Page 15 - MJ Edisi 7 2018
P. 15

LAPORAN UTAMA





          jutan. Pelayanan yang dimaksud akan                                  gatakan, Pemprov DKI juga harus me-
          memberikan kepastian terhadap kese-                                  ningkatkan pelayanan dengan men-
          lamatan, kenyamanan, dan keterjang-                                  gevalusi program tersebut. “Program
          kauan baik dari sisi rute maupun biaya,”   “Pelayanan yang           Jak Lingko melibatkan anggota organ-
          kata Ateng, belum lama ini.                dimaksud akan             da, khususnya bus kecil harus memenuhi
            Ateng menambahkan Jak Lingko                                       harapan masyarakat dari faktor nyaman,
                                                  memberikan kepastian
          juga menjadi semangat baru dalam lay-   terhadap keselamatan,        aman dan ataupun menyentuh langsung
          anan transportasi. Ini karena, adanya   kenyamanan, dan keter-       kebutuhan,” ucapnya.
          kepastian terhadap usaha yang dijalank-  jangkauanbaik dari sisi        Menurut Shafruhan, TransJakarta har-
          an.  Sejak  munculnya  alternatif  angku-  rute maupun biaya.”       us menjadi tulang punggung dalam melay-
          tan lain, nasib pemilik angkutan serta                               ani masyarakat di di dalam transportasi.
          pengemudi semakin tidak jelas. “Jika        Ateng Aryono             “Sebagai tulang punggung transportasi,
          program ini berkelanjutan, tentu akan   Sekretaris Jenderal DPP      TransJakarta harus memenuhi kebutu-
          membuat pelaku usaha secara berta-                                   han masyarakat akan transportasi yang
          hap memberikan layanan terbaik kepa-       Organda Provinsi          manusiawi, aman, nyaman, tepat waktu
          da masyarakat,” imbuhnya.                    DKI Jakarta             dan terjangkau,” ucapnya.
            Dijelaskan juga, program ini masih                                                              han
          dalam tahap uji coba. Ateng berharap
          pelayanan Jak Lingko akan lebih baik
          lagi. Jika program ini berhasil, maka ma-
          syarakat pun akan beralih menggunakan
          angkutan umum.
            ”Mereka pasti sudah kaji. Ke depan  Media Jaya/E. Purwanto
          kami yakin pasti akan ada evaluasi dan
          kami harap tarif segitu bisa berlaku all
          day. Karena kita harus melihat juga dur-
          asi waktu, misalnya dari kota penyang-
          ga atau jika melalui kawasan-kawasan
          dengan lalu lintas padat. Karena muara
          semua ini kan demi masyarakat agar
          beralih ke  angkutan umum,” ucap  At-
          eng.
            Kendati begitu, Ketua Organda
          DKI Jakarta Shafruhan Sinungan men-














             Tercatat pelanggan JAKLINGKO
              sudah mencapai 40.000

               orang untuk 15 rute di
                      Jakarta





                               Infografis/Tommy.K.R
                                                                                             salah satu pengguna Jak Lingko
                                                                                             menunjukan  kartu JAKLINGKO.
                                                                                             Sistem pembayaran Jaklingko bersi-
                                                                                    Media Jaya Edisi 7 2018  15
                                                                                             fat cashless dan menggunakan kartu
                                                                                             yang dapat dibeli di halte Transja-
                                                                                             karta.
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20