISI | 01 2020





              butuhan dasar masyarakat. Ada 120   karta menyiagakan pos kesehatan yang   tuk korban banjir.  Kebanyakan, doku-
              ribu  petugas  Pemprov  DKI  Jakarta    tersebar di sejumlah titik posko pen-  men kependudukan yang diterbitkan
              yang tersebar di seluruh wilayah Ja-  gungsian.   Ada sekitar 132 posko ke-  adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP)
              karta  untuk membantu masyarakat   sehatan di lima wilayah Jakarta. Dinas   dan Kartu Keluarga (KK).
              yang terdampak banjir.           Kesehatan juga menyiagakan  468  am-   Pasca banjir, Gubernur DKI  juga
                 Pemprov DKI  Jakarta juga me      bulans, termasuk 4 unit ambulans laut   mengajak jajaran Pemprov DKI Jakar-
              nyiapkan  pos kesehatan, dapur umum   dan 22 unit ambulans  sepeda motor.  ta  dan warga DKI untuk melakukan
              dan  pos bantuan evakuasi. Termasuk   Selain layanan kesehatan, Dinas   kerja bakti membersihkan  sampah
              juga menyiapkan kebutuhan dasar   Kesehatan juga memberikan sosia   akibat banjir. Kerja bakti dilakukan
              seperti  obat-obatan, makanan siap   lisasi, penyuluhan dan membuka kon-  di 388 RW terdampak banjir dengan
              saji, air minum dan  selimut.    seling di pos-pos pengungsian. Anak-  melibatkan sebanyak 117.000 orang.
                                               anak terdampak banjir mendapatkan   Dibandingkan tahun  sebelumnya,
              Menjamin  Kebutuhan Dasar        layanan pemulihan trauma melalui   penanganan banjir kali ini tergolong
                                               permainan dan edukasi kesehatan   lebih cepat, dan dampaknya tidak be-
                 Di masa tanggap darurat,   maka   seperti, ular tangga dan dongeng.  gitu  luas.    Sekedar  perbandingan,
              nan siap  saji menjadi kebutuhan yang   Bagi lingkungan yang terdampak   pada banjir 2015, saat itu curah hujan
              mendasar bagi masyarakat terdam-  banjir,  Dinas Kesehatan menyediakan   277 mm/hari dan menggenangi 702
              pak banjir. Karena itu, Dinas  Sosial,   disinfektan untuk menyehatkan ling-  RW dengan jumlah pengungsi seban-
              Pemprov DKI Jakarta, menyalurkan   kungan setelah banjir.  Hal ini dilaku-  yak 45.813. Butuh waktu 7 hari untuk
              bantuan makanan siap saji  ke titik   kan karena beragam penyakit akan   mengatasinya.
              pengungsian di lima wilayah  Jakarta.   timbul sesudah banjir.  Seperti  diare,   Sedangkan pada tahun 2013, ban-
                 Bantuan lainnya berupa bahan   muntaber, demam, gatal-gatal dan   jir di Jakarta merendam 599 RW dan
              pangan. Mulai dari beras,  mi instan,   leptospirosis .           90.913 penduduk mengungsi. Padahal
              air mineral hingga  ikan sarden. Ada                              curah hujan hanya 100 mm/hari.
              juga bantuan selimut, tenda  dan ter-  Layanan  Dokumen  Kependudukan  Banjir besar lainnya terjadi pada
              pal.                                                              2007. Ketika itu curah hujan mencapai
                 Di sejumlah pos pengungsian, Di-  Bagi warga terdampak  banjir,  Di-  340mm/hari. Akibatnya,   955 RW ter-  11
              nas Lingkungan Hidup menempatkan   nas Kependudukan dan Catatan Si   endam  dan 276. 333 penduduk men-
              13 unit bus toilet, 25  toilet  portable    pil (Dukcapil) DKI Jakarta membuka   gungsi.  Pemulihannya  membutuh-
              dan 7 tangki air bersih serta sarana   layanan penerbitan dokumen kepen-  kan waktu 48 hari.
              pendukung lainnya.               dudukan dan pencatatan sipil warga   Penangana banjir yang cepat kali ini
                                               yang rusak atau hilang akibat banjir.  tak lepas dari kerja keras jajaran Pem-
              Siaga Posko Kesehatan               Program ini mendapat sambutan    prov DKI  Jakarta.Tidak kalah penting-
                                               antusias  warga.  Suku Dinas  Kepen-  nya  adalah  kolaborasi  semua pihak
                 Untuk memastikan warga yang ter-  dudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin   dalam menangani banjir.
              dampak banjir  terjamin  kesehatan-  Dukcapil) Jakarta Pusat telah mener-
              nya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Ja-  bitkan 62 dokumen kependudukan un-                  Bam/Irw





                                                                                              1. Gubernur
                                                                                              DKI Jakarta
                                                                                              Anies Baswedan
                                                                                              memberikan
                                                                                              bantuan kepada
                                                                                              warga terdampak
                                                                                              banjir
                                                                                              2. Anies Baswedan
                                                                                              meninjau dapur
                                                                                              umum untuk
                                                                                              memastikan
                                                                                              terpenuhinya
                                                                                              kebutuhan makanan
                                                                                              bagi warganya.
                                                                                            Foto
                                                                                            Dok. Humas.
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16