Page 15 - JAKKITA EDISI 10 2021
P. 15

15
                                                                                  LAPORAN UTAMA          15 15
                                                                                  LAPORAN UTAMA


          (Perseroda), PT Transjakarta (Perseroda) dan       Pemprov  DKI  Jakarta  melakukan  perubahan
          PT Jakarta Propertindo (Perseroda).                kebijakan pembangunan transportasi, dari yang
                                                             berorientasi  pada  kendaraan  pribadi  (Private
          Menurut Direktur Utama PT MITJ Tuhiyat, ada        Vehicle Oriented)  menjadi orientasi transit
          tiga fase kegiatan dalam integrasi pertiketan      (Transit Oriented Development/TOD).
          dan tarif ini. Ketiga fase itu dinamakan central
          clearing house system. Pada fase pertama,          Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah
          PT JakLingko telah menghasilkan kartu dan          memberikan  mandat kepada  PT MRT Jakarta
          aplikasi JakLingko. Keduanya telah di ujicoba      (Perseroda) untuk  mengembangkan konsep
          secara terbatas pada Agustus 2021 di KRL           transit   oriented    development     (kawasan
          Commuter Line, MRT Jakarta, TransJakarta, dan      berorientasi transit/TOD) dan menjadi operator
          LRT Jakarta. “Pencanangan kartu dan aplikasi       utama pengelola kawasan  TOD di delapan
          JakLingko   itu  menandai     selesainya   fase    stasiun MRT.  Di antaranya  Stasiun Lebak Bulus,
          pertama,” ujar Tuhiyat.                            Stasiun Blok M, Stasiun Senayan, Stasiun Istora,
                                                             Stasiun  Bendungan  Hilir,  Stasiun  Setiabudi,
          Sedangkan    fase   kedua,    JakLingko   akan     Stasiun Dukuh Atas, dan Stasiun Bundaran Hotel
          menyelesaikan pekerjaan Mobility as a Service      Indonesia.
          (MAAS). Targetnya, rampung pada Maret 2022.
          Sementara fase ketiga, JakLingko tengah            Stasiun Lebak Bulus merupakan stasiun pertama
          mengerjakan  Account Based Ticketing yang          di koridor Selatan–Utara yang diharapkan dapat
          ditargetkan  selesai  Agustus  2022.  “Setelah     menjadi magnet bagi masyarakat dari daerah
          selesai  semua  maka  konektivitas  ticketing      penyangga yang banyak beraktivitas di Jakarta.
          pembayaran moda transportasi di Jakarta ini        Integrasi dalam konsep TOD memadukan
          bisa lebih mudah karena saling terintegrasi,”      fungsi transit dengan manusia, kegiatan,
          kata Tuhiyat.                                      bangunan, dan ruang publik. Tujuannya, untuk
                                                             mengoptimalkan akses terhadap transportasi
          Selanjutnya pekerjaaan kedua, yakni pembangunan    publik sehingga dapat menunjang daya angkut
          Jembatan    Penyeberangan    Multiguna   (JPM)     penumpang.
          Dukuh Atas dan revitalisasi Stasiun Sudirman.
          JPM bernama “Serambi Temu Dukuh Atas”              Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda)
          ini  ditargetkan  rampung  bersamaan  dengan       William Sabandar mengungkapkan, konsep
          rencana beroperasinya LRT Jabodebek pada           ini   memberikan       sejumlah     keuntungan
          Juni  2022.  Tuhiyat  berharap  “JPM    Serambi    bagi  masyarakat. Di antaranya mengurangi
          Temu Dukuh Atas” akan menjadi ikon integrasi       penggunaan kendaraan, kemacetan jalan,
          yang  menjadi  identitas baru perkotaan dan        dan polusi udara. Nilai tambah lainnya dari
          ruang publik yang inklusif.                        TOD  adalah  peningkatan  ekonomi  dengan
                                                             terbukanya akses kesempatan kerja. “Yang
          Sebelumnya,  kata  Tuhiyat,  PT  MITJ  juga  telah   pasti ada peningkatan jumlah penumpang
          melakukan kajian menyeluruh untuk menyusun         transit dengan pilihan moda transportasi yang
          konsep  integrasi  tersebut.  Hasilnya,  untuk     beragam,” jelasnya.
          mengoptimalkan integrasi di Jabodetabek
          diperlukan setidaknya enam dimensi integrasi,      Wiliam  bersyukur,  integrasi  layanan  dan
          yakni  integrasi  fisik,  integrasi  manajemen,    konsep TOD berdampak pada ridership (angka
          integrasi layanan, integrasi pertiketan, integrasi   keterangkutan)   penumpang      sebesar   237
          penyediaan informasi, dan integrasi  brand.        persen pada periode Agustus-September 2021.
                                                             Untuk  Agustus 2021,  penumpang MRT Jakarta
          Kota Berbasis Transit                              mencapai 185.647 orang. Sedangkan pada
                                                             September 2021, penumpang MRT mencapai
          Sejatinya, infrastruktur transportasi Jakarta      383.835 orang.
          sudah cukup baik. Hanya saja, angka keterangkutan
          penumpang (ridership)  dinilai masih rendah.                                             sya/bam


                                                                                                       EDISI 10 TAHUN 2021
                                                                                       Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20