Page 8 - Media Jaya Edisi 11 2020
P. 8

LAPORAN UTAMA  for Sustainable Cities, The World Bank, GIZ,   Gubernur Nomor 51 tahun 2020. Salah  satu



             ICLEI, BRT Center of Excellence, Clean Air
                                                              poinnya,  memprioritaskan pejalan kaki
                                                              dan pengendara sepeda di semua ruas
             Asia, CODATU, Despacio, AMEND, dan Asian
                                                              jalan ibu kota. Kantor, mal hingga termi-
             Development Bank.
                                                              sepeda.
             Kota terpilih merupakan kota yang dini-
             lai mampu menunjukkan perbaikan mo-              nal  juga  diwajibkan  menyediakan  parkir
             bilitas kota dan inovasi sistem transpor-        Laboratorium Transportasi Perkotaan
             tasi mereka selama 18 bulan ke belakang.
             Selain Jakarta, kota besar lain yang per-        Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advoka-
             nah mendapatkan penghargaan ini an-              si dan Kemasyaratakatan MTI Pusat meni-
             tara lain, Guanzhou, China, San Francisco,       lai, keberhasilan dalam STA 2021, membuat
             Amerika Serikat,  Kota Meksiko dan sejum-        Jakarta  laik  dijadikan  sebagai  laborato-
             lah kota besar lainnya. Pune India adalah        rium transportasi perkotaan di Indonesia.
             pemenang penghargaan  tahun lalu.                Kota-kota lain di Indonesia, kini tidak per-
                                                              lu  belajar transportasi ke luar negeri. Se-
             Senior Communication & Partnership Manag-        bab teori transportasi dari manca nega-
             er at ITDP Indonesia, Fani Rachmita dalam        ra menjadi referensi dan sekarang sudah
             keterangan tertulisnya menyebut, kunci           menjadi solusi di Jakarta.
             kemenangan  Jakarta  ada  pada  pengem-
             bangan layanan integrasi antar moda              Kendati demikian,  Jakarta menurut Djoko
             transportasi. Jakarta dinilai cukup ambi-        juga masih menyimpan sejumlah “Peker-
             sius dan berhasil mengintegrasikan sistem        jaan Rumah”. Misalnya soal keamanan
             Bus Rapid Transit (BRT) dengan layanan           dan kenyamanan jalur sepeda yang masih
    8        mikrobus (angkot) dan moda transportasi          perlu dipastikan.  Beberapa  terminal pen-
             lainnya,  baik fisik maupun  pembayaran.         umpang juga harus dibenahi, seperti Ter-
                                                              minal Tanjung Priok, dan Terminal Kam-
             Keberhasilan integrasi dibawah skema             pung Rambutan.
             JakLingko ini, membuat penumpang dapat
             menggunakan berbagai moda transpor-              Djoko juga berhadap kebijakan jalan ber-
             tasi umum dengan satu tarif tetap. Ke-           bayar (electronic road pricing  atau ERP)
             hadiran MRT dan LRT Jakarta  memberikan          bisa segera diterapkan untuk mengganti
             tambahan pilihan moda angkutan umum              kebijakan Ganjil Genap yang dinilai masih
             bagi warga Jakarta.                              kurang efektif.

             Operasional bus listrik oleh Transjakarta,       Termasuk     penegakan      hukum     dengan
             revitalisasi stasiun / halte, pengemban-         bantuan teknologi informasi (electron-
             gan dan penataan kawasan transit ter-            ic traffic law enforcement atau ETLE)
             padu untuk mengintegrasikan berbagai             yang dinilai sangat membantu merin-
             moda transportasi,  turut menyumbang             gankan petugas Kepolisian Lalu Lintas.
             keberhasilan Jakarta dalam menata wa-            “ Sekaligus lebih transparan dan dapat
             jah transportasinya.                             dipertanggungjawabkan.”kata  Djoko yang
                                                              juga Ketua Prodi Teknik Sipil Unika Soegi-
             Jakarta, menurut Fani juga dinilai melaku-       japranata.
             kan perubahan besar-besaran pada fasil-
             itas pejalan kaki dan dukungan pada              Djoko berharap, jika semua proses inte-
             transportasi ramah lingkungan seper-             grasi sudah berjalan, baik Integrasi fisik,
             ti  sepeda.  Pemprov DKI, telah membangun        jadwal perjalanan dan pembayaran, ma-
             jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (km)         syarakat cukup menggunakan satu tiket
             yang akan ditambah hingga 500 km.                (one ticket) untuk semua moda transpor-
                                                              tasi umum. Pengguna transportasi umum
             Pada Juni lalu, Gubernur DKI Jakarta,  Anies     bisa berlangganan tiket, harian, mingguan
             Baswedan, juga mengeluarkan Peraturan            atau  bulanan.   yen/nis
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13