Page 19 - MJ Edisi 02 2019
P. 19
INFRASTRUKTUR
if LRT sebesar Rp 10.800 itu dipastikan sian LRT dan Transjakarta ini, Direktur nur (Gubernur DKI Jakarta Anies Bas-
telah terintegrasi dengan tarif bus TransJa- Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono wedan) dalam rangka mewujudkan
karta. Namun, usulan tarif LRT itu belum bersama Direktur Teknik & Fasilitas PT program Jak Lingko. Jadi, tak hanya in-
diputuskan hingga kini. Transjakarta, Wijanarko meninjau lang- tegrasi layanan nantinya. PT LRT Jakar-
“Sementara masih dikaji Pemprov sung lokasi pembangunan skybridge ta juga menjalin kerja sama dengan PT
DKI. InsyaAllah mudah-mudahan se- tersebut. Kedua Badan Usaha Milik Dae- Transjakarta untuk para SDM milenial
belum operasi nanti sudah diputuskan. rah (BUMD) bidang transportasi ini sal- kami belajar pelayanan,” kata Allan.
(Tarif sebesar Rp 10.800 ) itu usulan, tapi ing bersinergi untuk kelancaran inte- Saat ini, masyarakat ibukota lebih
kan mesti dikuatkan oleh kajian, dan grasi moda bus dengan kereta ringan memilih kendaraan pribadi untuk mo-
diputuskan oleh Pemprov DKI. Nantinya, tersebut. Skybridge itu dibangun lang- bilitasnya. Hal ini menyebabkan jumlah
nilai tiket bus Transjakarta menjadi pen- sung ke area paypaid (area berbayar) se- kendaraan yang berlalu lalang di jalan-
gurang sehingga masyarakat tidak perlu hingga memudahkan pelanggan kedua an tidak sebanding dengan kapasitas ja-
lagi membayar dua kali,” kata Iwan. moda dalam transaksi. lan yang ada. Kemacetan pun tak bisa
Mengingat pentingnya pengintegra- “Sebagaimana harapan pak guber- dihindari. Padahal, moda transportasi
umum di Jakarta sudah cukup baik.
Salah satu alasan warga Jakarta eng-
gan menggunakan transportasi umum
Skybridge LRT - TransJakarta adalah sulitnya mengakses perpindah-
an antarmoda transportasi umum. Saat
14.000 orang Lintasan Penambahan Halte Pemuda : beroperasi LRT nanti, masyarakat tidak
Perhari Ramah Ukuran Halte Pelicancrossing, perlu lagi kebingungan untuk berpindah
Stasiun Disabilitas. Pemuda : jalur pejalan moda. Penumpang, tidak perlu lagi un-
Velodrome 60 meter. kaki Disabilitas. tuk turun atau keluar dari stasiun bila in-
LRT
100 meter gin naik Bus TransJakarta. Begitu juga
sebaliknya. Pengguna Transjakarta dari
Halte
Stasiun LRT Material Kamera Mesin Tap Halte Pemuda bisa langsung masuk ke-
Velodrome : Baja Pengawas Otomatis. Pemuda dalam Stasiun Velodrome.
Lift, Eskalator, CCTV TransJakarta
Tangga Pejalan Ringan. “Dengan demikian perjalanan pen-
Kaki. umpang akan lebih aman dan nyaman.
Selain itu, waktu yang digunakan untuk
berjalan juga tidak terbuang percuma.
Kami menargetkan, akhir Februari sudah
bisa digunakan. Kami bersama PT Jakar-
ta Properti (Jakpro) sedang menarget-
kan percepatan, saya rasa tidak perlu
makan waktu lama untuk bisa digunak-
an,” ungkap Allan.
Soal keamanan, Allan sendiri bisa
menjamin kekuatan material skybridge
yang disesuaikan dengan kebutuhan
pengguna moda transportasi umum.
gro
Infografis/Fandy Adam
Media Jaya Edisi 2 2019 19