Page 8 - Media Jaya Edisi 6 2020
P. 8

LAPORAN UTAMA  “Integrasi memang satu-satunya cara   ta adalah pengguna angkutan umum.
              untuk mencapai standar pelayanan
                                               “Data ini menegaskan, penumpang
                                               angkutan umum cenderung memilih
              dan operasional maksimal yang ber-
                                               ojek online sebagai moda transporta-
              dampak besar dan menyeluruh,” kata
                                               si andalan yang sangat berpengaruh
              Djoko beberapa waktu lalu.
                 Berdasarkan data  JICA Sitramp,
                                               pada berkurangnya jumlah pengguna
              tingkat kebutuhan perjalanan di Ja-
                                               Djoko.
              karta memang sangat tinggi. Diper-
              kirakan mencapai 21.9 juta perjalan-  angkutan umum di Jakarta,”sergah
                                                  Setidaknya,  kata  Djoko,  ada  tiga
              an per hari dengan jumlah kendaraan   integrasi yang harus dilakukan yak-
              bermotor sekitar 15,3 juta perjalanan   ni fisik, jadwal dan pembayaran. In-
              per hari.                        tegrasi fisik memungkinkan pen-
                 Adanya, transportasi massal yang   umpang berpindah intra dan atau
              terintegrasi, lanjut Djoko akan memu-  antar moda transportasi lainnya se-
              dahkan masyarakat untuk berpindah   cara mudah.
              dari kendaraan pribadi ke kendaraan   Integrasi jadwal  berupa kes-
              umum. Pasalnya integrasi transpor-  esuaian jadwal kedatangan dan ke-
              tasi bertujuan memudahkan penggu-  berangkatan angkutan umum yang
              na  transportasi  umum  untuk  beralih   terinformasi  dengan baik.  Termasuk
              moda, terutama sesama moda trans-  berkurangnya waktu tunggu penum-
              portasi umum. Juga untuk menaikkan   pang pada saat berpindah intra dan
              pengguna transportasi umum.      atau moda transportasi.
                 “Tanpa integrasi jangan harap me-  Sedangan integrasi pembayaran
              miliki kota dengan sistem transportasi   yaitu  pembayaran dengan menggu-
              yang manusiawi dan efisien bagi pen-  nakan  kartu  pintar  (smartcard)  yang
              duduknya.  Dan  jangan  harap orang    memungkinkan satu kartu untuk ber-
     8        akan berbondong-bondang pindah ke   bagai jenis layanan. “ Saat ini inte-
              transportasi publik,” kata Djoko me-  grasi jadwal dan fisik sudah mulai di
              nambahkan.                       lakukan. Sementara, integrasi pem-
                 Menurut  Djoko, hingga  saat  ini,   bayaran semoga bisa segera terwu-
              meningkatkan jumlah pengguna an-  jud,” kata Djoko.
              gkutan umum di Jakarta masih men-
              jadi pekerjaan rumah yang besar bagi   Tulang Punggung Transportasi
              pemerintah.  Ada pun dalam Rencana
              Induk Transportasi Jabodetabek men-  Secara  terpisah,    Gubernur  DKI
              targetkan  pengunaan  transportasi   Jakarta Anies Baswedan  menyatakan
              publik diharapkan terus meningkat,    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI   sendiri telah memiliki JakLingko, se-
              dari   40 persen di tahun  2019,  dan 50   Jakarta serius melakukan penyem-  buah sistem integrasi transportasi
              persen di tahun  2024 serta  60 persen   purnaan  atas integrasi  antarmoda   publik berbasis jalan raya dan kere-
              di tahun 2029 .                  transportasi di Jakarta. Yakni dengan   ta (mikrobus, Transjakarata, LRT dan
                 Sayangnya menurut Djoko, ber-  terus mengintegrasikan moda trans-  MRT). Transjakarta sebagai salah satu
              dasarkan data dari survei Visual Fre-  portasi yang menjadi tulang pung-  tulang punggung transportasi di Ja-
              quency and Occupancy yang dilakukan   gung  seperti  Transjakarta,  MRT  dan   karta juga melakukan integrasi den-
              oleh Institute for Transportation and   LRT dan KRL.              gan membuka rute-rute baru yang sa-
              Development Policy (ITDP) Indonesia   “Integrasi  antarmoda  men-  ling terintegrasi. Dari 109 rute di 2017
              pada 2014 dan 2018, kondisinya just-  jadi  kata  kunci  dalam  menjawab  se-  bertambah jadi 247 rute di akhir 2019.
              ru sebaliknya. Dalam survei yang  ber-  tiap tantangan pembangunanan sa-  Jumlah armada Transjakarta juga ter-
              tujuan untuk mengobservasi volume   rana transportasi publik di Jakarta.   us bertambah dari 2.380 pada 2017,
              angkutan umum di Jakarta, hasilnya    Dari mana ke mana saja harus ters-  menjadi sekitar 3.888 armada pada
              terjadi penurunan penumpang angku-  ambungkan. Semua moda transpor-  Desember 2019 lalu.
              tan umum hingga 30 persen.       tasi memiliki tantangan yang sama   Sejauh ini, menurut Anies sejum-
                 Parahnya lagi, survei  yang juga   soal  integrasi  ini,”  kata Anies ten-  lah upaya integrasi yang dilakukan
              dilakukan ITDP Indonesia, ditemu-  tang pentingnya integrasi antarmoda   Pemprov DKI Jakarta  cukup mem-
              kan angka yang signifikan yakni  58   transportasi di Jakarta.    buahkan hasil. Hal tersebut  terlihat
              persen pengguna ojek online ternya-  Saat ini Pemprov DKI Jakarta   dari peningkatan jumlah pengguna
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13