Page 30 - media_jaya_01_2013
P. 30
transportasi
Pengerjaan konstruksi isik proyek
MRT Jakarta
diperkirakan akan dimulai sebelum
akhir tahun ini, karena saat ini masih
terdapat administrasi yang harus
Dimulai Tahun Ini
diselesaikan.
“Saat ini fokus kami akan
menyelesaikan tahap pertama dulu.
Sebelum akhir tahun kami akan
memulai MRT yang tahap pertama.
Setelah penantian panjang, akhirnya dimulai
Tahap kedua masih dilakukan
pembangunan Mass Rapid Transit (MRT).
studinya,” terang Dono.
Pembangunan megaproyek ini sebagai upaya
Pembangunan MRT ini
menggunakan dana pinjaman dari
pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi
Japan International Cooperation
massal yang memadai di Jakarta.
Agency (JICA) sebesar 125 miliar
Hal ini dinyatakan oleh Gubernur
Provinsi DKI Jakarta, Joko Widodo
pada Mei lalu saat mencanangkan
megaproyek tersebut di Bundaran Hotel
Indonesia, Jakarta Pusat.
“Setelah ditunggu dan
direncanakan selama 24 tahun,
pada sore hari ini saya nyatakan
pembangunan MRT Jakarta dimulai,”
ujar Jokowi, sapaan akrab Gubernur
DKI ini.
Dengan diumumkannya
pemenang lelang tiga paket pertama
dari enam paket pengerjaan MRT,
proyek tersebut dinyatakan segera
dimulai. Tiga paket pertama ini
dikerjakan oleh konsorsium Shimizu-
0,4 km hingga 2 km.
yen atau sekitar Rp 12,516 triliun
Obayashi-Jaya Konstruksi-Wijaya Karya
“Ada 7 stasiun di atas, dan 6 di
dengan tenor pengembalian pinjaman
Joint Venture untuk mengerjakan
bawah tanah. Konstruksi dimulai dari berjangka waktu 40 tahun dan beban
dua paket, dan Sumitomo Mitsui bagian yang tersulit yakni konstruksi pengembalian pinjaman tersebut dibagi
Construction Corporation-Hutama
bawah tanah,” kata Dono Bustami, dua, yaitu 49 persen pemerintah pusat
Karya mengerjakan satu paket. Seluruh
Direktur PT.MRT Jakarta.
dan 51 persen Pemerintah Provinsi DKI
proyek paket pertama ini mencakup
Dia juga mengatakan, tahap kedua Jakarta.
jalur layang Lebak Bulus-Bundaran proyek MRT mulai dari Bundaran HI
Senayan dan konstruksi bawah tanah
hingga Kampung Bandan sedang dalam Teknologi KRL
Bundaran Senayan-Bundaran HI.
tahap studi. Setelah Tahap I, nantinya MRT Jakarta memang akan
Proyek MRT Jakarta Tahap I
akan disusul oleh MRT tahap II yang berbeda dengan MRT di Negara lain
sepanjang 15,7 km ini terdiri dari 13 akan dibangun dari Bundaran HI seperti Eropa dll, karena teknologi yang
stasiun. Sebanyak 7 stasiun didesain
hingga Kampung Bandan sepanjang 8,3 digunakan untuk MRT Jakarta kurang
melayang atau di atas permukaan tanah
km dengan jumlah stasiun sebanyak 7 lebih sama dengan teknologi yang
(elevated) sepanjang 9,8 km dan 6
stasiun di bawah tanah dari Bundaran digunakan kereta rel listrik (KRL) yang
stasiun di bawah tanah sepanjang 5,9
HI ke Kota, dan satu stasiun di dioperasikan PT Kereta Api Indonesia
km. Jarak antarstasiun dalam rentang
Kampung Bandan.
30
Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2013