Page 6 - Media Jaya Edisi 3 2020
P. 6

LAPORAN UTAMA       Menakar Potensi










                                 UMKM Jakarta





                                     Minat masyarakat Jakarta untuk
                                     berwirausaha terus meningkat  setiap
                                     tahunnya. Target 200.000 wirausaha bisa
                                     terwujud.







                                          abtu sore di penghujung Februari, Food and
                                          Creative Park Thamrin 10 tampak meriah.
                                     SBeragam kegiatan dihelat, mulai dari ba-
                                     zar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga
     6                               talks show dengan berbagai tema dan narasum-
                                     ber terkemuka. Semua diselenggarakan sebagai
                                     bagian dari acara Naturale Market yang berlang-
                                     sung selama dua hari itu. Ada juga  workshop ten-
                                     tang  urban  farming, daur ulang sampah hing-
                                     ga pelatihan bagaimana membuat produk sabun
                                     mandi.
                                        Bukan tanpa sebab Thamrin 10 menjadi begitu
                                     meriah saat itu. Hiruk pikuk pengunjung dan para
                                     pelaku UMKM di seluruh Jakarta tumpah ruah.
                                     Hari itu, bisa dibilang masyarakat  merayakan hari
                                     yang  sudah  ditunggu-tunggu,  Jakpreneur  resmi
                                     diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov)
                                     DKI  Jakarta.
                                        “Thamrin 10 adalah  titik take off bagi mere-
                                     ka yang punya kemauan,punya semangat untuk
                                     maju, punya produk untuk di jual,  untuk masuk ke
                                     pasar mainstream  Jakarta,  ,” kata Gubernur DKI    Kehadiran Thamrin 10 sekaligus
                                     Jakarta,  Anies Rasyid Baswedan saat membuka   menjadi  salah  satu  simbol  dukun-
                                     Naturale Market.                           gan Pemprov DKI Jakarta pada sektor
                                        Di Thamrin 10, setidaknya ada 60 gerai kulin-  UMKM.  Bahkan, Naturale Market yang
                                     er. Semua merupakan UMKM binaan Dinas Perin-  diselenggarakan di tempat  tersebut, seka-
                                     dustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan   ligus menandai peluncuran gerakan Jak-
                                     Menengah (PPKUKM). Mereka menjajakan berb-  preneur, sebuah program baru untuk
                                     agai  produk  kuliner  kreatif  yang  sudah  dikurasi   pengembangan UMKM di Jakarta.
                                     oleh pihak berkompeten di bidangnya. Selain out-
                                     let makanan dan minuman, Thamrin 10 juga di-  Peran Penting UMKM
                                     rancang sebagai ruang kreatifitas untuk menum-
                                     buhkan iklim ekonomi kreatif di Jakarta.      Jika melihat data hasil sensus
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11