Page 10 - Media Jaya Edisi 10 2019
P. 10

LAPORAN UTAMA


              Alhasil, jumlah penumpang yang
           beralih ke angkutan umum melonjak
           naik. Ditahun 2019, jumlah penump-   Media Jaya/Dharma
           ang umum menjadi 640 ribu penum-
           pang.    “Ini  tidak  mungkin  terjadi  bila
           kita tidak melakukan kolaborasi. Karena
           itu kolaborasi menjadi kunci di semua
           aspek,”kata Anies.
              Integrasi moda transportasi ini  juga
           diperkuat dengan  memasang papan in-
           formasi  seputar transportasi publik di
           28 halte non BRT koridor Sudirman. In-
           formasi tersebut berupa  peta, penanda
           dan petunjuk jalan untuk memudahkan
           masyarakat  menggunakan kendaraan
           umum di Jakarta. “Pemasangan  infor-
           masi transportasi publik ini  merupakan
           kolaborasi antara Pemrov DKI Jakarta
           dengan warga dalam mewujudkan  kon-
           sep City 4.0,”ujar Anies.

           Memuliakan Pejalan Kaki

              Penanganan trotoar jalan menjadi
           salah satu   program perioritas  Gubenur
           Anies. Selama ini trotoar  di Jakarta  ter-
           kesan  sempit dan berlubang dan be-  Inovasi terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menyejahterakan warga Jakarta. Salah satunya dengan menghadirkan
           lum mengakomodir kelompok rentan.    Taman Maju Bersama menjadi ruang ketiga interaksi masyarakat.
           Melalui program revitalisasi  jalur  pe-  kaki  (pedestrian) di Jakarta,”ujar Anies.  trotoar di kawasan  Kemang, dilakukan
           destrian,  Anies menata trotoar yang   Menariknya lagi, trotoar yang di    sepanjang  3,3  kilometer  dengan  lebar
           lebih  berkeadilan,  yang  berpihak  pada    bangun juga  terintegrasi dengan berb-  trotoar  3 hingga  4 meter.
           perempuan, anak, penyandang  disabili-  agai  moda transportasi. Mulai dari  bus
           tas  dan lansia.                   TransJakarta,  bus reguler,  KRL  hingga    Taman Maju Bersama
              Penataan  trotoar ini dimulai dari    MRT.  Selain itu trotoar juga terhubung
           Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan    dengan koridor bisnis, komersial dan    Pembangunan  jalur  pedestrian,   ti-
           MH Thamrin.  Disana trotoar diperlebar   pariwisata. “Tujuannya agar warga Ja-  dak terbatas pada revitalisasi trotoar
           antara 8  hingga  12 meter.  Trotoar di   karta  beralih  ke kendaraan umum,”kata   saja, melainkan juga menghadirkan in-
           sepanjang jalan utama itu  juga ditata   Anies.                       teraksi  ruang  ketiga,  ruang  setelah
           dengan mengakomodasi semua peja-      Kepala Dinas Bina Marga Provinsi   rumah dan tempat  bekerja.  Karena itu
           lan kaki, termasuk para penyandang dis-  DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengung-  dalam  dua  tahun  ini,  Pemprov  DKI  Ja-
           abilitas.                          kapkan   penataan trotoar di Jakarta su-  karta, gencar membangun  Taman Maju
              Melalui  revitalisasi jalur pedestrian   dah dimulai sejak tahun 2017. Hingga    Bersama (TMB).
           ini, Anies ingin menjadikan  pejalan kaki    tahun 2019 ini,  revitalisasi trotoar  telah    Gubernur Anies menegaskan pem-
           sebagai arus utama.  Karena itu  trotoar    dilakukan sepanjang 134 kilometer. Un-  bangunan  Taman  Maju  Bersama  (TMB)
           terasa nyaman untuk dilintasi.  Lantain-  tuk tahun ini,   revitalisasi trotoar  diper-  memiliki paradigma yang berbeda, den-
           ya  terbuat dari batu alam, berornamen   luas ke lima wilayah kota administrasi   gaan   Ruang Publik  Terpadu Ramah
           lurik dan batik.  Selain itu trotoar juga   DKI Jakarta.  Ada  51  trotoar jalan di se-  Anak (RPTRA). Meskipun keduanya sa-
           dilengkapi dengan  ramp (bidang mir-  luruh wilayah Jakarta yang  mengalami   ma-sama tergolong Ruang Terbuka Hi-
           ing) dan  guiding block (paving kuning   revitalisasi.                jau (RTH),  namun Taman Maju Bersama
           di trotoar). Trotoar yang juga dibangun   Salah satu  trotoar yang kini sedang   lebih variatif, tematik dan  disesuaikan
           dengan  memenuhi standar keamanan,   di revitalisasi adalah di kawasan  Ciki-  dengan karakteristik dan luas lahannya.
           ada  jalur hijau antara  jalur pendestrian   ni dan Kemang.  Di trotoar Cikini, jalur   Taman  Maju  Bersama  dibangun  secara
           dan jalur kendaraan bermotor. “Semua   sepanjang 10 kilometer ini  diperlebar    kolaboratif bersama masyarakat.
           ini untuk  menghadirkan kenyamanan   dari semula hanya 3 meter menjadi 4,5   Tidak kalah menariknya, Taman Maju
           dan keselamatan  bagi seluruh pejalan   hingga 6 meter.  Sedangkan revitalisasi   Bersama didominasi oleh ruang terbu-


          10    Media Jaya Edisi 7 2019
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15