Page 30 - media_jaya_01_2013
P. 30



transportasi




Pengerjaan konstruksi isik proyek 

MRT Jakarta
diperkirakan akan dimulai sebelum 

akhir tahun ini, karena saat ini masih 
terdapat administrasi yang harus 

Dimulai Tahun Ini
diselesaikan.

“Saat ini fokus kami akan 

menyelesaikan tahap pertama dulu. 

Sebelum akhir tahun kami akan 
memulai MRT yang tahap pertama. 
Setelah penantian panjang, akhirnya dimulai 
Tahap kedua masih dilakukan 
pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). 
studinya,” terang Dono.
Pembangunan megaproyek ini sebagai upaya 
Pembangunan MRT ini 
menggunakan dana pinjaman dari 
pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi 
Japan International Cooperation 
massal yang memadai di Jakarta.
Agency (JICA) sebesar 125 miliar

Hal ini dinyatakan oleh Gubernur 

Provinsi DKI Jakarta, Joko Widodo 

pada Mei lalu saat mencanangkan 
megaproyek tersebut di Bundaran Hotel 

Indonesia, Jakarta Pusat.

“Setelah ditunggu dan 

direncanakan selama 24 tahun,
pada sore hari ini saya nyatakan 

pembangunan MRT Jakarta dimulai,” 

ujar Jokowi, sapaan akrab Gubernur 

DKI ini.
Dengan diumumkannya 

pemenang lelang tiga paket pertama 

dari enam paket pengerjaan MRT, 

proyek tersebut dinyatakan segera 

dimulai. Tiga paket pertama ini 
dikerjakan oleh konsorsium Shimizu- 
0,4 km hingga 2 km.
yen atau sekitar Rp 12,516 triliun 
Obayashi-Jaya Konstruksi-Wijaya Karya 
“Ada 7 stasiun di atas, dan 6 di
dengan tenor pengembalian pinjaman 
Joint Venture untuk mengerjakan
bawah tanah. Konstruksi dimulai dari berjangka waktu 40 tahun dan beban 
dua paket, dan Sumitomo Mitsui bagian yang tersulit yakni konstruksi pengembalian pinjaman tersebut dibagi 
Construction Corporation-Hutama 
bawah tanah,” kata Dono Bustami, dua, yaitu 49 persen pemerintah pusat 
Karya mengerjakan satu paket. Seluruh 
Direktur PT.MRT Jakarta.
dan 51 persen Pemerintah Provinsi DKI 
proyek paket pertama ini mencakup 
Dia juga mengatakan, tahap kedua Jakarta.
jalur layang Lebak Bulus-Bundaran proyek MRT mulai dari Bundaran HI 
Senayan dan konstruksi bawah tanah 
hingga Kampung Bandan sedang dalam Teknologi KRL
Bundaran Senayan-Bundaran HI.
tahap studi. Setelah Tahap I, nantinya MRT Jakarta memang akan 
Proyek MRT Jakarta Tahap I 
akan disusul oleh MRT tahap II yang berbeda dengan MRT di Negara lain 
sepanjang 15,7 km ini terdiri dari 13 akan dibangun dari Bundaran HI seperti Eropa dll, karena teknologi yang 
stasiun. Sebanyak 7 stasiun didesain 
hingga Kampung Bandan sepanjang 8,3 digunakan untuk MRT Jakarta kurang 
melayang atau di atas permukaan tanah 
km dengan jumlah stasiun sebanyak 7 lebih sama dengan teknologi yang 
(elevated) sepanjang 9,8 km dan 6 
stasiun di bawah tanah dari Bundaran digunakan kereta rel listrik (KRL) yang 
stasiun di bawah tanah sepanjang 5,9 
HI ke Kota, dan satu stasiun di dioperasikan PT Kereta Api Indonesia
km. Jarak antarstasiun dalam rentang
Kampung Bandan.


30
Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2013



   28   29   30   31   32