Page 43 - Media Jaya Edisi 12 2019
P. 43

PROFIL USAHA





  Foto-foto Media Jaya/Dharma                                                          agak lebih tinggi dari


                                                                                       “Mungkin harganya

                                                                                       kebanyakan boneka
                                                                                      yang dijual. Tapi kami
                                                                                       punya ciri khas yang
                                                                                      tidak bisa ditiru orang
                                                                                        lain” Maya Luciana
                                                                                         Sondakh, pemilik
                                                                                           Kraftycaft”

                                                                                          Maya Luciana
                                                                                             Sondakh,
                                                                                        pemilik Kraftycaft



                                                                                 nya sendiri. Dibantu tiga orang anaknya
                                                                                 yang juga hoby membuat boneka sep-
                                                                                 erti Maya.
                                                                                    Namun, kata dia, karena hasil keraji-
                                                                                 nan tangan sendiri inilah yang membuat
                                                                                 kualitas produk sangat dijaga. Sehingga
           Produk Kraftycaft berupa boneka cantik dipajangkan pada salah satu pameran.
                                                                                 konsumen  selalu  puas  dengan  produk
                                                                                 yang dibuatnya.
           bar yang sedang memakai baju yang   atau bros.”Mungkin harganya agak leb-  Kini Maya mulai merambah untuk
           sama.                              ih tinggi dari kebanyakan boneka yang   membuat produk lain, seperti kerajinan
              Ini menjadi keunikan produk Maya,   dijual. Tapi kami punya cirikhas yang ti-  kayu, pajangan, dan ukiran. Maya ma-
           hingga akhirnya dilirik oleh Dekranasda   dak bisa ditiru oleh orang lain,” katanya  sih ingat bagaimana caranya mengolah
           dua tahun lalu saat pameran di bilangan   Tiap boneka yang dibuat, tidak di-  kayu  menjadi  barang  jadi  berkualitas.
           Jakarta Selatan. Dekranasda membimb-  gandakan. Maya hanya membuat satu   Dia memadukan teknik decopage dalam
           ing Maya mengembangkan usaha, be-  produk dengan satu karakter. Masing-  sebuah kerajinan kayu yang dibuatnya.
           berapa kali melibatkannya dalam pam-  masing boneka memiliki khas yang ber-  Sehingga  menjadi  unik  dan  tampak
           eran-pameran bergengsi.            beda.                              modern dibanding pajangan pada um-
              Bahkan Kraftycraft saat awal berdiri,   Maya mengatakan, kualitas produk   umnya.
           telah berhasil menyabet penghargaan,   dijaganya agar konsumen tidak kecewa.   Keterbatasan lahan produksi mem-
           yakni juara 1 dan 2 Perlombaan Pem-  Ciri khas pada tiap boneka yang dibuat,   buat Maya kerap kesulitan mengem-
           buatan Boneka Kain dalam perhetalan   menjadikan produknya tidak pasaran.   bangkan kreasi yang akan dibuatnya. Ke
           Craft Gathering 3 oleh Perca Nusanta-  Inilah nilai tambah bagi konsumen yang   depan, Maya berharap bisa punya galeri
           ra Quilt.                          ingin  memesan  boneka  sesuai  karakter   sendiri dan mengembangkan produk
              Kini  ratusan  produk  sudah dibuat-  pemilik.                     Dengan karakter-karakter internasional.
           nya. Tuntutan banyak pameran di tiap                                     Baginya, tidak ada kesulitan dari
           kegiatan Dekranasda dan pameran    Berkah di Usia Tua                 hal yang dibuat berdasarkan hobi.  Itu-
           swasta, membuat Mata harus membuat                                    lah yang menjadikannya terus semangat
           banyak karakter boneka.               Membahagiakan orang lain khusus-  bereksplorasi, karakter-karakter yang
              Produk buatannya juga tidak diban-  nya anak-anak dengan sebuah hadiah   bisa diadopsi menjadi sebuah boneka.
           drol mahal, hanya berkisar Rp 100 ribu   boneka,  adalah  target  sasaran  Maya   Kini, dengan modal  nol rupiah  Krafty-
           sampai Rp 500 ribu tergantung tingkat   dalam menjalankan usaha ini. Baginya   craft mampu mendulang untuk hingga
           kesulitan  dan  bahan  yang  digunakan.   membahagiakan orang lain adalah ke-  jutaan rupiah. Sebab selain dari penjua-
           Kraftycraft juga mengeluarkan produk   berkahan yang tiada tara.      lan antar pameran dia juga menjajakan
           kecil-kecilan untuk buah tangan, sep-  Meski hingga kini, Maya masih   di Instagram dan kerabat dekat.
           erti gantungan kunci, tempelan kulkas,   memproduksi semua boneka buatan-                                  ros



                                                                                    Media Jaya Edisi 12 2019   43
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48