Page 4 - media_jaya_05_2014
P. 4



pengantar redaksi





Mengurai Kemacetan 


PELINDUNG:
agar Warga Tersenyum

Gubernur Provinsi DKI Jakarta

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta
PEMBINA
Kemacetan menjadi momok bagi pengelola kota di dunia, termasuk di Ibu Kota Jakarta. 

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
Studi Japan International Corporation Agency (JICA) pada 2004 menyebutkan, bila tidak dilakukan 
Asisten Pemerintahan Sekda perbaikan pada sistem transportasi maka lalu lintas di Jakarta akan macet total pada 2020.

Provinsi DKI Jakarta
Prediksi itu masuk akal karena saat ini saja pertumbuhan jalan di Jakarta kurang dari 1 

PENGARAH
persen per tahun dan setiap hari setidaknya ada 1000 lebih kendaraan bermotor baru turun ke 
Kepala Dinas Kominfomas
jalan di Jakarta. Demikian data yang dilansir Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

PENANGGUNG JAWAB
Tidak hanya membuat stres, kemacetan di Jakarta juga menyebabkan kerugian ekonomi. 
Hasil penelitian Yayasan Pelangi pada 2005 mengungkapkan, kerugian akibat kemacetan di 
Kepala Bidang Informasi Publik
KETUA
Jakarta mencapai Rp 12,8 triliun per tahun meliputi nilai waktu, biaya bahan bakar dan biaya 
kesehatan.
Nurani
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyadari hal itu. Karena itu, Pemprov DKI 
Wakil Ketua
Jakarta terus melakukan pelbagai terobosan untuk menekan kemacetan di Ibu Kota Jakarta 
Ani Christiyani
termasuk di dalamnya pembenahan sistem transportasi. Semua langkah itu ujung-ujungnya 
REDAKTUR KHUSUS/PROFESIONAL
adalah untuk memberikan pelayanan transportasi yang terbaik bagi warga Jakarta.
Iswati Soekarto
Upaya itu di antaranya dengan pengadaan busway TransJakarta, sistem jalan berbayar atau 
Norman
Electronic Road Pricing (ERP), penambahan armada bus yang layak berseliweran di jalan protokol 

SEKRETARIS REDAKSI
dan yang tak kalah pentingnya adalah pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) sepanjang 
Evi Yulianti
Sisingamangaraja – Sudirman - Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

ANGGOTA REDAKSI
Peresmian pembangunan awal stasiun kereta transportasi massal cepat (MRT) di Dukuh 
Atas, Jakarta Pusat sudah dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada 10 Oktober 2013. 
Raides Aryanto
Alberto Ali
Kereta itu akan menghubungkan kawasan Bundaran HI, Blok M hingga Lebak Bulus, Jakarta 
Selatan. Total panjang jalur MRT Jakarta tahap satu nantinya sekitar 16 kilometer dengan jalur 
Tulus Adatama
layang sekitar 10 kilometer, dan jalur bawah tanah sekitar 6 kilometer. Hingga saat ini proyek MRT 
REPORTER
masih berlangsung dan ditargetkan selesai pada 2018.
Nor Raihan
Upaya Pemprov yang satu ini setidaknya merupakan pembuktian bahwa sebentar lagi 
Risky Catur Wulan
impian masyarakat: kemacetan di Ibu Kota akan teratasi bakal terwujud. Seperti pernah dikatakan 
Alieien
Gubernur Jokowi ketika peresmian pembangunan awal stasiun kereta transportasi massal cepat 
FOTOGRAFER
(MRT) di Dukuh Atas, Jakarta Pusat pada 10 Oktober 2013. Katanya, “(Sudah) 24 tahun warga 

Nurahadi Widjaja
Jakarta ini mimpi pengen punya MRT, mungkin juga sudah banyak yang mimpinya sudah hilang 
Sudaryanto
karena kok nggak dimulai-dimulai. Alhamdulillah proyek itu sudah dimulai.”

DESAIN GRAFIS
Tahun 2018 tinggal empat tahun lagi. Dan seperti halnya apa yang disampaikan Gubernur 
Jokowi tersebut maka warga Jakarta juga menaruh harapan yang besar bahwa proyek MRT yang 
Rachmat Triturianto 
Bendahara
kini tengah digarap Pemprov DKI Jakarta akan mampu: tidak saja mengurai kemacetan tetapi juga 
membebaskan Ibu Kota Jakarta dari kemacetan.
Erstiko Banu Wirawan 
Harapan itu bukan isapan jempol belaka. Namun harus dibuktikan tetapi dengan catatan 
SEKRETARIAT
semua program pendukung lainnya seperti perbaikan pelayanan busway TransJakarta meningkat, 
Abdulloh
pelayanan transportasi publik lainnya juga memadai dan memberikan rasa aman dan nyaman 
Dhini Gilang Prasasti
bagi penggunanya. Dan satu hal lain yang tidak bisa diabaikan adalah upaya penegakan hukum 
Rodjali
bagi setiap pelanggar lalu lintas. Aparat di lapangan harus bertindak tegas tanpa pandang bulu. 
Ari Wibowo
Di samping itu, disiplin berlalu lintas di sudut-sudut jalan Ibu Kota harus terus ditingkatkan. Disiplin 

ALAMAT REDAKSI/DISTRIBUSI pengguna jalan adalah juga bagian dari sikap untuk mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta yang 
Jalan Medan Merdeka Selatan 8-9 Jakarta hingga kini masih terus berupaya untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi warganya termasuk 

10110, TELEPON (021) 382.2047, 382.2262, di sektor transportasi publik. Jakarta pasti bisa! (*)

Fax 345.4486,
Redaksi menerima kiriman surat pembaca tentang kritik, saran dan masukan 
Mail: media_jaya@yahoo.co.id 
berkenaan kota Jakarta.
PENCETAK :
Untuk semua kiriman dapat disampaikan ke Redaksi Majalah Media Jaya 

CV. POIN PLUS ASIA
d/a Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Setda Provinsi DKI Jakarta, 
(Isi di luar tanggung jawab percetakan)
Jl Jalan Medan Merdeka Selatan 8-9 Jakarta 10110,

TELEPON (021) 382.2047, 382.2262, Fax 3822846, atau melalui 
email: mediajaya.humasdki@gmail.com.


4
Media Jaya l Nomor 05 Tahun 2014



   2   3   4   5   6