Page 13 - Media Jaya Edisi 11 2019
P. 13

LAPORAN UTAMA
                                                                                              LAPORAN UTAMA

              Dalam Pergub tersebut, lurah men-
           jadi pihak yang paling mengetahui
           kondisi wilayahnya. Karena lurah diminta  Media Jaya/Safran. H
           untuk mempersiapkan  logistis, tenaga,
           tempat titik evakuasi dan lainnya.
              BPBD DKI kini sudah memiliki sistem
           untuk mengantisipasi banjir dengan du-
           kungan teknologi. BPBD memanfaat-
           kan Geografic Information System (GIS),
           yang menampilkan semua data  poten-
           si banjir di Jakarta.  BPBD juga meman-
           faatkan  Multi  Hazard  Warning  System
           yang merupakan peta  real time yang
           berlaku nasional untuk wilayah banjir di
           seluruh Indonesia.
                Sedangkan  untuk peringatan dini,
           BPBD menggunakan  Automatic Water
           Level Recorder,  Automatic  Water  Sta-
           tion,  Disaster  Warning  System,  SMS
           Blast, Emergency Call 112, website dan
           media sosial, dan petabencana.id. Auto-
           matic water Level Recorder  membantu
           BPBD untuk memantau  ketinggian ban-
           jir  secara rutin.
              Lalu ada  Automatic  Water  Station   Salah satu petugas BPBD DKI Jakarta sedang memantau wilayah banjir melalui petabanjir.id
           yakni sistem terpadu untuk memantau
           segala hal  tentang cuaca  dan peruba-  karta.  “Ada group Pantau Banjir, semua   akan masyarakat agar tidak membuang
           hannya. Iwan menambahkan ada juga   informasi ada disana,”kata Iwan.  sampah sembarang.
           teknologi   Disaster  Warning  System   Ada pula nomor darurat 112. Warga   “Alhamdulillah  sekarang  tingkat
           yang memberikan informasi perubahan   diminta untuk segera menghubungi 112   kepedulian banjir masyarakat sudah cu-
           status air dari siaga ke siaga 3 melalui   jika ada keadaan darurat bencana atau   kup tinggi,”kata Iwan.  Sungai kita  su-
           speaker (pengeras suara) jarak jauh ke   juga kebutuhan medis dan yang lainnya   dah bersih. Masyarakat sudah sadar dan
           wilayah langganam banjir terutama di   dan perlu  ditangani segera.   Populer   tanggap terhadap bencana. Karena me-
           sekitar daerah aliran sungai (DAS).  disebut Telor Dadar 112, Telepon Orang   mang kita tekankan masalah bencana
              Ada 5 titik (kelurahan) yang ditem-  Dalam Keadaaan Darurat 112.   itu  bukan  hanya  tanggungjawab  Pem-
           patkan pengeras suara dengan jangkau-  BPBD juga mempunyai unggulan   prov DKI saja, tapi  masyarakat dan me-
           an suara hingga 500 meter yakni di Bida-  lain, yakni  petabencana,id. Teknolo-  dia juga yang berperan  memberikan
           ra Cina, Kampung Melayu,  Petogogan,   gi ini semacam sensor hidup. Jadi ka-  informasi  dan  edukasi  tentang  banjir,
           Ulujami, dan Rawa Buaya. Tahun inu kita   lau ada masyarakat yang melapor me-  pencegahan dan penanganannya,” pa-
           akan menambah menjadi 9 titik,” ung-  lalui  media sosial seperti ‘twitter’ atau   par Iwan.
           kap Iwan.                          ‘telegram’, akan tampil otomatis  di peta   Iwan meyakini dari 25 kelurah-
              Selain itu, BPBD juga melakukan   bencana, titik-titik yang dilaporkan ma-  an yang rawan banjir mulai  berkurang
           SMS Blast yakni berupa himbauan kepa-  syarakat   tersebut. “Kita  akan mengin-  karena edukasi yang dilakukan dipahami
           da warga yang tinggal di dekat DAS un-  formasikan ketinggian banjirnya. Jadi,   dan  dan diterapkan masyarakat. Selain
           tuk  bersiap-siap  mengungsi  ke  tempat   masyarakat akan tahu saat itu juga (real   itu  dinas terkait juga melakukan peker-
           lain ketika status aliran sungai naik dari   time), wilayah mana saja yang banjir,”   jaan untuk mengantisipasi banjir. Seper-
           siaga ke siaga 2 (kritis).         papar Iwan.                        ti membersihkan gorong-gorong.“Yang
              Selain SMS Blast ini,  BPBD juga me-                               perlu diapresiasi adalah kesadaran ma-
           manfaatkan website dan media sosial   Kesadaran Tinggi                syarakat terhadap banjir. Sekarang ma-
           yang juga kanal resmi BPBD DKI untuk                                  syarakat malu kalau membuang sampah
           memberitahukan kepada warga terkait   Selain mengandalkan teknologi un-  sembarangan. Edukasi yang diberikan
           status air dan informasi lainnya. Informa-  tuk mengantisipasi banjir, BPBD DKI   membuat masyarakat tanggap  dalam
           si juga disebar melalui group yang ter-  juga mengedukasi masyarakat di sekitar   bencana,” tegas Iwan.
           diri dari lurah,camat, kepala puskesmas   Ciliwung.  Ada komunitas masyarakat
           dan  hingga pajabat eselon III DKI Ja-  peduli banjir.  Komunitas  ini mengger-            sya/nik/bam



                                                                                    Media Jaya Edisi 11 2019   13
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18