Page 57 - MJ Edisi 7 2018
P. 57

SALAM DEWAN
















                     Bestari Barus,                    Abdul Ghoni,                         Ashraf Ali,
               Anggota komisi D DPRD DKI          anggota DPRD DKI Jakarta            anggota DPRD DKI Jakarta
                     fraksi Nasdem                 komisi D fraksi Gerindra             komisi C Fraksi Golkar
             Saya kira, OK Otrip  ini belum efektif.   Memang  kita  harus  mengarah  ke  sana.   Jak Lingko ini sangat bagus untuk menekan
          Dari target ribuan kendaraan, yang baru ber-  Seluruh angkutan umum harus terintegrasi   biaya hidup masyarakat. Masyarakat cukup
          gabung hanya 300-an kendaraan angkutan   dengan moda transportasi lainnya, baik LRT   membayar Rp 5 ribu rupiah naik angkot dari
          umum. Masih banyak yang harus dipersiap-  maupun MRT dan busway. Ini langkah maju   rumahnya, lalu bisa meneruskan naik metro-
          kan, termasuk merangkul sejumlah operator   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kalau den-  mini atau Kopaja dan Transjakarta tanpa perlu
          angkutan umum di Ibukota. Sosialisasi ha-  gan OK Otrip ini, masyarakat tinggal tempel   membayar lagi. Apalagi sekarang kan masih
          rus dilakukan secara masif, agar program ini   kartu saja. Memang, beberapa angkot ada yang   gratis karena masih ujicoba.
          benar-benar bermanfaat bagi warga Jakarta.  belum bergabung dengan program ini. Bebera-  Kalau ini sudah berjalan, ini harus diper-
             Ini kan akan menyangkut anggaran ke de-  pa masih ujicoba. Selama ujicoba, masyarakat   tahankan dengan baik. Jangan sampai dihenti-
          pan.  Apa  program  ini akan  diefektifkan  atau   bisa merasakan secara gratis.   kan. Setahu saya, masyarakat cukup antusias
          seperti  apa.  Sebenarnya,  menuju  kota  maju   Ini harus terus disosialisasikan. Karena   memanfaatkan fasilitas ini. Cuma yang ha-
          dan modern, OK Otrip ini sebenarnya kon-  menyukseskan  program ini tidak mudah. So-  rus diperbaiki, pemerintah harus benar-benar
          sekuensi yang harus diadakan. Tapi, kalau pen-  sialisasi  perlu  terus  ditingkatkan.  Apalagi  ke   menghitung tarif rupiah per kilometernya agar
          gelolaan tidak maksimal, maka pencapaiannya   depannya, program ni akan disubsidi pemer-  tidak merugikan pihak lain. Baik supir angkot,
          makin lama.                        intah. Saya kira, DKI mampu menjalankan itu.   operator ataupun warga.
             Saya kira, harus ada terobosan baru.   Terlebih, APBD-nya cukup besar, mencapai Rp   Apalagi  ini  cashless.  Tentu  akan  langsung
          Pemerintah harus dipikirkan skema subsidin-  77 triliun.             ketahuan, program ini menguntungkan atau
          ya. Buat kajian yang mendalam agar semua   Saya pikir, kita harus memberikan yang   nggak. Baik buat supir, operator maupun Tran-
          merasa diuntungkan. Kalau itu berat, saya   terbaik bagi masyarakat. Apalagi ini janji   sjakarta. Ini harus dipikirkan. Karena semua
          khawatirkan  masyarakat kembali  ke  moda   kampanye gubernur dan wakil gubernur saat   harus bersinergi dengan baik.
          transportasi lama. Mereka kembali menggu-  Pilkada lalu. Kalau maju kotanya, bahagia
          nakan kendaraan pribadi.           warganya, ya kenapa nggak. Tinggal satu, pe-
                                             kerjaan rumah selanjutnya adalah tingkatkan
                                             perekonomian kita.                                                                                                           irw
                                                                                  .




































                                                                                    Media Jaya Edisi 7 2018  57
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62