Page 61 - media_jaya_02_2013
P. 61

















































ASEAN dalam mewujudkan tujuan akan menjadi andalan DKI Jakarta khususnya Jakarta memiliki produk 
pembentukan dan implementasi dalam menghadapi AEC mendatang. kompetitif, maka dapat bersaing dalam 

kebijakan ASEAN.
Untuk itu, dirinya fokus menata single market tersebut. Namun, batik 

kawasan tersebut agar bisa berkembang yang telah menjadi warisan budaya 
Andalan
dan siap menghadapi single market dunia belum bisa menjadi produk 
“Starting point” kesiapan Jakarta ASEAN tersebut. Apalagi, harga unggulan yang dipasarkan, karena 

setidaknya tercermin dari proses komoditi di Tanah Abang jauh lebih pasarnya baru ke Malaysia saja. “Kalau 

penataan para pedagang kaki lima murah dibandingan dengan negara- batik larinya kita hanya ke Malaysia 

(PKL) di kawasan Tanah Abang. negara di Asia Tenggara lainnya.
saja yang lainnya belum. Tapi semuanya 
Perlahan tapi pasti kawasan Tanah Salah satu produk unggulan yang tetap bisa, asal kita punya produk

Abang yang dulu semrawut kini akan dipasarkan di Tanah Abang adalah yang kompetitif, produk daya saing. 

mulai tertib dan tertata. Pemprov baju muslim yang selama ini menjadi Kita bisa menang,” ujarnya. Beberapa 

DKI sendiri memiliki harapan
andalan jualan para pedagang setempat. instansi seperti Kamar Dagang dan 
besar agar Pasar Tanah Abang bisa “Banyak produk unggulannya seperti Industri (Kadin) Indonesia, Real Estate 

diandalkan dalam menghadapi ASEAN busana muslim. Nanti di Tanah Abang Indonesia (REI), serta Himpunan 

Economic Community (AEC) pada kalau (single market) dibuka betul bisa Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 

2015 mendatang. Dengan sejumlah menyerbu. Karena harganya kalau saya akan digandeng oleh Pemprov DKI 

pembenahan yang dilakukan di
bandingkan dengan Kuala Lumpur
Jakarta untuk sosialisasi AEC ini. 
segala bidang, Pemprov DKI Jakarta dan Malaysia masih jauh,” kata Jokowi, Diharapkan melalui instansi tersebut 

siap menjadikan Pasar Tanah Abang dalam pertemuan Gubernur/Walikota masyarakat siap menghadapi single 

memilik nilai jual sehingga tidak kalah se-ASEAN, yang digelar di Jakarta market pada 2015 mendatang. 

dengan pasar-pasar di negara-negara pertengahan September lalu.
“Kesiapan masyarakat itu yang bahaya, 
ASEAN.
untuk itu harus disiapkan. Kita lakukan 

Gubernur DKI Jakarta, Joko Optimis
sosialisasi melalui instansi terkait,” 

Widodo mengatakan, Tanah Abang
Ia optimis jika Indonesia
ucapnya. DHN



61
Media Jaya l Nomor 02 Tahun 2013



   59   60   61   62   63