Page 29 - media_jaya_01_2013
P. 29
JCDS atau Tanggul Raksasa di pantai
utara Jakarta. Apalagi pembangunan
infrastruktur modern itu mengadopsi
dari model pembangunan yang terdapat
di beberapa negara yang rencananya
akan dilengkapi Pelabuhan Laut Dalam,
jalan tol, stasiun pompa, pemukiman
dan sarana pendukung lainnya. “
Ini merupakan proyek prestisius dan
pekerjaan yang maha berat, “ Ferial
Sofyan menandaskan..
Selain akan mengubah tampak
muka wajah Jakarta, juga akan
memancing warga luar Jakarta untuk
turut merasakan derap pembangunan
yang secara gegap gempita dilaksanakan
oleh Pemprov DKI Jakarta saat ini.
Karenanya, urbanisasi penduduk
harus lebih dapat dikendalikan terkait
semakin majunya pembangunan di Jakarta dan menjadikan salah satu debit air. Termasuk penanganan sampah
Jakarta.
pilihan alternatif dalam mengelola dengan pembangunan integrated
Bicara tentang kemacetan lalu
perparkiran di Ibu Kota.
treatment facility (ITF), di Sunter yang
lintas, penyebabnya adalah tingginya
“Pertanyananya, apakah efektif hingga kini belum terealisasi dan belum
pertumbuhan kendaraan bermotor,
jika Pemprov DKI Jakarta menyusun ada kepastian pelaksanaan kegiatannya.
infrastruktur jalan sudah tidak konsep sistem informasi parkir yang Karena itu, perlu diambil langkah-
seimbang dan tingginya curah hujan
dapat diketahui oleh seluruh pengguna langkah terpadu, mengingat jumlah
yang mengguyur Kota Jakarta menjadi
kendaraan di Jakarta, seperti konsep sampah di Jakarta mencapai 6.500
salah satu sumber kemacetan lalu
yang telah diterapkan oleh negara- meter kubik per hari.
lintas. Berdasarkan sumber dari Badan negara lain.“ katanya.
Ketergantungan pada TPST
Meteorologi, Krimatologi dan Geoisika
Di samping hal-hal tersebut di Bantar Gebang, dinilai bukan solusi
(BMKG), rata-rata curah hujan yang
atas, dewan juga mencatat beberapa hal permanen. Sebab, pengelolaan sampah
mengguyur Jakarta mencapai 2,5 juta
yang perlu penanganan serius. Antara di DKI Jakarta memang harus menjadi
meter kubik setiap jamnya pada Januari lain rencana melaksanakan penyodetan tanggung jawab warga DKI. Meskipun
2013 lalu.
Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur TPST Bantar Gebang memperoleh
(KBT) sepanjang 2,1 kilometer
plakat Adipura untuk Kategori Tempat
Perlu penanganan serius
sebagai upaya mengurangi beban Kali Pemrosesan Akhir (TPA) terbaik, tidak
Dewan juga mengemukakan, Ciliwung. Normalisasi Kali Ciliwung harus menjadikan Bantar Gebang
masih banyak masalah yang perlu
dari pintu air Manggarai sampai sebagai ladang sampah. Dari gambaran
ditangani Pemprov DKI Jakarta secara
Jembatan TB Simatupang, Jakarta dan proyeksi-proyeksi dewan di atas
serius. Mungkin diperlukan langkah-
Selatan serta revitalisasi drainase yang dan beradsarkan pada program-program
langkah revolusioner dan sistematis menjadi tanggung jawab Pemerrntah pembangunan sampai 2017.
dalam penerapan nomor ganjil genap Pusat melalui Kementerian Pekerjaan “Maka tema Jakarta Baru, Jakarta
yang hingga kini masih menghadapi
Umum.
Kita sebagai tema ulang tahun Kota
kendala. Melakukan pembatasan
Demikian pula rencana yang Jakarta ke-486 tahun 2013, merupakan
beroperasinya kendaraan pribadi masuk
mengharuskan semua pengelola
upaya positif yang dilakukan
ke Jakarta pada, momen-momen gedung di wilayah DKI Jakarta untuk Pemprov DKI Jakarta,“ Ferial Sofyan
tertentu, penghapusan areal-areal parkir
membuat sumur resapan dalam yang menegaskan. RCW
kendaran pribadi pada seluruh jalan
dapat dimanfaatkan untuk menampung
29
Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2013