Page 43 - Media Jaya Edisi 12 2019
P. 43
PROFIL USAHA
Foto-foto Media Jaya/Dharma agak lebih tinggi dari
“Mungkin harganya
kebanyakan boneka
yang dijual. Tapi kami
punya ciri khas yang
tidak bisa ditiru orang
lain” Maya Luciana
Sondakh, pemilik
Kraftycaft”
Maya Luciana
Sondakh,
pemilik Kraftycaft
nya sendiri. Dibantu tiga orang anaknya
yang juga hoby membuat boneka sep-
erti Maya.
Namun, kata dia, karena hasil keraji-
nan tangan sendiri inilah yang membuat
kualitas produk sangat dijaga. Sehingga
Produk Kraftycaft berupa boneka cantik dipajangkan pada salah satu pameran.
konsumen selalu puas dengan produk
yang dibuatnya.
bar yang sedang memakai baju yang atau bros.”Mungkin harganya agak leb- Kini Maya mulai merambah untuk
sama. ih tinggi dari kebanyakan boneka yang membuat produk lain, seperti kerajinan
Ini menjadi keunikan produk Maya, dijual. Tapi kami punya cirikhas yang ti- kayu, pajangan, dan ukiran. Maya ma-
hingga akhirnya dilirik oleh Dekranasda dak bisa ditiru oleh orang lain,” katanya sih ingat bagaimana caranya mengolah
dua tahun lalu saat pameran di bilangan Tiap boneka yang dibuat, tidak di- kayu menjadi barang jadi berkualitas.
Jakarta Selatan. Dekranasda membimb- gandakan. Maya hanya membuat satu Dia memadukan teknik decopage dalam
ing Maya mengembangkan usaha, be- produk dengan satu karakter. Masing- sebuah kerajinan kayu yang dibuatnya.
berapa kali melibatkannya dalam pam- masing boneka memiliki khas yang ber- Sehingga menjadi unik dan tampak
eran-pameran bergengsi. beda. modern dibanding pajangan pada um-
Bahkan Kraftycraft saat awal berdiri, Maya mengatakan, kualitas produk umnya.
telah berhasil menyabet penghargaan, dijaganya agar konsumen tidak kecewa. Keterbatasan lahan produksi mem-
yakni juara 1 dan 2 Perlombaan Pem- Ciri khas pada tiap boneka yang dibuat, buat Maya kerap kesulitan mengem-
buatan Boneka Kain dalam perhetalan menjadikan produknya tidak pasaran. bangkan kreasi yang akan dibuatnya. Ke
Craft Gathering 3 oleh Perca Nusanta- Inilah nilai tambah bagi konsumen yang depan, Maya berharap bisa punya galeri
ra Quilt. ingin memesan boneka sesuai karakter sendiri dan mengembangkan produk
Kini ratusan produk sudah dibuat- pemilik. Dengan karakter-karakter internasional.
nya. Tuntutan banyak pameran di tiap Baginya, tidak ada kesulitan dari
kegiatan Dekranasda dan pameran Berkah di Usia Tua hal yang dibuat berdasarkan hobi. Itu-
swasta, membuat Mata harus membuat lah yang menjadikannya terus semangat
banyak karakter boneka. Membahagiakan orang lain khusus- bereksplorasi, karakter-karakter yang
Produk buatannya juga tidak diban- nya anak-anak dengan sebuah hadiah bisa diadopsi menjadi sebuah boneka.
drol mahal, hanya berkisar Rp 100 ribu boneka, adalah target sasaran Maya Kini, dengan modal nol rupiah Krafty-
sampai Rp 500 ribu tergantung tingkat dalam menjalankan usaha ini. Baginya craft mampu mendulang untuk hingga
kesulitan dan bahan yang digunakan. membahagiakan orang lain adalah ke- jutaan rupiah. Sebab selain dari penjua-
Kraftycraft juga mengeluarkan produk berkahan yang tiada tara. lan antar pameran dia juga menjajakan
kecil-kecilan untuk buah tangan, sep- Meski hingga kini, Maya masih di Instagram dan kerabat dekat.
erti gantungan kunci, tempelan kulkas, memproduksi semua boneka buatan- ros
Media Jaya Edisi 12 2019 43