Page 29 - media_jaya_01_2013
P. 29








JCDS atau Tanggul Raksasa di pantai 

utara Jakarta. Apalagi pembangunan 

infrastruktur modern itu mengadopsi 
dari model pembangunan yang terdapat 

di beberapa negara yang rencananya 

akan dilengkapi Pelabuhan Laut Dalam, 

jalan tol, stasiun pompa, pemukiman 

dan sarana pendukung lainnya. “
Ini merupakan proyek prestisius dan 

pekerjaan yang maha berat, “ Ferial 

Sofyan menandaskan..

Selain akan mengubah tampak 
muka wajah Jakarta, juga akan 

memancing warga luar Jakarta untuk 

turut merasakan derap pembangunan 

yang secara gegap gempita dilaksanakan 
oleh Pemprov DKI Jakarta saat ini. 

Karenanya, urbanisasi penduduk

harus lebih dapat dikendalikan terkait 

semakin majunya pembangunan di Jakarta dan menjadikan salah satu debit air. Termasuk penanganan sampah 
Jakarta.
pilihan alternatif dalam mengelola dengan pembangunan integrated 
Bicara tentang kemacetan lalu 
perparkiran di Ibu Kota.
treatment facility (ITF), di Sunter yang 
lintas, penyebabnya adalah tingginya 
“Pertanyananya, apakah efektif hingga kini belum terealisasi dan belum 
pertumbuhan kendaraan bermotor, 
jika Pemprov DKI Jakarta menyusun ada kepastian pelaksanaan kegiatannya. 
infrastruktur jalan sudah tidak konsep sistem informasi parkir yang Karena itu, perlu diambil langkah- 
seimbang dan tingginya curah hujan 
dapat diketahui oleh seluruh pengguna langkah terpadu, mengingat jumlah 
yang mengguyur Kota Jakarta menjadi 
kendaraan di Jakarta, seperti konsep sampah di Jakarta mencapai 6.500 
salah satu sumber kemacetan lalu 
yang telah diterapkan oleh negara- meter kubik per hari.
lintas. Berdasarkan sumber dari Badan negara lain.“ katanya.
Ketergantungan pada TPST 
Meteorologi, Krimatologi dan Geoisika 
Di samping hal-hal tersebut di Bantar Gebang, dinilai bukan solusi 
(BMKG), rata-rata curah hujan yang 
atas, dewan juga mencatat beberapa hal permanen. Sebab, pengelolaan sampah 
mengguyur Jakarta mencapai 2,5 juta 
yang perlu penanganan serius. Antara di DKI Jakarta memang harus menjadi 
meter kubik setiap jamnya pada Januari lain rencana melaksanakan penyodetan tanggung jawab warga DKI. Meskipun 
2013 lalu.
Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur TPST Bantar Gebang memperoleh 

(KBT) sepanjang 2,1 kilometer
plakat Adipura untuk Kategori Tempat 
Perlu penanganan serius
sebagai upaya mengurangi beban Kali Pemrosesan Akhir (TPA) terbaik, tidak 
Dewan juga mengemukakan, Ciliwung. Normalisasi Kali Ciliwung harus menjadikan Bantar Gebang 
masih banyak masalah yang perlu 
dari pintu air Manggarai sampai sebagai ladang sampah. Dari gambaran 
ditangani Pemprov DKI Jakarta secara 
Jembatan TB Simatupang, Jakarta dan proyeksi-proyeksi dewan di atas 
serius. Mungkin diperlukan langkah- 
Selatan serta revitalisasi drainase yang dan beradsarkan pada program-program 
langkah revolusioner dan sistematis menjadi tanggung jawab Pemerrntah pembangunan sampai 2017.

dalam penerapan nomor ganjil genap Pusat melalui Kementerian Pekerjaan “Maka tema Jakarta Baru, Jakarta 
yang hingga kini masih menghadapi 
Umum.
Kita sebagai tema ulang tahun Kota 
kendala. Melakukan pembatasan 
Demikian pula rencana yang Jakarta ke-486 tahun 2013, merupakan 
beroperasinya kendaraan pribadi masuk 
mengharuskan semua pengelola
upaya positif yang dilakukan
ke Jakarta pada, momen-momen gedung di wilayah DKI Jakarta untuk Pemprov DKI Jakarta,“ Ferial Sofyan 
tertentu, penghapusan areal-areal parkir 
membuat sumur resapan dalam yang menegaskan. RCW
kendaran pribadi pada seluruh jalan
dapat dimanfaatkan untuk menampung


29
Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2013



   27   28   29   30   31