Page 34 - Media Jaya Edisi 7 2019
P. 34

LINGKUNGAN




           Mengenal PM 2.5 :  Pembunuh
           Dalam Senyap





                                              en dari diameter rambut manusia. Sangat ke-  ruangan) dan indoor (di  dalam ruangan).
                                              cil dan kasat mata. Tapi soal bahayanya, bisa   Untuk outdoor, PM 2,5 ada  di polusi asap
                                              dibilang inilah si slient killer.  mobil, truk, bus, dan  kendaraan bermotor
                                                 Saking  halusnya, partikel yang sedang   lain, termasuk hasil pembakaran kayu, min-
                                              ramai dibicarakan  ini  mampu menembus   yak, batu bara, atau akibat kebakaran hutan
                                              masker yang biasa diandalkan warga untuk   dan padang rumput maupun cerobong asap
                                              menghindari efek  polusi di Jakarta. PM 2,5   pabrik. Sedangkan yang dari dalam ruangan,
                                              lebih berbahaya dari partikel 10 karena tidak   PM 2,5 terkandung di asap rokok, asap me-
                                              disaring dalam sistem pernapasan bagian   masak (goreng-bakar), membakar lilin  atau
                                              atas dan menempel pada  gelembung paru,   minyak lampu, atau dari asap perapian.
                                              sehingga dapat menurunkan kemampuan   Cara terbaik untuk menghindari si pem-
                                              paru-paru dalam pertukaran gas. Sementara    bunuh dalam senyap ini adalah dengan
                                              saat  menumpuk  di paru-paru, PM  2,5   bisa   menghilangkan sumber polutannya. Peng-
               erujuk pada ukurannya, para ahli kes-  menyebabkan beragam penyakit seperti in-  gunaan masker juga bisa dilakukan sebagai
           Mehatan menamai  partikel ini  sebagai   feksi paru-paru, jantung bahkan memicu ke-  langkah pecegahan paling minimal dari an-
           PM 2,5 atau Particular Matter 2,5. Ukurannya   matian dini pada seseorang.   caman si silent killer yang satu ini. sam
           memang 2,5 mikrometer atau sekitar 3 pers-  PM 2,5 bisa  berasal dari outdoor (di luar             has




              Mengapa transportasi publik ? dalam   “Penyebab polusi udara Jakarta itu   umpang 6,48 persen setiap tahun.
           sebuah kesempatan Gubernur DKI Ja-  masih didominasi oleh sumber berger-   “Dengan jarak tempuh 40 kilome-
           karta Anies Baswedan mengatakan ada   ak. Sisanya baru sumber-sumber tidak   ter per hari, rerata sepeda motor meng-
           banyak manfaat yang di dapat masyara-  bergerak,  seperti aktivitas pembakaran   habiskan bahan bakar minyak hing-
           kat dengan menggunakan transportasi   industri, pembakaran domestik, pem-  ga 12,2 liter per hari, sementara mobil
           publik. Salah satunya adalah terkendal-  bangkit listrik dan pemanas,” kata Ke-  penumpang menghabiskan rerata 13,7
           inya kualitas udara yang ada di wilayah   pala Seksi Penanggulangan dan Pemu-  liter,” ungkap Agung mengutip data
           DKI Jakarta.                       lihan Lingkungan Dinas Lingkungan   yang dilansir dari Masyarakat Transpor-
              “Pemprov DKI Jakarta saat ini ter-  Hidup DKI Jakarta Agung Pujowinarko   tasi Indonesia pada 2016.
           us memberikan pelayanan transportasi   beberapa waktu lalu.              Dari semua bahan bakar minyak
           publik dengan fasilitas terbaik dan jang-  Di luar sumber bergerak dan tidak   (BBM) yang dikonsumsi kendaraan
           kauan  yang  luas.  Misalnya  TransJakar-  bergerak, Agung menyebutkan bahwa   sepeda motor dan mobil penumpang,
           ta kini jangkauannya sudah lebih luas.   kualitas udara di DKI Jakarta juga di-  Agung menyebutkan, masyarakat memi-
           Kualitasnya baik. Ada MRT juga,  dan    pengaruhi oleh sumber-sumber pence-  liki pilihan dari yang harganya terendah
           kendaraan-kendaraan umum lainnya.   maran udara lainnya seperti proyek in-  sampai tertinggi. Semua BBM yang ada
           Gunakan itu,” kata Anies beberapa wak-  frastruktur. Pembangunan infrastruktur   saat ini, mengikuti standar kualitas du-
           tu lalu.                           menghasilkan debu yang mencemari   nia, salah satunya dari Euro yang mene-
              Sebagaimana  diketahui,  kualitas   udara Jakarta. Belum lagi, kemacetan di   tapkan kadar sulfur di dalamnya.
           udara di DKI Jakarta selama ini dipen-  jalanan Jakarta.                 Tetapi, menurut Agung, semakin
           garuhi oleh aktivitas publik yang sangat                              tinggi kadar sulfur di dalam BBM, maka
           padat. Data Dinas Lingkungan hidup   Kendaraan dan Polusi             semakin banyak polusi udara yang akan
           DKI Jakarta menyebutkan,  sumber-sum-                                 diproduksi. Itu terjadi, karena sulfur ti-
           ber bergerak seperti transportasi darat   Mengutip data yang dirilis Badan   dak bisa dibakar. Sementara, kalau sulfur
           masih menjadi penyumbang terbesar   Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta pada   bisa dibakar, itu juga akan tetap menjadi
           untuk kualitas udara Jakarta.  Artinya se-  2018, jumlah pertumbuhan kendaraan   sulfur oksida  (SOx) dan pada akhirnya
           makin banyak transportasi darat, maka   bermotor di DKI Jakarta memang cuk-  tetap akan menjadi pencemar udara.
           sumbang terhadap polusipun akan se-  up tinggi. Terutama, sepeda motor yang   Fakta tersebut, membuat pilihan BBM
           makin besar.                       mencapai 5,30 persen dan mobil pen-  semakin mengerucut, karena kadar sul-



           34 Media Jaya Edisi 7 2019
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39