Page 17 - Media Jaya Edisi 10 2019
P. 17
LAPORAN UTAMA
Penelitian yang diterbitkan di Jur-
nal Nature pada 2017 itu, menyebutkan
bahwa rata-rata orang Indonesia ber-
jalan 3.513 langkah setiap harinya jauh
lebih rendah dibanding masyarakat
Hong Kong yang menempati peringkat
pertama. Masyarakat Hongkong setida-
knya 6.880 langkah tiap harinya disusul
Singapura yakni, 5.674 langkah per hari.
“Kenapa orang Indonesia bisa malas
jalan kaki? Salah satunya karema kondisi
trotoar yang rusak, trotoarnya diserobot
tukang parkir, sampai polusi udara yang
bikin sesak napas,” tambah Alfred. Pa-
dahal jalan kaki merupakan moda trans-
portasi paling alami dan murah. “Jalan
kaki belum menjadi budaya warga ko-
ta-kota besar di Indonesia khususnya
Jakarta. Ya, sekali lagi mungkin karena
fasilitas bagi pejalan kaki belum mema-
dai,” kata Alfred.
Dukungan Terhadap Pejalan Kaki
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswe-
dan sendiri memastikan gerakan mem-
bangun trotoar merupakan bagian dari
dukungan Pemprov DKI Jakarta terha-
dap pelajan kaki. Ia juga mendorong
lahirnya budaya berjalan kaki dalam
beraktivitas di masyarakat Jakarta.“ Ses-
ungguhnya alat transportasi yang dimi
liki hampir setiap manusia adalah kaki,
tapi cenderung tak digunakan. Lebih
mengandalkan moda transportasi,” kata
Anies.
Pemprov DKI Jakarta sendiri sudah
menargetkan revitalisasi 16 km trotoar
seluruh Jakarta rampung akhir 2019.
Program yang menganggarkan dana Salah satu jalur pedestrian di kawasan Sudirman
Rp400 miliar itupun sudah nampak di
jalan-jalan utama di seluruh 5 wilayah 4,5 hingga 6 meter dengan komposisi sele-
DKI Jakarta. Seperti di Jalan KH Wahid bar 1,5 meter untuk pejalan kaki biasa,
Hasyim dan Sudirman-Thamrin di Jakar- 1,5 meter untuk penyandang disabili-
ta Pusat. Lalu Jalan Sisingamaraja sam- tas, dan 1,5 meter untuk bangku jalan
pai Fatmawati di Jakarta Selatan. Kemu- jauh yakni diperuntukkan bagi yang le-
dian kawasan Velodrome, Rawamangun lah berjalan.
Jakarta Timur, sepanjang Jalan Daan Dengan kehadiran wajah trotoar
Mogot Jakarta Barat, dan Jalan Yos Su- baru di jalanan Cikini, nantinya kawasan
darso di Jakarta Utara. yang akan disulap menjadi pusat kebu-
Pembangunan trotoar masih di- dayaan dengan ruang-ruang ekspesin-
lakukan di kawasan Cikini Jakara Pusat. ya, area-area untuk berswa foto dan lain
Trotoar di Cikini akan mengadopsi salah sebagainya ini akan menjadi semakin
satu trotoar di Singapura. Setidak-tidaknya menyenangkan dan nyaman untuk dijan-
lebar trotoar yang akan dibangun ialah selebar gkau dengan berjalan kaki. sya
Media Jaya Edisi 10 2019 17